Persiapan apa saja yang sudah anda buat untuk menyambut pergantian tahun menuju ke 2024 nanti? Atau mungkin anda malah penasaran bagaimana tampilan kalender 2024 yang notabene akan mengiringi hari – hari anda di tahun depan? Lalu, bagaimana juga dengan peringatan hari besar, libur nasional, termasuk penanggalan jawa di tahun 2024?

Apapun alasannya, yang pasti kalender 2024 menjadi salah satu bagian terpenting yang wajib dimiliki. Terlebih jika anda adalah seorang desainer atau ingin memiliki kalender versi anda sendiri dengan desain yang unik dan menarik, maka sudah pasti membuat desain kalender tahun 2024 bisa menjadi hal yang mengasyikkan.

Nah, bagi anda yang ingin memiliki kalender 2024 dengan desain sendiri maka anda membutuhkan template kalender yang lengkap, mencakup tanggal hijriyah, jawa, pasaran dan weton.

Desain Kalender 2024

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu aktivitas yang sangat mengasyikkan adalah membuat Desain Kalender dalam format CDR. Ini merupakan desain kalender yang dibuat khusus menggunakan software CorelDRAW, sebuah software yang dikembangkan untuk keperluan desain grafis dan memungkinkan para penggunanya membuat berbagai desain menarik, tak terkecuali dengan desain kalender.

Desain kalender CDR sendiri bisa dibuat sangat menarik, anda bahkan bisa membuatnya dalam berbagai tampilan, seperti kalender meja, dinding, atau kalender virtual. Nantinya, desain kalender CDR yang sudah anda miliki bisa dicetak atau dikirimkan sebagai file yang dapat digunakan dan diedit oleh banyak orang melalui format CDR di aplikasi CorelDraw. Atau terkadang juga ada calendar 2024 design dalam format PNG yang bisa anda buka dan edit melalui Adobe Photoshop atau aplikasi edit foto lainnya.

Anda mungkin bisa saja membuat kalender sendiri dari awal melalui software CorelDraw, namun bagi anda yang masih pemula dan belum terlalu mengenal cara kerja software desain maka mengunduhnya melalui link di bawah ini.

Selain itu, anda juga tak perlu khawatir, karena dalam artikel kali ini juga telah kami menyiapkan desain kalender 2024 versi jawa, hijriyah, dan masehi dengan lengkap yang bisa menjadi referensi anda.

>> Download Template Kalender 2024 di sini <<

Fungsi Kalender

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya untuk mengetahui tentang kalender itu sendiri. Perlu diingat, kalender sejatinya memiliki berbagai fungsi, salah satunya sudah pasti adalah sebagai media promosi bisnis atau tujuan lainnya.

Media promosi sendiri biasanya menjadi alasan paling utama, karena dengan terpampangnya model bisnis pada kalender tersebut maka secara tak langsung bisnis anda akan terus dilihat sepanjang tahun 2024.

Menariknya lagi, biaya mencetak kalender jelas lebih terjangkau dibandingkan dengan media promosi lainnya, apalagi kalender akan terus digunakan selama kurun waktu satu tahun, menarik bukan?

Terlepas dari fungsi itu sendiri, kalender yang berlaku di Indonesia juga umumnya terdiri atas Kalender Jawa dan Hijriyah. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan singkat tentang kalender jawa dan islam 2024:

Kalender Jawa

Kalender Jawa atau yang biasa disebut sebagai sistem penanggalan jawa merupakan kalender yang menggabungkan antara siklus bulan dan tahun Masehi dengan nama – nama uniknya dan digabungkan dengan beberapa hari libur nasional. Kalender Jawa sendiri juga menyertakan beberapa hari perayaan keagamaan dan budaya, tentunya yang memiliki hubungan dengan taksonomi waktu dan / atau peristiwa alam.

Kalender Islam

Kalender islam atau yang biasa dikenal dengan Hijriyah merupakan sistem penanggalan yang didasarkan pada perjalanan bulan. Jenis ini juga biasa disebut sebagai kalender lunar, di mana jumlah satu tahunnya terdiri dari 12 bulan dengan setiap bulannya memiliki 29 hingga 30 hari.

Tidak hanya itu, penamaan bulan dalam kalender Hijriyah juga memiliki keterkaitan dengan berbagai peristiwa penting dalam sejarah Islam, contohnya seperti perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah, atau perayaan Ramadhan dan Idul Fitri. Karena alasan itu juga maka tak mengherankan bila kalender Hijriyah juga turut dijadikan sebagai kalender resmi oleh sejumlah negara Islam, terlebih kalender ini juga bisa mengingatkan kita akan peristiwa penting dalam sejarah Islam itu sendiri.

Hari Libur Nasional 2024

Seperti tahun – tahun sebelumnya, di tahun 2024 mendatang juga akan ditemukan beberapa tanggal merah atau hari libur nasional yang biasa dinantikan oleh banyak orang. Nah, berikut ini adalah beberapa tanggal merah tahun 2024 (selain hari minggu) yang bisa anda ketahui:

Januari 2024

Januari

Februari 2024

kalender februari 2024

Maret 2024

kalender Maret 2024

April 2024

Mei 2024

kalender Mei 2024

Juni 2024

kalender Juni 2024

Juli 2024

kalender Juli 2024

Agustus 2024

kalender Agustus 2024

September 2024

kalender September 2024

Oktober 2024

kalender oktober 2024

November 2024

kalender November 2024

Desember 2024

kalender Desember 2024

Cuti Bersama Tahun 2024

Selain libur nasional yang disebutkan di atas, pemerintah Indonesia juga rutin mengadakan cuti bersama yang biasanya hampir selalu beriringan dengan tanggal merah / libur besar. Mengacu pada libur nasional di atas, setidaknya terdapat 5 hari yang berpotensi menjadi masa cuti bersama 2024, di antarnya:

  • Jumat, 9 Februari 2024, cuti bersama menyambut Tahun Baru Imlek
  • Selasa, 12 Maret 2024, cuti bersama menyambut Hari Suci Nyepi
  • Jumat, 10 Mei 2024, cuti bersama menyambut hari Kenaikan Isa Almasih
  • Jumat, 24 Mei 2024, cuti bersama menyambut Hari Raya Waisak
  • Selasa, 18 Juni 2024, cuti bersama menyambut hari raya Idul Adha

Terlepas dari penanggalan di atas, perlu diingat juga bahwa masa cuti bersama masih sebatas perkiraan saja. Dengan kata lain,masih ada kemungkinan untuk maju atau mundur dari tanggal perkiraan di atas, setidaknya menunggu keputusan resmi melalui pemerintah indonesia. Namun biasanya di tanggal – tanggal tersebut atau jelang peringatan hari besar akan selalu dibarengi dengan masa cuti bersama.

Demikianlah tadi pembahasan tentang Kalender 2024 lengkap dengan tanggalan Jawa dan Islam / 1445 Hijriyah. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment