Beasiswa Unggulan 2023 Begini Cara Dan Syarat Untuk Mendapatkannya

Kemendikbud lagi-lagi memberi kabar gembira, karena seperti tahun-tahun sebelumnya dalam waktu dekat ini akan hadir kembali program Beasiswa Unggulan yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak mahasiswa dari berbagai jenjang pendidikan. Salah satu yang menjadikan program beasiswa ini sangat menarik adalah dari banyaknya benefit yang bisa didapatkan oleh para penerima beasiswa, jadi tidak melulu hanya dana bantuan pendidikan saja yang bisa diperoleh.

Jadi, meski jadwal pendaftaran untuk Beasiswa Unggulan 2023 dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI namun anda sudah bisa bersiap sejak sekarang. Seperti pada program beasiswa kuliah yang telah lebih dulu diadakan oleh Kemendikbud, seperti Beasiswa Pendidikan Indonesia dan Beasiswa Indonesia Maju, pada program Beasiswa Unggulan nantinya akan terdapat sejumlah kriteria dan ketentuan yang wajib dipenuhi oleh setiap pendaftarnya.

Daftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2023/2024

Ada beberapa pilihan beasiswa unggulan dari Kemendikbud yang bisa anda ikuti untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Berikut ini daftarnya:

Beasiswa Pegawai Kemendikbud

Beasiswa Pegawai Kemendikbud adalah beasiswa yang diberikan kepada pegawai Kemendikbud yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister (S2) atau Doktor (S3). Beasiswa ini diberikan dalam rangka pengembangan karir pegawai dalam rangka mempersiapkan tenaga profesional untuk menjadi lokomotif Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tujuan Beasiswa Pegawai Kemendikbud adalah untuk pengembangan karir pegawai dalam rangka mempersiapkan tenaga profesional untuk menjadi lokomotif Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Beasiswa Penyandang Disabilitas

Pemerintah juga memberikan perhatian khusus kepada penyandang disabilitas, termasuk dalam hal memberikan kesempatan kepada mereka untuk mendapatkan Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2023/2024. Beasiswa dapat diikuti oleh mahasiswa yang telah menerima surat penerimaan dari universitas. Ketentuan umum untuk beasiswa adalah:

Diutamakan memiliki sertifikat prestasi akademik / non akademik

  • Memiliki surat keterangan dokter, ahli, dan atau dari instansi yang menyatakan bahwa anda adalah penyandang disabilitas
  • Mendapatkan rekomendasi dari instansi terkait
  • Saat ini tidak menerima beasiswa serupa dari sumber lain
  • Diterima di universitas dalam negeri yang terakreditasi
  • Memiliki surat pernyataan bahwa dirinya termasuk siswa yang berkebutuhan khusus.

Beasiswa Mahasiswa Asing

Beasiswa Mahasiswa Asing ditujukan bagi mahasiswa Magister (S2) dan Doktor (S3) di Indonesia dan dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dalam bidang pendidikan Bahasa, Seni dan Budaya Indonesia. Beasiswa satu ini jelas menjadi salah satu beasiswa yang mungkin terdengar cukup menarik bagi warga Negara asing yang ingin bisa menimba ilmu di Indonesia.

Beasiswa Mahasiswa Asing dari Kemendikbud ini memang diperuntukkan khusus bagi mahasiswa di jenjang pendidikan S2 dan S3 di Indonesia yang bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia saja, tentunya dengan bidang pendidikan bahasa Indonesia pula, baik seni maupun budayanya.

Beasiswa Penelitian/Riset, Workshop dan Pelatihan

Beasiswa Penelitian, Workshop, Pelatihan dan Pendampingan Kinerja diberikan kepada peneliti, penulis, pencipta, seniman atau budayawan, jurnalis, olahragawan, tokoh dan PNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai dengan kegiatan dan kreativitas yang dilakukan.

Beasiswa Bergengsi  Jadwal dan Syarat Beasiswa Rotary Yoneyama 2023

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nampaknya juga tidak hanya mementingkan pendidikan di jenjang formal saja, akan tetapi beasiswa juga mencakup pada sector non akademis terutama untuk melakukan riset, workshop, pelatihan, serta pagelaran yang memang berada di luar dari area akademik.

Dalam beasiswa ini Kemendikbud akan memberikan bantuan pada pelaku seniman atau budayawan, wartawan, olahragawan, penulis, peneliti, hingga tokoh dan Pegawai Negeri Sipil dari Kemendikbud yang memiliki aktivitas dan kreativitas sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Beasiswa Guru Cimb Niaga

Beasiswa CIMB Niaga merupakan program beasiswa hasil kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Bank CIMB Niaga. Tujuan adanya beasiswa ini adalah untuk mencerdaskan kehidupan Bangsa dengan peningkatan profesionalisme guru.

Program beasiswa unggulan ini diperuntukan bagi para guru yang melanjutkan studi pada jenjang Magister di UNPAD (Universitas Padjajaran), UGM (Universitas Gadjah Mada) dan UNHAS (Universitas Hasanuddin) dengan program studi terakreditasi A di Fakultas Ekonomi. Sesuai namanya, Beasiswa yang satu ini memang diperuntukkan bagi kalangan guru dalam upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui peningkatan kualitas dan profesionalitas guru itu sendiri.

Beasiswa ini juga merupakan kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Bank CIMB Niaga yang khusus diberikan pada guru atau pengajar yang ingin melanjutkan studinya di jenjang yang lebih tinggi seperti magister s2 di beberapa perguruan tinggi yang ditunjuk.

Beasiswa Masyarakat Berprestasi

Program Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2023 – 2024 ini merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia bagi guru, aktivis sosial, seniman, siswa atau siswa berprestasi, dan atlet pemenang Olimpiade Internasional.

Beasiswa ini diperuntukan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi pada jenjang pendidikan sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3) pada universitas terakreditasi B dengan program studi terakreditasi A. Beasiswa juga diberikan kepada masyarakat di tingkat internasional.

Berikut ini beberapa persyaratan umumnya:

  • Diutamakan memiliki sertifikat prestasi akademik / non akademik tingkat internasional atau nasional
  • Mendapatkan rekomendasi institusi
  • Tidak menerima beasiswa sejenis
  • Diterima PTN yang terakreditasi B atau Sangat Baik.

Beasiswa Unggulan 3T

Beasiswa 3T adalah singkatan dari tertinggal, terdepan dan terluar merupakan beasiswa yang diperuntukan bagi mereka yang berasal dari daerah tertinggal, terdepan dan terluar sesuai dengan PP RI Nomor 131 Tahun 2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015-2019.

Hebatnya, beasiswa unggulan ini bisa digunakan untuk melanjutkan jenjang pendidikan mulai dari S1 (Sarjana), S2 (Magister), hingga S3 (Doktor) di perguruan tinggi yang terakreditas minimal B yang ditunjuk. Tidak ada prestasi yang harus menonjol sebagai kriteria dalam program beasiswa unggulan 3T ini, namun perhatikan dengan benar kriteria 3T yang ditetapkan oleh Kemendikbud sebagai pihak penyelenggara dari program beasiswa ini agar anda bisa diterima sebagai peserta dalam program tersebut.

Benefit Beasiswa Unggulan 2023

Sebagaimana diketahui, Beasiswa Unggulan merupakan program bantuan pendidikan yang diberikan khusus untuk kalangan mahasiswa, mulai dari jenjang sarjana (S1), magister (S2), hingga doktor (S3).

Adapun sejumlah benefit yang ditawarkan dalam Beasiswa Unggulan meliputi bantuan dana pendidikan secara penuh, termasuk dengan uang buku dan tunjangan biaya hidup selama menjalani kuliah.

Beasiswa Bergengsi  Macam Macam Beasiswa Kuliah 2022

Tidak hanya terbuka untuk para mahasiswa saja, Beasiswa Unggulan juga turut memberi kesempatan pada para lulusan berprestasi yang baru akan masuk kuliah asalkan sudah dinyatakan diterima oleh pihak perguruan tinggi, termasuk dengan mahasiswa baru yang telah menjalani perkuliahan selama 2 semester awal.

Persyaratan Umum

Meski belum ada jadwal pasti pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2022, namun tidak ada salahnya bagi anda untuk mulai menyiapkan sejumlah persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar nantinya. Berkaca pada beasiswa unggulan Beasiswa Unggulan 2021, berikut adalah beberapa persyaratan umum yang wajib dipenuhi oleh setiap calon peserta.

  • Memiliki sertifikat prestasi akademik atau non akademik di ajang tingkat internasional dan / atau nasional
  • Mendapatkan rekomendasi langsung dari institusi terkait
  • Tidak sedang atau akan mendapatkan beasiswa dari pihak lainnya
  • Telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi minimal B.

Persyaratan Khusus

Tidak hanya persyaratan umum saja seperti di atas, Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud juga menetapkan beberapa persyaratan khusus. Berikut ini adalah persyaratan khusus yang wajib dipenuhi semua pendaftar sesuai dengan kategori beasiswa yang diikuti.

Beasiswa Program Sarjana (S1)

  • Berusia maksimal 22 tahun untuk mahasiswa baru atau maksimal berusia 23 tahun untuk mahasiswa yang sedang menempuh kuliah
  • Mengisikan nilai Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) khusus bagi pelajar / lulusan sekolah dalam negeri
  • Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.25 khusus bagi mahasiswa di jenjang pendidikan S1
  • Membuat karya tulis berupa essay yang menggunakan Bahasa Indonesia dengan tema “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia” dan minimal terdiri dari 1500 kata.

Beasiswa Program Magister (S2)

  • Berusia maksimal 32 tahun untuk mahasiswa baru atau maksimal berusia 33 tahun untuk mahasiswa yang tengah menempuh perkuliahan
  • Memiliki surat keterangan lulus / Letter of Acceptance (LoA) Unconditional khusus bagi mahasiswa yang baru diterima di perguruan tinggi, atau surat keterangan aktif kuliah yang dibuat oleh pihak kampus
  • Memiliki nilai IPK minimal 3.25 pada jenjang pendidikan sebelumnya (S1) bagi mahasiswa baru maupun on-going
  • Memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan dibuktikan melalui sertifikat TOEFL ITP 550 / IBT 61 atau IELTS 6.0
  • Membuat proposal rencana studi lengkap dengan alasan mengambil program studi dan rencana penelitian tugas akhir / tesis yang akan dibuat
  • Membuat karya tulis berupa essay menggunakan Bahasa Indonesia dengan tema terkait hal yang telah diberikan untuk bangsa dan negara, serta dengan jumlah minimal 1500 kata.

Beasiswa Program Doktoral (S3)

  • Berusia maksimal 40 tahun untuk mahasiswa baru atau maksimal berusia 41 tahun untuk mahasiswa aktif yang sedang menempuh kuliah
  • Memiliki surat keterangan lulus / Letter of Acceptance (LoA) Unconditional khusus bagi mahasiswa yang baru diterima di perguruan tinggi, atau surat keterangan aktif kuliah dari kampus dengan ditandatangani dekan atau direktur pasca khusus bagi mahasiswa on-going
  • Memiliki nilai IPK minimal 3.40 pada jenjang pendidikan sebelumnya (S2) bagi mahasiswa baru maupun on-going
  • Memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan dibuktikan melalui sertifikat TOEFL ITP 550 / IBT 61 atau IELTS 6.0
  • Membuat proposal rencana studi lengkap dengan alasan mengambil program studi yang dipilih serta membuat rencana penelitian tugas akhir / disertasi
  • Membuat karya tulis berupa essay menggunakan Bahasa Indonesia dengan tema terkait hal yang telah diberikan untuk bangsa dan negara, serta dengan jumlah minimal 1500 kata.
Beasiswa Bergengsi  Beasiswa LPDP 2022 Tahap Kedua Akan Dibuka, Simak Syarat dan Cara Daftar Program Beasiswa Reguler Ini

Persyaratan Dokumen

Selain persyaratan di atas, para pendaftar dalam program beasiswa unggulan kemendikbud 2022 juga wajib menyertakan seluruh dokumen yang dibutuhkan dalam proses seleksinya. Berikut adalah beberapa persyaratan dokumen yang wajib disiapkan.

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) khusus bagi mahasiswa on going
  • LoA Unconditional, atau surat tanda aktif kuliah khusus bagi mahasiswa on going
  • Kartu Hasil Studi (KHS) semester terakhir khusus bagi mahasiswa on going
  • Salinan ljazah dan transkrip nilai terakhir yang telah dilegalisir
  • Sertifikat TOEFL / IELTS (kecuali untuk pendaftar dari mahasiswa sarjana S1 tidak diwajibkan)
  • Proposal rencana studi
  • Surat rekomendasi dari kampus atau institusi terkait
  • Surat pernyataan tidak sedang atau akan menerima beasiswa dari pihak lainnya
  • Sertifikat prestasi akademik atau non akademik
  • Essay sesuai dengan ketentuan pada masing – masing kategori beasiswa.

Cara Daftar Beasiswa Unggulan

Sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, ada beberapa tahapan dalam pendaftaran beasiswa unggulan Kemendikbud dan berikut di antaranya.

Bagi Yang Belum Memiliki Akun

Khusus bagi anda yang belum pernah mendaftar seleksi program beasiswa unggulan kemendikbud maka beberapa langkah perlu anda lakukan terutama dalam pembuatan akun baru seperti berikut ini.

  • Masuk ke laman resminya
  • Pilih menu daftar online
  • Anda akan diarahkan ke laman baru
  • Tekan tombol registrasi
  • Selesaikan registrasi dengan mengisi kolom secara lengkap
  • Klik tombol register
  • Lakukan aktivasi sesuai dengan link yang dikirimkan ke email anda

Bagi Yang Sudah Memiliki Akun

Khusus bagi anda yang sudah pernah mendaftar seleksi program beasiswa unggulan kemendikbud sebelumnya dan ingin mencobanya lagi maka berikut adalah langkahnya.

  • Buka laman resminya
  • Login dengan memasukkan alamat email dan password anda
  • Melengkapi data diri sesuai form pendaftaran yang tertera
  • Mengikuti petunjuk berikutnya sesuai yang diperintahkan
  • Menunggu pemberitahuan lolos tidaknya anda dalam seleksi administrasi

Demikian lah info beasiswa untuk program Beasiswa Unggulan 2022 yang akan diselenggarakan oleh Kemendikbud, pastikan anda telah memenuhi semua persyaratan di atas dan mengetahui bagaimana cara mendaftar program beasiswa ini.

Masih banyak waktu yang bisa anda luangkan untuk mulai melengkapi setiap dokumen yang dibutuhkan dalam proses seleksi pendaftaran beasiswa unggulan. Untuk informasi lebih lanjut tentang beasiswa ini anda dapat langsung mengakses instagram resminya di @puslapdik_dikbud atau melalui situs resmi Puslapdik Kemdikbud. Semoga bermanfaat.

Sekian informasi tentang beasiswa unggulan Kemendikbud dan alur pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2022/2023 yang bisa kami bagikan. Untuk informasi lengkapnya, anda bisa mengakses situs resmi beasiswa unggulan Kemendikbud atau langsung melalui Aplikasi BU Report.

https://www beasiswasarjana com/1623/daftar-beasiswa-unggulan-kemendikbud-2022-2023/ -https://www beasiswasarjana com/1623/daftar-beasiswa-unggulan-kemendikbud-2022-2023/#:~:text=Program Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2022 dan atlet pemenang Olimpiade Internasional -https://www beasiswasarjana com/1623/daftar-beasiswa-unggulan-kemendikbud-2022-2023/#:~:text=tinggi yang ditunjuk - Beasiswa Masyarakat Berprestasi dan atlet pemenang Olimpiade Internasional -Syarat Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2022 -beasiswa unggulan 2022 -https://www beasiswasarjana com/1623/daftar-beasiswa-unggulan-kemendikbud-2022-2023/#Daftar_Beasiswa_Unggulan_Kemendikbud_20222023 -beasiswa unggulan -daftarbeasiswa unggulan 2022 -https://www beasiswasarjana com/1623/daftar-beasiswa-unggulan-kemendikbud-2022-2023/#:~:text=Dengan rincian: 1,4 juta per bulan -link pendaftaran bantuan ukt kemendikbud 2022/2023 -

2 comments

  1. sya berharap bisa bergabung di program biasiswan ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *