Beasiswa BIDIKMISI adalah bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Namun tetap mengutamakan calon mahasiswa yang berprestasi, serta memiliki kemampuan menyelesaikan studinya di perguruan tinggi tepat waktu. Berikut ini kami berikan INFORMASI PENDAFTARAN BIDIKMISI yang bisa anda ketahui.

INFORMASI PENDAFTARAN BEASISWA BIDIKMISI 2023

Tujuan Beasiswa BIDIKMISI

Bidikmisi adalah program pemerintah melalui Dikti yang memiliki beberapa tujuan sebagai berikut:

  • Membantu perihal biaya pendidikan calon mahasiswa yang sudah memenuhi kriteria untuk menempuh program Diploma/Sarjana.
  • Meningkatkan motivasi belajar calon mahasiswa yang menghadapi kendala ekonomi.
  • Menjamin kelangsungan studi mahasiswa sampai selesai (tepat waktu).

Berasal Dari Mana Beasiswa BIDIKMISI?

Penyelenggara program Bidikmisi adalah seluruh perguruan tinggi. Bantuan biaya ini diberikan sejak calon mahasiswa diterima di PT selama 8 semester di Diploma IV dan S1 dan selama 6 semester bagi Diploma III. Beasiswa ini berupa pembebasan segala biaya kuliah selama kuliah, baik biaya kuliah maupun biaya kuliah bulanan.

Berdasarkan INFORMASI PENDAFTARAN BEASISWA BIDIKMISI 2023, mahasiswa penerima beasiswa ini juga akan mendapatkan uang saku untuk biaya kuliah yang akan mereka terima setiap 6 bulan sekali. Tujuan diselenggarakannya program Beasiswa Bidikmisi adalah untuk meningkatkan akses belajar di PT bagi mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik.

Sedangkan sasaran pertama program Bidikmisi adalah bagi lulusan satuan pendidikan SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang tidak mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik yang baik.

Profil Bidikmisi

Program Bidikmisi merupakan salah satu program biaya pendidikan pemerintah bagi lulusan SMA/sederajat yang memiliki potensi akademik baik namun memiliki keterbatasan ekonomi. Program ini berbeda dengan beasiswa yang fokus pada pemberian penghargaan atau dukungan finansial kepada mereka yang berprestasi, sesuai Pasal 76 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Namun, persyaratan pencapaian Bidikmisi ditujukan agar penerima Bidikmisi dipilih dari mereka yang benar-benar memiliki potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Cara Mendaftar Beasiswa BIDIKMISI

Bagi yang ingin mendaftar beasiswa bidikmis ini, silahkan cek info lengkapnya di website resmi BIDIKMISI. Silakan mengakses website resmi Dikti dan disitu anda dapat menemukan INFORMASI PENDAFTARAN BEASISWA BIDIKMISI 2023 tentang daftar bidikmisi, cara mendaftar bidikmisi, pendaftaran bidikmisi, jalur bidikmisi.

Lalu tentang bagaimana untuk mendaftarkan bidikmisi sendiri, master bidikmisi, bidikmisi medis, informasi bidikmisi, universitas yang menerima bidikmisi, cara mendapatkan bidikmisi, cara mendaftar bidikmisi, program bidikmisi dan informasi lainnya.

Persyaratan Pendaftaran BIDIKMISI Online

Bagi anda yang tertarik untuk mencobanya, berikut adalah beberapa syarat wajib daftar bidikmisi online.

  1. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat yang akan lulus tahun ini
  2. Lulusan tahun lalu yang belum pernah menerima beasiswa Bidikmisi dan juga tidak bertentangan dengan aturan penerimaan mahasiswa baru di universitasnya
  3. Usia maksimal pada saat pendaftaran adalah 21 tahun
  4. Siswa kurang mampu secara ekonomi dengan kriteria sebagai berikut:
    → Penerima BSM (Beasiswa Miskin) atau pemegang KIP (Kartu Indonesia Pintar) atau sejenisnya.
    → Penghasilan orang tua/wali paling banyak Rp. 3 juta per bulan, serta penghasilan gabungan dari orang tua/wali dibagi dengan jumlah keluarga maksimal senilai Rp. 750k per bulan.
  5. Pendidikan orang tua/wali paling tinggi adalah Strata 1 (S1) atau Diploma 4 (D4)
  6. Memiliki potensi akademik yang baik dan sesuai rekomendasi yang akurat dari kepala sekolah
  7. Pelamar dimudahkan untuk memilih salah satu PTN atau PTS dengan ketentuan sebagai berikut:
  • PTN masuk SNMPTN, UTBK-SBMPTN dan Seleksi Mandiri
  • Politeknik, UT dan ISI
  • PTS sesuai dengan seleksi penerimaan

Jalur Pendaftaran BIDIKMISI

Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN

Jika akan mendaftar seleksi Bidikmisi SNMPTN, maka harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah, kemudian dapat mendaftar di alamat website Bidikmisi. Ikuti proses pendaftaran sampai selesai.

Setelah mendaftar Bidikmisi, selanjutnya anda akan mendaftar SNMPTN melalui alamat website resminya bagi anda yang ingin mengikuti seleksi Bidikmisi. Selanjutnya anda juga harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke situs Bidikmisi.

Setelah menyelesaikan pendaftaran Bidikmisi, selanjutnya anda akan mendapatkan KAP dan PIN. Pendaftaran SBMPTN dilakukan di website www.sbmptn.ac.id. Jadi ikuti proses pendaftarannya sampai selesai.

Pendaftaran Bidikmisi SNMPN

Bagi anda yang ingin kuliah di Politeknik Negeri dan ingin mengikuti seleksi Bidikmisi, maka anda bisa mengikuti jalur SNMPN Bidikmisi. Pertama, anda harus mendapatkan rekomendasi dari sekolah untuk mendaftar Bidikmisi. Selanjutnya melakukan pendaftaran SNMPN melalui alamat snmpn.politeknik.or.id.

Pendaftaran Bidikmisi SBMPN

SBMPN merupakan salah satu jalur seleksi masuk Politeknik Negeri seluruh Indonesia. Bagi siapa pun calon peserta yang berkeinginan untuk mengikuti pendidikan di Politeknik Negeri melalui jalur SBMPN. Namun bagi anda yang masih bingung terkait biaya pendidikan nantinya, maka anda dapat mengajukan diri untuk mengikuti program Bidikmisi SBMPN, informasi lebih lengkap bisa anda lihat langsung di setiap Politeknik Negeri tujuan anda.

Pendaftaran Bidikmisi Jalur Mandiri PTN/PTS

Selain jalur nasional di atas, anda juga dapat mendaftar Bidikmisi melalui jalur mandiri PTN/PTS. anda bisa mendapatkan informasi jalur mandiri PTN/PTS bidikmisi melalui alamat website masing-masing PTN/PTS. Langkah pertama mendaftar bidikmisi, kemudian mendaftar jalur mandiri yang dibuka oleh masing-masing PTN/PTS.

Mengikuti ujian seleksi pada jadwal yang telah ditentukan. Jika lolos seleksi, panitia akan melakukan seleksi Bidikmisi tahap selanjutnya. Namun, tidak semua jalur mandiri PTN/PTS terpilih sebagai jalur seleksi bidikmisi. Untuk itu anda perlu mendapatkan informasinya di website masing-masing PTN/PTS atau anda bisa bertanya kepada panitia masing-masing PTN/PTS.

Pendaftaran Bidikmisi UT

Berdasarkan INFORMASI PENDAFTARAN BEASISWA BIDIKMISI 2023, tahun ini dibuka pendaftaran Bidikmisi UT. Bagi anda yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang ingin kuliah di UT, silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi Bidikmisi UT.

Pendaftaran Bidikmisi ISI

Jika anda berasal dari keluarga miskin yang ingin melanjutkan pendidikan ke Institut Seni Indonesia (ISI), maka anda dapat mendaftar untuk mengikuti seleksi Bidikmisi ISI.

Pendaftaran Bidikmisi SPAN-PTKIN

Bagi anda yang memiliki prestasi baik yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri, namun terkendala masalah biaya pendidikan, dapat mendaftar Program Bidikmisi SPAN-PTKIN. Informasi lebih lanjut mengenai SPAN-PTKIN Bidikmisi dapat dilihat di masing-masing website PTKIN yang membuka Bidikmisi.

Pendaftaran Jalur Bidikmisi UM-PTKIN

Bagi anda yang memiliki prestasi sedang yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri, namun juga terkendala biaya pendidikan, dapat mengajukan diri untuk mengikuti program Bidikmisi UM-PTKIN.

Informasi selengkapnya mengenai website Bidikmisi UM-PTKIN dapat dilihat pada website masing-masing PTKIN yang membuka Bidikmisi. Selain itu, tersedia pula jalur Bidikmisi PTKIN Mandiri yang informasinya dapat anda lihat langsung di website resmi masing-masing PTKIN tujuan anda.

Sekian INFORMASI PENDAFTARAN BEASISWA BIDIKMISI 2023 yang bisa anda coba. Dari sekian banyak jalur Bidikmisi yang tersedia, silakan ikuti salah satu yang akan memberi anda peluang lebih besar untuk diterima.

Bagikan:

Tags:

14 responses to “Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi 2023”

  1. Teryanus tibul Avatar

    Iya saya mau mendaftar pidikmisi ini karena orang tua saya kurang mampu membiayai pendidikan ku karena . Tidak ada alasan lain

  2. Yos mote Avatar

    Apaka ada bantuan lain juga bisa daftar

  3. hironimusfdosantos Avatar

    Sya Mau Dfar Bidik Misi karna orang Tua Saya Tdk Mampu

  4. Antonius de araujo Avatar

    Sy daftar bidikmisi sy karena orang tua sy sudah meningal

  5. Antonius de araujo Avatar

    Sy pengen dapat Bidikmisi
    Daftar di online

    1. Rima Zanuriah saputri Avatar

      Saya ingin mengikuti Bidikmisi namun tapi blum mempunyai restu dari orang tua saya karena apa dia masih memikirkan biaya kontrakan per bulan

  6. Hermanus soo Avatar

    Saya sebagai jatim piatu orang saya pentañi tidak dapat pekerjaan petani maka sy daftar pidìkmisi

  7. annisa gemasih Avatar
    annisa gemasih

    saya daftar bidik misi di karenakan orang tua saya hanya bekerja sebagai petani dan adik saya jg masih sekolah abang saya juga masi kuliah jadi uang yang di dapat orang tua saya masih belum cukup buat membiayai saya kuliah

  8. adit Avatar
    adit

    apa bisa daftar bidikmisi tanpa surat rekomendasi kepsek?

  9. dominggas Marice buinei Avatar

    saya mau mengikuti Bidikmisi dan nanty nya saya akan mendapatkan hasil yang baik

  10. Meksi Tusi Avatar

    Saya ingin mendaftar sebagai peserta beasiswa bidikmisi 2022/2023

  11. WARDA TUNIKMA Avatar

    Saya ingin mendaftar kan diri saya ke bidik misi karena saya tidak memiliki ekonomi yang tinggi keluarga saya adalah keluarga seorang petani jdi untuk kuliah saya rasa tidak mungkin bagi saya kalau tidak dengan bidik misi

  12. Maria Anjelita Hoar Avatar

    𝘚𝘺𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘢𝘧𝘵𝘢𝘳 𝘣𝘪𝘥𝘪𝘬𝘮𝘪𝘴𝘪 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘰𝘳𝘨 𝘵𝘶𝘢 𝘴𝘺𝘢 𝘵𝘥𝘬 𝘮𝘢𝘮𝘱𝘶 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘪𝘢𝘺𝘢𝘪 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘪𝘥𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘴𝘺𝘢

  13. Defni fifi Arni Zebua Avatar
    Defni fifi Arni Zebua

    Saya mau mendaftar sidik misi ini karna saya dari keluarga tidak mampu..Dan saya tidak bisa mendaftar

Leave a Comment