Ada banyak jalan yang harus ditempuh ketika ingin menjadi manusia yang berilmu dan berakhlak, misalnya seperti belajar di luar negeri yang merupakan suatu langkah penting bagi siapa pun yang ingin mencapai puncak karirnya, namun pastinya hal tersebut akan cukup menguras banyak biaya, tidak hanya dari biaya untuk menuntut ilmunya saja tetapi juga biaya hidup yang dibutuhkan selama menjalani proses tersebut.

Bagi anda yang sedang mencari kesempatan untuk bisa belajar di luar negeri dan tak perlu memusingkan urusan pembiayaan selama masa pendidikan, maka sudah seharusnya bagi anda untuk mengikuti program beasiswa karna inilah salah satu cara yang bisa meringankan beban biaya anda selama menjalani masa kuliah.

Pada perkembangannya saat ini, ada sejumlah tempat yang cukup populer di kalangan pelajar Indonesia dengan program beasiswanya terutama untuk Negara tujuan seperti Australia, Inggris, Selandia Baru, Kanada, Irlandia, dan Amerika.

Perguruan tinggi di Negara – negara maju seperti ini memang dikenal memiliki beragam jenis beasiswa, tidak hanya program beasiswa yang berbasis prestasi saja tetapi juga meliputi beasiswa lainnya seperti pembiayaan sebagian kebutuhan hidup, atau bahkan penuh yang tersedia bagi semua pelajar dari seluruh dunia termasuk Indonesia.

Namun tentunya setiap program beasiswa pasti memiliki persyaratannya sendiri, tergantung dari universitas atau pihak yang menyelenggarakannya. Meski begitu, program beasiswa seperti ini juga turut menawarkan bantuan pembiayaan untuk berbagai keperluan di masing – masing jenjang pendidikan mulai dari sarjana, magister, hingga doktoral.

Daftar Beasiswa Kuliah Luar Negeri 2022 Yang Bisa Kalian Ikuti

Beasiswa Prestasi

Yang satu ini mungkin menjadi salah satu yang paling dikenal luas dan menjadi rebutan bagi semua pelajar berprestasi, sebab setiap calon peserta yang mendaftar wajib memenuhi semua kriteria yang ditetapkan mulai dari skill, kemahiran, hingga performa akademik yang baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain itu, tak sedikit juga pihak perguruan tinggi yang turut mempertimbangkan kemampuan lain dari calon penerimanya seperti kemampuan bermusik, kepemimpinan, hingga aktivitas ekstrakurikuler yang pernah diikuti oleh para pendaftar dalam program beasiswa tersebut.

Beasiswa Negeri

Program beasiswa seperti ini biasanya cenderung didominasi oleh pemerintah atau pihak otoritas public yang ada di Negara tujuan, jumlah bantuan yang diberikan juga tak tanggung – tanggung karna biasanya program beasiswa semacam ini bisa memberikan bantuan menyeluruh untuk biaya pendidikan dan kebutuhan hidup bagi mahasiswa internasional yang tentunya sudah memenuhi semua ketentuan yang berlaku.

Beasiswa Program Studi

Tidak hanya diselenggarakan oleh pihak luar saja, pihak dari universitas itu sendiri juga umumnya selalu menawarkan program beasiswa kepada semua mahasiswanya dengan ketentuan sendiri. Beasiswa seperti ini mungkin tidak berlaku untuk banyak jurusan,

namun sejumlah program studi di berbagai universitas menghadirkan program beasiswa ini guna mendorong bertambahnya jumlah pendaftar di program studi tersebut. Jadi, jika program studi yang anda inginkan selama ini ternyata menawarkan program beasiswa khusus maka tidak ada salahnya bagi anda untuk ikut mendaftarnya.

Beasiswa Berdasarkan Kebutuhan

Kebutuhan untuk biaya pendidikan di luar negeri pada jenjang pendidikan tertentu memang bisa menjadi sangat tinggi, karna alasan itulah maka beasiswa yang satu ini menjadi sangat dibutuhkan terlebih bagi mahasiswa atau pelajar yang mengalami kesulitan finansial untuk dapat belajar di luar negeri.

Beasiswa ini bisa mencakup biaya kuliah dan biaya relevan lainnya yang dibutuhkan selama anda menjalani kuliah di Negara tujuan. Menariknya, program beasiswa seperti ini sifatnya terpisah dari beasiswa prestasi, yang berarti bahwa anda bisa mendapatkan manfaat dari beasiswa ini sekaligus juga dari program beasiswa lainnya asalkan kedua program tersebut sama – sama memberi kesempatan bagi anda untuk mendapatkannya secara bersamaan.

Beasiswa Atletik

Jika umumnya beasiswa prestasi hanya dikenal karna pencapaian di bidang akademik saja, maka sebetulnya ada juga program beasiswa yang ditujukan khusus bagi pelajar atau mahasiswa yang memiliki prestasi atau bakat tertentu di bidang atletik. Namun tidak hanya menunjukkan melalui bukti pencapaian prestasi olahraganya saja, akan tetapi setiap penerima beasiswa ini juga wajib menjaga dan terus meraih prestasinya itu agar lebih baik lagi.

Manfaat Beasiswa Kuliah Luar Negeri

Beasiswa memang terbukti selalu bisa membantu pendanaan dalam proses kuliah anda selama berada di luar negeri, Namun pada faktarnya tidak hanya untuk membantu meringankan beban biaya kuliah saja tetapi beasiswa juga bisa memberikan manfaat lainnya dan berikut adalah di antaranya.

Memperoleh Gelar Berbobot

Salah satu hal yang paling jarang dilihat ketika seseorang mengikuti program beasiswa adalah pada gelar berbobot yang akan disandangnya kelak ketika berhasil menyelesaikan program kuliah yang diambilnya itu, karna pada dasarnya untuk bisa menikmati gelar seperti ini hanya akan mulai dirasakan ketika berada di akhir masa kuliah atau malah sudah mulai menjajaki dunia kerja.

Yang jelas, dengan adanya gelar yang berbobot lulusan luar negeri maka anda akan memiliki peluang karir yang lebih bagus dengan tingkat pendapatan yang lebih tinggi pula dengan berbagai perusahaan impian anda, ini akan cukup berbeda ketika anda meraih gelar di universitas dalam negeri.

Dapat bekerja di luar negeri setelah lulus

Meski sejumlah beasiswa menuntut anda untuk segera kembali ke Indonesia dan memulai karir anda di tanah air, namun bukan berarti anda tidak bisa mencoba peruntungan anda di luar negeri. Ada cukup banyak negara yang mengizinkan mahasiswa internasionalnya untuk dapat bekerja dan memulai karir di negara tersebut, bahkan tak jarang yang langsung bekerja dengan jabatan yang bagus setelah menyelesaikan kuliahnya. Jadi, tidak ada halangan lagi bagi anda untuk dapat menjajaki dunia karir dengan posisi yang tinggi ketika anda berhasil menyelesaikan studi bersama beasiswa luar negeri anda.

Pengembangan Diri

Kuliah di luar kota saja bisa memberi pengalaman lebih bagi anda untuk lebih bisa mandiri, bayangkan jika anda kuliah di luar negeri maka sudah pasti akan ada banyak hal baru yang akan anda peroleh selama berada di sana. Beragam manusia baru, budaya baru, iklim baru, serta suasana pendidikan yang baru akan mengantarkan anda menjadi pribadi yang lebih baik dan berkembang sebagai seorang professional di masa mendatang.

Belum lagi dengan bahasa asing baru yang akan anda pelajari dan mulai terbiasa akan membuat diri anda menjadi semakin cakap dengan semua kemampuan yang anda miliki selama menempuh pendidikan di luar negeri bersama beasiswa tersebut.

Itulah beberapa informasi menarik tentang Beasiswa Kuliah Luar Negeri 2022 yang perlu anda ketahui, pastikan anda selalu mengikuti informasi terbaru dan paling update dari setiap program beasiswa yang ditawarkan. Anda juga dapat mengikuti beragam informasi penting dari program beasiswa lainnya terlengkap di situs ini, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment