Contoh Surat Pernyataan Tidak Menerima Beasiswa Dari Pihak Lain

Pengertian, Fungsi, dan Contoh Surat Pernyataan Tidak Menerima Beasiswa Dari Pihak Lain

Sudah menjadi hal wajib bagi para pendaftar beasiswa untuk dapat memenuhi seluruh persyaratan yang ditetapkan oleh pihak penyelenggara beasiswa itu sendiri, tujuannya sudah tentu agar pendaftar bisa melalui proses seleksi terutama untuk seleksi tes administrasi.

Lain halnya dengan pihak penyelenggara beasiswa yang menetapkan sejumlah persyaratan sebagai alat untuk menyaring dan mengetahui secara pasti siapa pendaftar yang layak untuk lolos menjadi kandidat calon penerima beasiswa nantinya, maka tak mengherankan jika dalam seleksi penerimaan beasiswa pun selalu disertai dengan beragam syarat dan ketentuan yang harus diikuti oleh setiap pendaftarnya, salah satu di antaranya adalah surat pernyataan tidak menerima beasiswa dari pihak lain.

Surat Pernyataan Tidak Menerima Beasiswa

Terdengar kontradiktif, namun yang dimaksud dengan Surat Pernyataan Tidak Menerima Beasiswa mengartikan bahwa seorang pendaftar memang benar – benar sedang tidak menerima atau mengikuti program beasiswa yang diselenggarakan oleh pihak lainnya.

Dengan kata lain, seorang pendaftar harus bisa meyakinkan pihak penyelenggara beasiswa saat ini bahwa pendaftar tersebut memang sedang tidak mendapatkan atau menjadi penerima dalam program beasiswa lainnya.

Surat pernyataan ini menjadi penting mengingat sejumlah program beasiswa memang tidak memperkenankan adanya double funding atau beasiswa ganda yang memungkinkan seorang awarde menerima beasiswa dari beberapa pihak sekaligus.

Tujuan dan Fungsi Surat Pernyataan Tidak Menerima Beasiswa

Seperti yang sempat disinggung sekilas di atas, tujuan dari adanya persyaratan berupa Surat Pernyataan seperti ini adalah untuk menghindari adanya peserta beasiswa double funding. Dengan kata lain, pelajar atau mahasiswa yang sudah menerima beasiswa dari program atau penyelenggara lainnya maka tidak bisa mengikuti seleksi penerimaan beasiswa lainnya.

Beasiswa Bergengsi  Cara Mudah Review Jurnal Otomatis Biar Gak Ketahuan Dosen

Adapun fungsi dari surat pernyataan tidak menerima beasiswa dari pihak lain adalah untuk membuat suatu program beasiswa menjadi lebih terarah dengan sasaran yang tepat, atau demi menghindari pemberian beasiswa yang tidak tepat sasaran.

Dengan kata lain, cara seperti ini juga dimaksudkan agar pemerataan pendidikan dan kesempatan meraih pendidikan yang layak menjadi lebih merata, bisa dirasakan oleh semua lapisan atau sesuai dengan target penerima beasiswa itu sendiri.

Isi Surat Pernyataan

Sebagaimana diketahui alasan kalian mengikuti beasiswa, semakin lengkap persyaratan administrasi maka semakin besar pula peluang bagi seorang pendaftar untuk bisa lolos dalam seleksi penerimaan beasiswa tersebut termasuk dengan membuat surat pernyataan tidak menerima beasiswa dari pihak lain.

Adapun surat pernyataan ini berisikan tentang pernyataan yang dibuat langsung oleh pihak pemohon (pendaftar beasiswa) sebagai bentuk ucapan tertulis yang menyatakan sedang tidak menerima bantuan beasiswa dari pihak manapun, termasuk dengan uraian singkat mengenai konsekuensi hukum yang siap diterima apabila pemohon melanggar janjinya seperti pengembalian bantuan yang sudah diterima atau konsekuensi lainnya.

Contoh Surat Pernyataan

Setelah mengetahui pengertian, tujuan, dan fungsi dari Surat Pernyataan Tidak Menerima Beasiswa Dari Pihak Manapun, maka kali ini kami akan memberikan beberapa contoh pembuatan surat pernyataan tersebut.

Namun perlu diketahui bahwa contoh yang kami berikan bukan lah format baku, artinya anda bisa menyesuaikan sendiri dengan kebutuhan anda berdasarkan ketentuan dari pihak penyelenggara beasiswa. Simak contoh berikut ini.

 

Contoh Surat Pernyataan Sedang Tidak Menerima Beasiswa Dari Pihak Lain – Pelajar

 

SURAT PERNYATAAN

SEDANG TIDAK MENERIMA BEASISWA DARI PIHAK LAIN

 

Saya yang bertandatangan di bawah ini :

 

Nama                                  : ……………………………………….

Beasiswa Bergengsi  Raih Pengalaman Baru Melalui Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Tempat, Tanggal Lahir    : ……………………………………….

Alamat                                : ……………………………………….

Kelas                                    : ………………………………………

Asal Sekolah                      : ………………………………………

No Induk Siswa                 : ………………………………………

No. HP                                 : ……………………………………….

 

Dengan ini menyatakan bahwa saya sedang tidak menerima beasiswa dari pihak lain.

Surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar – benarnya dan penuh kesadaran tanpa adanya paksaan dan tekanan dari pihak manapun. Saya siap mengembalikan dana beasiswa, menerima sanksi akademik dan sanksi hukum jika terbukti telah / sedang menerima beasiswa dari Sumber / Lembaga / Instansi / Yayasan manapun.

Demikian surat pernyataan ini saya buat sebagai persyaratan dalam pengajuan Beasiswa Siswa Berprestasi tahun 2022.

 

……………….., ……………. 2022

 Yang Menyatakan,

Materai 6000

(…………………………………………)

NIM.

 

Contoh Surat Pernyataan Tidak Menerima Beasiswa Dari Pihak Lain – Mahasiswa

 

SURAT PERNYATAAN

TIDAK MENERIMA BEASISWA DARI PIHAK LAIN

 

Saya yang bertandatangan di bawah ini :

 

Nama                                  : ………………………………………….

Tempat, Tanggal Lahir    : ………………………………………….

Alamat                                : ………………………………………….

Program Studi                   : ………………………………………….

Universitas                         : ………………………………………….

No Induk Mahasiswa       : ………………………………………….

NIK / eKTP                          : ………………………………………….

No. HP                                 : ………………………………………….

 

Dengan ini menyatakan bahwa saya benar – benar sedang tidak menerima beasiswa dari pihak lainnya.

Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sebenar – benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

 

Tasikmalaya, ……………..

Mengetahui,

Pembantu Rektor II                                                                                                   Pembuat pernyataan

 

 

 

Suparto Riatno, SP., MMA                                                                                       ( …………………………… )

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.