Cara Mendapatkan Beasiswa Tanpa Prestasi

Tidak semua pelajar beruntung bisa mendapatkan beasiswa dengan cukup mudah, karna pada umumnya para calon penerima beasiswa tentunya harus memiliki prestasi bagus yang dimilikinya. Namun, tahu kah anda bahwa ternyata ada juga beasiswa yang tidak memerlukan prestasi sama sekali untuk mendapatkannya? Ya benar, hal tersebut memang lah ada dan bisa didapatkan oleh siapa saja. Penasaran? Ingin tahu bagaimana cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi tersebut? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Cara Mendapatkan Beasiswa Tanpa Prestasi

Rajin Mencari Informasi

Poin utama yang satu ini sangat lah dianjurkan bagi semua pelajar yang ingin mendapatkan beasiswa pastinya, baik dari pihak penyelenggara swasta maupun pihak pemerintah. Untuk bisa mendapatkan sumber informasi tersebut, anda bisa memanfaatkan banyak akun media sosial yang telah secara khusus memberikan informasi program beasiswa kepada seluruh pengguna platform tersebut. Akun media sosial semacam ini bisa ditemukan pada media sosial seperti Instagram, Facebook, Telegram maupun Twitter.

Adapun salah satu cara untuk bisa mendapatkan beasiswa tanpa prestasi seperrti ini biasanya adalah dengan mendaftar pada program beasiswa yang diadakan oleh pihak swasta sebagai penyelenggaranya. Perlu diketahui juga bahwa sampai saat ini ada sangat banyak sekali beasiswa yang diselenggarakan oleh pihak swasta di mana prestasi akademik bukan lah satu – satunya yang perlu dipertimbangkan dari kriteria calon penerima beasiswa itu sendiri. Beasiswa dari pihak swasta semacam ini biasanya dibuat oleh perusahaan, platform bisnis digital, lembaga sosial, atau yang lainnya.

Mengasah Bakat Unik

Seperti yang telah dijelaskan sekilas di atas, di mana beasiswa yang bisa diperoleh tanpa memiliki prestasi memang kebanyakan diselenggarakan oleh pihak swasta. Meskipun beasiswa tersebut juga akan diberikan tanpa adanya kriteria prestasi khusus di bidang akademik yang telah diraih pesertanya, namun bukan berarti bahwa beasiswa tersebut juga akan diberikan kepada sembarangan orang.

Beasiswa Bergengsi  Sosialisasi Beasiswa Pendidikan Indonesia di USK, Kemdikbudristek Paparkan Detail BPI

Pastinya dari pihak pemberi beasiswa tersebut juga akan lebih memperketat seleksi penerima beasiswanya, maka untuk memperbesar peluang anda dalam mengikuti seleksi program beasiswa tersebut, anda sebagai pelajar sebaiknya bisa memiliki keahlian khusus atau tambahan di luar bidang akademik atau non akademik. Dengan adanya keahlian tersebut maka itu akan menjadi nilai tambah bagi anda sendiri yang nantinya dapat memperbesar peluang untuk menerima beasiswa tersebut.

Adapun cara untuk mengasah keahlian tambahan tersebut tidak lah harus selalu melalui kursus dari lembaga resmi dan berbayar, anda bisa memanfaatkan sarana pembelajaran online yang bisa ditemukan dengan mudah melalui platform digital atau media sosial lainnya.

Ada beragam jenis keahlian atau bakat yang bisa menjadi pertimbangan dari panitia dalam merekrut anda untuk mendapatkan beasiswa, sebagai contohnya adalah bahasa asing, IT atau komputerisasi, bakat seni, atau yang lainnya.

Universitas dengan Ikatan Dinas

Bagi anda yang masih menjadi pelajar di tingkat SMA / SMK yang ingin bisa melanjutkan pendidikannya di jenjang lebih tinggi dengan mendapat beasiswa tanpa kriteria prestasi, ada salah satu cara yang bisa anda lakukan. Caranya adalah dengan mendaftar kuliah pada salah satu kampus yang memiliki ikatan dengan dinas tertentu.

Perlu diketahui bahwa kampus atau perguruan tinggi dengan ikatan dinas seperti ini makan memberikan mahasiswanya beasiswa pendidikan secara penuh dan pastinya akan menutup semua biaya yang dibutuhkan, bahkan ada juga pihak universitas semacam ini yang mau sampai memberikan biaya hidup untuk seluruh pesertanya.

Sebagaimana diketahui untuk mendaftar pada kampus ikatan dinas anda tidak memerlukan sertifikat prestasi yang pernah diraih sebelumnya. Para pendaftar hanya perlu mengikuti serangkaian tes yang diadakan oleh pihak penyelenggara, mulai dari tes SKD, SKB, psikotes, hingga tes wawancara. Ketika pendaftar dinyatakan lolos dari semua tahapan tes tersebut, maka pelajar yang bersangkutan secara otomatis akan mendapatkan beasiswa pendidikan secara penuh dari pihak penyelenggara.

Beasiswa Bergengsi  Cara Mengajukan Beasiswa Kuliah Agar di Terima

Daftar Sebagai Calon Penerima Beasiswa KIP

Cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi yang berukutnya adalah dengan mengikuti program KIP Kuliah yang diselenggarakan di kampus – kampus ternama. Program beasiswa ini akan diberikan oleh pemerintah langsung untuk membantu meringankan biaya pendidikan bagi para mahasiswa yang masih aktiv berkuliah.

Adapun beasiswa ini juga akan diberikan secara penuh pada mahasiswa pesertanya selama 8 semester sejak dinyatakan lolos dalam proses seleksi program beasiswa. Para penerima beasiswa atau peserta Beasiswa KIP Kuliah ini nantinya akan mendapatkan bantuan berupa biaya kuliah sekaligus bersamaan dengan biaya hidup selama kurun waktu tersebut.

Adapun persyaratan untuk bisa mendapatkan beasiswa KIP Kuliah ini juga sangat lah mudah, anda sebagai pendaftar hanya perlu menyiapkan syarat administratif yang diperlukan saja seperti Surat Keterangan Tidak Mampu, bukti penghasilan orang tua setiap bulannya, KTP, Kartu Keluarga, Kartu Pelajar, Akte Kelahiran, Tagihan listrik dan air selama 3 bulan terakhir, Scan rapot selama 5 semester sebelumnya, Ijazah atau Surat Keterangan Lulus jika ada, foto kondisi rumah tempat tinggal mulai dari halaman depan, ruang tamu, kamar tidur, dapur, dan toilet.

Membuat Kreasi Non Akademik

Jika anda adalah pelajar yang sudah sangat kesulitan untuk bisa mengukir prestasi akademik maka bukan tidak mungkin bagi anda untuk tetap bisa berprestasi bukan? Ya, caranya adalah dengan menggali potensi diri anda untuk bisa membuat kreasi non akademik yang nantinya dapat memberikan nilai lebih yang membuat anda jadi lebih special dan mendapat perhatian dari dinas terkait.

Namun perlu diingat kembali bahwa cara yang satu ini mungkin tidak selamanya cocok untuk semua kalangan pelajar, hanya mereka yang memiliki bakat khusus dan luar biasa saja yang mampu melakukannya.

Beasiswa Bergengsi  Ajang Olimpiade Informatika Internasional Digelar, Pemerintah Yakin Akan Banyak Lahirnya Talenta Digital di Indonesia

Mengandalkan Bantuan Pemerintah

Bukan bermaksud untuk membuat anda menyerah, namun ketahuilah bahwa mendapatkan beasiswa tanpa prestasi sama sekali nampaknya merupakan sebuah ketidakmungkinan yang tidak bisa membawa anda meraih beasiswa bergengsi. Namun jika niatan awal anda adalah untuk meringankan biaya pendidikan termasuk ketika memasuki jenjang perkuliahan, maka mengandalkan bantuan dari pemerintah mungkin bisa menjadi salah satu alternative yang cocok untuk anda coba.

Ketahuilah bahwa pemerintah kita juga kerap membagikan bantuannya pada semua masyarakat apalagi jika itu tujuannya adalah untuk pendidikan maka biasanya dana itu akan lebih mudah cair, anda pun bisa mencobanya jika memang anda menginginkannya.

Itulah  beberapa cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi yang bisa anda coba, beberapa di antaranya mungkin akan cukup mudah untuk anda dapatkan namun ada juga yang cukup sulit untuk bisa mendapatkannya. Meski begitu, mengingat bagaimana tujuan awal anda ketika ingin mendapatkan beasiswa maka sudah seharusnya anda mau melakukan cara apapun demi terwujudkan impian tersebut.

Sekarang anda harus bisa memilihnya sendiri, ingin tetap menjalani pendidikan dengan selalu mengharapkan bantuan atau mencoba bangkit dengan meraih prestasi yang gemilang dan mendapatkan beasiswa yang anda inginkan. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.