Daftar Kampus Terbaik Bidang Cyber dan Program Beasiswanya

Daftar Kampus Terbaik Bidang Cyber dan Program Beasiswanya

Keamanan siber atau cyber security telah menjadi sorotan menyusul ramainya pemberitaan soal keamanan dan pencurian data yang sempat menyerang berbagai situs pemerintah belakangan ini, hal itu juga yang membuat kebutuhan akan ahli di bidang siber menjadi meningkat dan pastinya semakin banyak pula pemuda – pemudi Indonesia yang tergugah untuk bisa mendapatkan pendidikan di bidang cyber security.

Menariknya, sejumlah program beasiswa juga ternyata telah tersedia selama ini yang berkaitan dengan jurusan tersebut, termasuk ilmu komputer, pemrograman, keamanan informasi, dan banyak lagi yang lainnya.

Nah, bagi anda yang tertarik atau merasa tergugah untuk mendapatkan pendidikan terbaik di bidang cyber security, berikut adalah sejumlah perguruan tinggi luar negeri terbaik yang menyediakan program studi cyber technology beserta dengan cakupan beasiswa yang tersedia.

Daftar Kampus Terbaik Bidang Cyber dan Program Beasiswanya

University of California (UC)

Menduduki peringkat pertama sebagai Universitas Negeri di Amerika, University of California (UC Berkeley) menawarkan lebih dari 1.600an fakultas dengan sekitar 35 ribuan mahasiswa aktif setiap tahunnya.

Kampus yang telah berdiri sejak tahun 1868 ini pun dikenal sebagai kampus cyber security terbaik di dunia khususnya untuk jenjang S2, setidaknya terdapat dua program yang tersedia yakni Master of Information & Data Science (MIDS) dan Master of Information & Cybersecurity (MICS).

Bagi anda yang tertarik untuk mengambil pendidikan di kampus ini, mungkin beberapa program beasiswa yang tersedia bisa menjadi pilihan anda, seperti Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Fulbright Scholarship, Berkeley Global Access Programe, dan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Kemenpora 2022 untuk mahasiswa S1 S2 S3, Cek Syarat dan Info Lengkapnya

Carnegie Mellon University (CMU)

Berlokasi di Pennsylvanmasih – Amerika Serikat, Carnegie Mellon University atau CMU merupakan salah satu kampus riset swasta yang memiliki 1.300 fakultas dengan total sekitar 109.900 alumni yang berasal dari 140 negara di dunia. CMU juga dikenal sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan di jenjang S1, S2, dan S3 dengan system terbaik.

Bahkan kampus ini pun juga sangat terkenal sebagai kampus unggulan bidang cyber security khususnya di jenjang master atau S2. Tak tanggung – tanggung, mahasiswa berprestasi di Carnegie Mellon University juga akan diberi kesempatan untuk belajar langsung di United States Computer Emergency Readiness Team (US CERT) mengenai seluruh sistem siber keamanan negara.

Adapun sejumlah program yang tersedia di CMU antara lain:

  • Information Networking (MSIN)
  • Information Security (MSIS)
  • Artificial Intelligence Engineering
  • Cyber Forensics and Incident Response Tranck
  • Bicoastal Program.

Sementara untuk program beasiswa yang ada di kampus ini meliputi Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Fulbright Scholarship, dan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

MIT telah menjadi salah satu lembaga pendidikan independen yang relevan dengan kebutuhan cyber negara di Amerika yang semakin maju, Universitas yang telah berdiri sejak tahun 1865 ini juga dikenal memiliki tradisi yang kuat dalam memecahkan banyak masalah untuk kepentingan public.

Kampus yang berlokasi di Massachusetts – Amerika Serikat ini juga dikenal luas sebagai salah satu kampus dengan jurusan cyber security terbaik di dunia pada semua jenjang baik S1, S2, hingga S3. Adapun sejumlah program studi yang tersedia antara lain:

  • Artificial Intelligence Technology & Systems
  • Cyber-Physical Systems
  • Cyber Operations & Analysis Technology
  • Cyber System Assessments
  • Secure Resilient System & Technology.
Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Baitul Mal Aceh 2022, Program Khusus Untuk Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Tugas Akhir

Sementara untuk program beasiswa yang tersedia untuk kampus ini meliputi Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Fulbright Scholarship, dan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).

Purdue University

Berlokasi di Indiana, Amerika Serikat, Purdue University rutin menerima hampir 40 ribuan mahasiswa setiap tahunnya dari total 400 jurusan studi yang tersedia. Kampus yang berdiri sejak tahun 1869 ini juga dikenal sebagai kampus riset ublik dan institusi cyber security dengan jenjang pendidikan S1 dan S2. Adapun salah satu program unggulan yang ditawarkan adalah Cybersecurity Degree.

Bagi anda yang tertarik untuk menempuh studi di Purdue University, inilah sejumlah program beasiswa yang mungkin bisa anda coba seperti Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Fulbright Scholarship, Purdue Suplemental Scholarship, dan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).

University of Camridge

Berada di Cambridge, Inggris, kampus yang satu ini telah menjadi kampus tertua sekaligus paling popular di Inggris.

Kampus yang telah berdiri sejak tahun 1209 ini sampai sekarang juga selalu menjadi kampus tujuan bagi semua pelajar dan mahasiswa di seluruh dunia, adapun jurusan yang masuk dalam bidang cyber security untuk jenjang S2 dan S3 antara lain program Advanced Computer Science (MPhil) dan Computer Science (PhD).

Sedangkan untuk program beasiswa yang tersedia di kampus ini meliputi Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Gates Cambridge Scholarship, dan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).

Shanghai Jiao Tong University (SJTU)

Tidak hanya amerika dan eropa saja yang menawarkan system pendidikan terbaik khusus di bidang Cyber Security, Shanghai Jiao Tong University justru menjadi salah satu kampus di Cina yang juga menyelenggarakan program studi khusus bidang keamanan siber.

Adapun program studi S1, S2, dan S3 untuk cyber security di SJTU meliputi Communications & Information System, Computer Applied Technology, dan Cryptography. Sementara bagi anda yang tertarik untuk mengambil program beasiswa di kampus tersebut, anda bisa mencoba beberapa program bantuan pendidikan seperti Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Chinese Government Scholarship (CGS), dan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).

Beasiswa Bergengsi  Kemenag Umumkan Daftar Penerima Beasiswa Santri Berprestasi 2022, Simak Cara Lengkapnya

Itulah beberapa kampus terbaik di dunia yang menyediakan program pendidikan Cyber Security lengkap dengan beasiswa yang tersedia di dalamnya. Yang pasti setiap lembaga pendidikan pasti menawarkan system pendidikan terbaiknya dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi, hal ini juga bisa dibuktikan dari para lulusan yang sukses setelah menempuh pendidikan di sana.

Bagi anda yang merasa tertarik, maka anda bisa mendaftarkan diri di kampus yang anda tuju dan pastikan anda juga tak boleh melewatkan kesempatan untuk meraih beasiswa yang tersedia tentunya dengan serangkaian seleksi ketat yang harus dilalui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *