Contoh Essay Beasiswa

Bagi anda yang sekarang sedang berjuang meraih beasiswa maka pastinya perlu memperhatikan contoh essay beasiswa yang baik, karna dengan menyusun essay merupakan satu dari sekian banyak syarat yang harus dipenuhi oleh para pendaftar untuk bisa mengikuti proses seleksi penerimaan program beasiswa. Bisa dikatakan bahwa hampir seluruh program beasiswa selalu mewajibkan pendaftarnya untuk bisa menyusun essay, maka dari itu essay jelas menjadi hal yang sangat penting dan berpengaruh terhadap keberhasilan anda.

Essay juga sering disebut sebagai lembar promosi diri karna dalam essay itulah anda akan memaparkan kepribadian dari anda sendiri sebagai penulisnya. Menitik beratkan pada keinginan terbesar atau target yang sedang anda perjuangkan saat ini sampai titik darah penghabisan nantinya.

Contoh Essay Beasiswa

Melalui essay itu juga lah, pihak penyelenggara program beasiswa bisa menentukan mana calon penerima yang potensial untuk mendapatkan beasiswa. Hal ini menjadi begitu penting mengingat penyedia beasiswa juga tentu berharap agar ilmu dan gelar pendidikan yang diraih pesertanya kelak bisa turut memberikan manfaat yang besar, maka dari itulah beasiswa hanya diberikan bagi mereka yang memiliki tujuan hidup yang besar pula.

Apa Itu Essay?

Essay merupakan suatu karangan prosa yang isinya menyampaikan permasalahan secara sekilas dari sudut pandang penulisnya sendiri, ini juga termasuk ke dalam jenis karangan atau karya tulis yang unik karna tidak hanya bersifat formal dan informal, isi di dalam essay juga cenderung bersifat subjektif.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Khusus Mahasiswa Baru Semester 1, Simak Cara Daftar dan Syarat Beasiswa Kalla 2022

Sang penulis akan memaparkan banyak hal namun umumnya hanya menyampaikan dua hal bertentangan saja, misalnya dengan menyampaikan kelemahan atau kegagalan yang pernah dialaminya sembari menuliskan alasan yang menjadi penyebabnya, lalu diikuti dengan penyampaian kelebihan yang ada dalam dirinya, misalnya seperti semangat untuk terus memperbaiki diri agar tidak kembali menemui kegagalan.

Agar lebih mudah dalam memahami pengertian tentang essay, maka cobalah simak beberapa hal berikut ini.

  • Essay memiliki bentuk prosa dan menggunakan bahasa yang biasa digunakan dalam berkomunikasi sehari – hari
  • Essay merupakan karangan yang singkat, sehingga memungkinkannya untuk bisa dibaca hanya dalam waktu yang singkat
  • Essay tidak selalu memiliki struktur yang utuh, sifat yang subjektif telah membebaskan penulisnya untuk dapat mencantumkan poin – poin pokok dalam tulisan tersebut
  • Essay mencakup pada pendahuluan, pengembangan, dan juga penutup
  • Essay bersifat individu, sehingga di dalamnya terdapat ungkapan, sikap, serta pemikiran dari penulisnya sendiri

Meski begitu, essay merupakan karangan pendek yang menyampaikan sikap dan pikiran penulisnya, namun untuk membuatnya juga tidak selalu mudah sehingga perlu adanya acuan dalam menyusunnya.

Tujuan Pembuatan Essay

Penulisan essay secara umum memiliki beberapa tujuan penting dan berikut di antaranya.

Meyakinkan Pembaca

Sifat essay yang subjektif telah membuat sang penulis bisa memaparkan pola pemikirannya sendiri. Melalui essay inilah, maka seorang penulis bisa meyakinkan pembacanya mengenai pemikiran tersebut. Sementara itu pada essay beasiswa penulis perlu mencantumkan penilaian terhadap diri sendiri agar layak menjadi peserta dalam penerimaan beasiswa tersebut.

Selain itu, essay juga bisa berisi tentang pendapat sang penulis tentang suatu fenomena, sehingga tujuannya pun dapat turut meyakinkan pembacanya bahwa fenomena tersebut memang benar adanya, sama seperti apa yang dipaparkan oleh penulis pada essay yang dibuatnya.

Beasiswa Bergengsi  Tes IELTS Jadi Lebih Mudah, Daftar Aplikasi Latihan Soal IELTS Online Ini Wajib Dicoba

Pembaca Dapat Menerima Pesan

Essay yang bersifat individu juga tersusun berdasarkan sudut pandang masing – masing penulis itu sendiri, isinya kemudian akan mencakup argumen atau pendapat penulis tersebut tentang berbagai hal. Pemaparan yang baik di dalam essay bertujuan untuk meyakinkan pembacanya agar tetap dapat menerima pesan yang dituangkan oleh penulisnya dalam essay tersebut.

Memberi Informasi Mengenai Suatu Topik

Essay juga disusun dengan tujuan untuk membagikan informasi kepada pembacanya, iInformasi ini harus sesuai dengan jenis essay yang ditulis. Misalnya, pada essay ilmiah maka informasi yang disajikan harus mengarah pada suatu hasil penelitian yang nantinya dapat dijadikan sebagai rujukan dalam penelitian lanjutan baik bagi si penulis itu sendiri atau peneliti lainnya.

Sedangkan essay beasiswa berisi informasi yang cenderung mengarah pada kepribadian atau karakter penulisnya, sekaligus juga memaparkan masalah yang pernah dialami serta solusi mengatasinya, dan bagaimana cara penulis bisa bangkit kembali pasca masalah itu terjadi.

Cara Membuat Essay yang Baik

Menyusun essay tentu bisa menjadi sesuatu yang mudah untuk dilakukan mengingat isinya yang memaparkan tentang siapa diri anda dan masalah tertentu yang telah memotivasi anda untuk terus maju. Namun proses dalam menulisnya bisa jadi terasa sulit jika anda belum pernah menulisnya sama sekali.

Bagaimana pun juga menulis sebuah essay merupakan suatu keterampilan yang bisa terus berkembang ketika anda rutin melakukannya. Sebagai panduan bagi anda untuk bisa menulis essay beasiswa yang baik, maka kami coba untuk memberikan contoh essay beasiswa yang baik sesuai dengan aturan yang benar.

Menentukan Tema

Tahapan pertama dalam membuat essay adalah dengan menentukan temanya terlebih dahulu. Essay beasiswa umumnya menyampaikan tentang kepribadian anda, maka tema yang tepat bisa berupa masalah yang akan dipaparkan di dalamnya.

Beasiswa Bergengsi  Perbanas Institute Jakarta Siapkan Beasiswa Rp 2.5 Miliar Bagi Mahasiswa Baru

Sebagai contohnya, masalah yang sempat dihadapi dalam hidup anda yang kemudian menjadi titik balik bagi anda untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Masalah dalam hidup tiap oranmg tentu sangat beragam, maka tentukan lah salah satu untuk dijadikan sebagai tema dalam essay anda.

Membuat Kerangka

Untuk mempermudah anda dalam proses menulis sebuah essay, maka anda bisa membuat kerangka karangannya terlebih dahulu. Kerangka karangan ini juga disebut sebagai outline yang berisi tentang berbagai hal penting di dalam essay itu sendiri. Maka dari itu, susun lah lebih dulu kerangkanya untuk kemudian barulah dikembangkan menjadi tulisan yang utuh.

Membuat Intro

Pembuka atau intro yang menarik dalam sebuah essay beasiswa tentu menjadi hal yang penting, maka dari itu membuat intro harus lah sangat jeli mengingat bagian ini akan mendapatkan perhatian pertama dari pembacanya. Jika di bagian pembuka saja sudah menarik maka pembaca pasti akan menyimak seluruh essay tersebut dengan lebih nyaman.

Apabila anda saat ini tengah menyusun essay beasiswa, maka intro yang menarik bisa mengangkat segala hal tentang tujuan anda beserta dengan jurusan yang akan diambil bila anda berhasil lolos dalam program beasiswa tersebut. Jadi, selalu pertimbangkan lah untuk menggunakan quote yang memiliki hubungan dengan jurusan tersebut, cara ini terbukti menjadi langkah yang efektif dalam menarik perhatian pembacanya.

Menulis Isi

Tahap berikutnya adalah menulis isi essay itu sendiri, isi dari essay sering juga disebut sebagai tubuh essay. Isinya tentu saja memaparkan tentang sejumlah poin yang telah disusun di dalam kerangka sebelumnya. Agar membuatnya lebih menarik dan enak dibaca, anda dapat menyusun isi ini  dalam beberapa sub judul.

Leave a Reply

Your email address will not be published.