Pendaftaran Beasiswa Orbit Guru Merdeka 2023 Dibuka

Info beasiswa terbaru kali ini datang dari program Beasiswa Orbit Guru Merdeka, ini merupakan program pendidikan yang akan memberikan bantuan pelatihan senilai Rp 6.5 juta. Menariknya, tidak hanya terbuka untuk pelajar dan mahasiswa saja, tetapi program beasiswa ini juga turut menargetkan para guru sebagai penerima beasiswa ini.

Beasiswa Orbit Guru Merdeka merupakan program yang diselenggarakan oleh PT Orbit Ventura Indonesia sebagai upaya dalam memberikan kesempatan pada guru – guru di Indonesia untuk dapat mengikuti pelatihan dengan total senilai Rp 20.8 milyar.

Namun perlu diketahui, kesempatan program beasiswa ini hanya diberikan kepada 3.200 guru saja, dengan kata lain setiap peserta Beasiswa Orbit Guru Merdeka akan mendapatkan bantuan dana pelatihan senilai Rp 6.5 juta.

Melansir dari laman resmi Orbitfutureacademy, Orbit Guru Merdeka (OGM) telah menjadi program nasional yang merupakan hasil kerja sama antara PT Orbit Ventura Indonesia dengan PT Microsoft Indonesia yang telah diresmikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  (Kemendikbudristek) Republik Indonesia serta dijalankan oleh Orbit Future Academy.

Sebagaimana diketahui, program ini diadakan sebagai upaya untuk mempersiapkan guru – guru di Indonesia agar menjadi pendidik yang profesional bersertifikasi Microsoft, sehingga diharapkan para lulusan dari program ini akan lebih siap untuk beradaptasi dan bisa meningkatkan kemampuannya dalam mengajar serta mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan baik.

Benefit Beasiswa Orbit Guru Merdeka 2023

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan diberikan dari program Beasiswa Orbit Guru Merdeka 2023, di antaranya:

  • Meningkatkan kompetensi guru, khususnya dalam penguasaan teknologi digital
  • Mengikuti Trainer Preparatory Course (TPC) dengan Microsoft Certified Educator (MCE)
  • Mendapatkan pelatihan menjadi Trainer OGM dan sertifikasi sebagai Master Trainer OGM
  • Akan didaftarkan di Kemendikbudristek dan Microsoft Indonesia menjadi Pelatih MCE pasca Program OGM Master Trainer
  • Berkesempatan memberi pelatihan sertifikasi MCE untuk guru lainnya

Cara Daftar Beasiswa Orbit Guru Merdeka 2023

Untuk bisa mendapatkan beasiswa menjadi Master Trainer dalam program Orbit Guru Merdeka (OGM) 2023 juga sangat lah mudah, berikut adalah caranya:

  • Buat video dengan durasi 1 – 3 menit dan sampaikan alasan mengapa layak untuk mendapatkan beasiswa serta motivasi menjadi Master Trainer Microsoft Certified Educator (MCE).
  • Unggah video yang sudah dibuat ke Youtube dengan menambahkan tautan di kolom “Bukti Karya” melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) di https://guru.kemdikbud.go.id/ sebelum tanggal 15 Januari 2023
  • Undang rekan – rekan guru lainnya untuk menontonbdan memberi feedback (umpan balik) pada video Bukti Karya tadi dengan membagikan tautannya melalui menu aplikasi PMM (ada di pojok kanan atas) dan bagikan link yang ada di Youtube.
  • Pantau secara aktif bagaimana respon yang diberikan oleh telah rekan – rekan anda di PMM dan Youtube
  • Isi semua data yang dibutuhkan dan tautkan link video Youtube serta beri alasan layak menerima beasiswa melalui link pendaftaran https://orbitfutureacademy.id/ogmscholarship/id/#regiser
  • Setelah mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap, anda akan menerima informasi mengenai peluang pendaftaran melalui email dari ogm.registration@orbitfutureacademy.sch.id.

Demikian lah informasi Beasiswa Orbit Guru Merdeka 2023 untuk para guru di Indonesia. Bagi anda yang tertarik mengikutinya, pastikan anda segera mendaftar sebelum tanggal 15 Januari 2023 sesuai cara di atas. Semoga sukses

Bagikan:

Tags:

9 responses to “Pendaftaran Beasiswa Orbit Guru Merdeka 2023 Dibuka, ada Pelatihan Senilai Rp 6,5 Juta dan Kesempatan Jadi Trainer Microsoft Indonesia”

  1. zai Avatar
    zai

    Bentuk beasiswanya berupa uang atau dialihkan dalam paket pelatihan kak?

    1. Ifa Avatar
      Ifa

      Berupa paket pelatihan

  2. Yuni Daswanti,S.Pd Avatar
    Yuni Daswanti,S.Pd

    Apakah pendaftaran beasiswa OGM 2023 ini tidak ada perpanjangannya?

  3. yuli Avatar
    yuli

    saya baru mengetahui adanya beasiswa OGM ini, apakah masih ada sesi perpanjngannya untuk bisa ikut serta?

    1. Anna maharetha Tehupuring Avatar
      Anna maharetha Tehupuring

      Saya sdh dikatakn lolos namun saya belum memiliki akun

  4. Rina Rusliani Avatar

    Semoga pendaftaran di buka lagi

    1. FAESEMBOWO BUULOLO,S.Pd Avatar
      FAESEMBOWO BUULOLO,S.Pd

      Trimakasi buat team orbit guru merdeka, yg tak kusangka lewat berkas jadi beasiswa orbit guru merdeka dari SDN 078573 Balohao Kec. Aramo Kab. Nisel, PROV. Sumut. TDK ada balasan bagi saya hanya tuhan yg membalas kpd BPK ibu team orbit guru merdeka semoga kami yg lewat semua dapat hadiah dari tim yaitu kelulusan

  5. Debysandra Y. Balang, S.Pd Avatar
    Debysandra Y. Balang, S.Pd

    Baru tau ada program ini.kalau di UKA lagi mau ikut biar nambah ilmu lagi.

  6. Ifa Avatar
    Ifa

    Berupa paket pelatihan

Leave a Comment