Daftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2022/2023

Beasiswa menjadi solusi untuk meringankan beban belajar dan hidup sambil menuntut ilmu, supaya dapat berprestasi. Perlu diketahui, bahwa Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2022/2023 adalah beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk Mencapai Insan Cerdas dan Berdaya Saing, yang diperuntukan bagi masyarakat Indonesia.

Beasiswa tersebut diperuntukkan bagi guru, aktivis sosial, seniman, siswa berprestasi, dan atlet peraih medali. Bahkan bagi pelajar, pegawai, masyarakat dan lain-lain sesuai dengan ketentuannya. Jika anda berminat mengikutinya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Daftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2022/2023

Ada beberapa pilihan beasiswa unggulan dari Kemendikbud yang bisa anda ikuti untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Berikut ini daftarnya:

Beasiswa Pegawai Kemendikbud

Beasiswa Pegawai Kemendikbud adalah beasiswa yang diberikan kepada pegawai Kemendikbud yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister (S2) atau Doktor (S3). Beasiswa ini diberikan dalam rangka pengembangan karir pegawai dalam rangka mempersiapkan tenaga profesional untuk menjadi lokomotif Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tujuan Beasiswa Pegawai Kemendikbud adalah untuk pengembangan karir pegawai dalam rangka mempersiapkan tenaga profesional untuk menjadi lokomotif Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Beasiswa Penyandang Disabilitas

Pemerintah juga memberikan perhatian khusus kepada penyandang disabilitas, termasuk dalam hal memberikan kesempatan kepada mereka untuk mendapatkan Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2022/2023. Beasiswa dapat diikuti oleh mahasiswa yang telah menerima surat penerimaan dari universitas. Ketentuan umum untuk beasiswa adalah:

Beasiswa Bergengsi  Pendaftaran Dan Syarat Beasiswa Myskill.id 2022

Diutamakan memiliki sertifikat prestasi akademik / non akademik

  • Memiliki surat keterangan dokter, ahli, dan atau dari instansi yang menyatakan bahwa anda adalah penyandang disabilitas
  • Mendapatkan rekomendasi dari instansi terkait
  • Saat ini tidak menerima beasiswa serupa dari sumber lain
  • Diterima di universitas dalam negeri yang terakreditasi
  • Memiliki surat pernyataan bahwa dirinya termasuk siswa yang berkebutuhan khusus.

Beasiswa Mahasiswa Asing

Beasiswa Mahasiswa Asing ditujukan bagi mahasiswa Magister (S2) dan Doktor (S3) di Indonesia dan dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dalam bidang pendidikan Bahasa, Seni dan Budaya Indonesia.

Beasiswa Penelitian/Riset, Workshop dan Pelatihan

Beasiswa Penelitian, Workshop, Pelatihan dan Pendampingan Kinerja diberikan kepada peneliti, penulis, pencipta, seniman atau budayawan, jurnalis, olahragawan, tokoh dan PNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai dengan kegiatan dan kreativitas yang dilakukan.

Beasiswa Guru Cimb Niaga

Beasiswa CIMB Niaga merupakan program beasiswa hasil kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Bank CIMB Niaga. Tujuan adanya beasiswa ini adalah untuk mencerdaskan kehidupan Bangsa dengan peningkatan profesionalisme guru.

Program beasiswa unggulan ini diperuntukan bagi para guru yang melanjutkan studi pada jenjang Magister di UNPAD (Universitas Padjajaran), UGM (Universitas Gadjah Mada) dan UNHAS (Universitas Hasanuddin) dengan program studi terakreditasi A di Fakultas Ekonomi.

Beasiswa Masyarakat Berprestasi

Program Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2022 – 2023 ini merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia bagi guru, aktivis sosial, seniman, siswa atau siswa berprestasi, dan atlet pemenang Olimpiade Internasional.

Beasiswa ini diperuntukan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi pada jenjang pendidikan sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3) pada universitas terakreditasi B dengan program studi terakreditasi A. Beasiswa juga diberikan kepada masyarakat di tingkat internasional.

Beasiswa Bergengsi  Alasan Layak Menerima Beasiswa

Berikut ini beberapa persyaratan umumnya:

  • Diutamakan memiliki sertifikat prestasi akademik / non akademik tingkat internasional atau nasional
  • Mendapatkan rekomendasi institusi
  • Tidak menerima beasiswa sejenis
  • Diterima PTN yang terakreditasi B atau Sangat Baik.

Beasiswa Unggulan 3T

Beasiswa 3T adalah singkatan dari tertinggal, terdepan dan terluar merupakan beasiswa yang diperuntukan bagi mereka yang berasal dari daerah tertinggal, terdepan dan terluar sesuai dengan PP RI Nomor 131 Tahun 2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015-2019.

Beasiswa unggulan ini dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang pendidikan S1 (Sarjana), S2 (Magister) dan S3 (Doktor) pada Universitas yang terakreditasi minimal B.

Fasilitas dan Cara Mendaftar

Beasiswa ini ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat digunakan untuk belajar didalam maupun diluar negeri. Seperti Bidik Misi, Beasiswa Unggulan juga termasuk beasiswa penuh yang mencakup sebagian besar kebutuhan studi.

Bedanya, Bidik Misi diperuntukkan bagi mereka yang tidak mampu tetapi berprestasi, sedangkan Beasiswa Unggulan terbuka bagi siapa saja yang memiliki catatan prestasi. Nah, beberapa hal tersebut adalah tentang seluk beluk Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2022/2023. Berikut ini penjelasannya:

Biaya Hidup

Dukungan biaya hidup saat mengikuti program pendidikan di jenjang S1, S2, dan S3

Biaya Pendidikan

Membantu sebagian atau seluruh biaya pendidikan pada saat mengikuti program pendidikan pada jenjang S1, S2, dan S3.

Biaya Buku

Diberikan kepada peserta beasiswa saat mengambil program pendidikan pada jenjang S1, S2, dan S3.

Biaya Penelitian

Bantuan diberikan untuk melakukan penelitian bagi peserta beasiswa selama menempuh program pendidikan di tingkat sarjana, pascasarjana, dan doktoral.

Biaya Transportasi

Membantu sebagian atau seluruh biaya tiket peserta beasiswa pada saat mengambil program pendidikan sarjana, pascasarjana, dan doktoral di luar negeri.

Beasiswa Bergengsi  Syarat Dan Jenis Beasiswa Kaltim Tuntas 2022

Alur Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2022/2023

Ada 2 jalur pengajuan beasiswa unggulan Kemendikbud yang harus anda ketahui. Berikut beberapa aplikasi beasiswa unggulan Kemendikbud yang bisa anda ikuti:

  • Bagi yang belum punya akun, buka alamat website beasiswaunggulan.kemendikbud.go.id
  • Pilih tombol daftar online, kemudian masuk ke halaman baru buonline.beasiswaunggulan.kemendikbud.go.id
  • Pilih tombol pendaftaran, selanjutnya isi data pendaftaran/regesterasi dengan lengkap dan benar
  • Jika sudah mengisi data, maka klik tombol daftar, tunggu konfirmasi selanjutnya yang akan dikirimkan melalui email
  • Bagi yang sudah memiliki akun (email dan password), buka alamat website buonline.beasiswaunggulan.kemendikbud.go.id
  • Pilih tombol masuk, selanjutnya, silakan masukkan alamat email dan kata sandi anda
  • Kemudian lengkapi data pendaftaran anda dan ikuti panduan atau instruksi berikutnya seperti yang diinstruksikan

Fasilitas Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2022/2023

Mahasiswa penerima beasiswa akan mendapatkan sejumlah fasilitas, yaitu:

  • Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencakup semua biaya kuliah selama kuliah. UKT di PTN atau SPP di PTS akan dibayar lunas. Dengan rincian:
  • Mahasiswa program sarjana akan mendapatkan biaya kuliah gratis selama delapan semester.
  • Mahasiswa S2 dan S3 akan diberikan masing-masing selama empat semester dan enam semester.
  • Penerima beasiswa berhak akan mendapatkan bantuan biaya hidup selama kuliah, bahkan mencapai Rp. 1,4 juta per bulan.
  • Mahasiswa penerima beasiswa juga akan mendapatkan bantuan pengadaan buku selama studinya yang belum termasuk biaya penelitian.

Itulah beberapa fasilitas yang akan anda peroleh dari beasiswa yang diadakan oleh Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini. Bagi anda yang sedang atau ingin kuliah dan kesulitan membayar biaya kuliah, anda bisa mengajukan beasiswa tersebut.

Sekian informasi tentang beasiswa unggulan Kemendikbud dan alur pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2022/2023 yang bisa kami bagikan. Untuk informasi lengkapnya, anda bisa mengakses situs resmi beasiswa unggulan Kemendikbud.

Leave a Reply

Your email address will not be published.