Google Cendekia, Cara Paling Mudah dan Lengkap Mencari Jurnal Ilmiah

Google Cendekia, Cara Paling Mudah dan Lengkap Mencari Jurnal Ilmiah

Jurnal menjadi hal yang penting bagi seorang akademisi terutama dalam menunjang proses pembelajaran. Lain halnya jika anda belum pernah membuatnya maka jurnal bisa menjadi hal pelik yang akan cukup menyulitkan anda, namun dengan adanya supply informasi yang lengkap di era digital seperti sekarang ini maka mencari jurnal menjadi hal yang cukup mudah. Salah satunya bisa anda temukan melalui layanan Google Cendekia.

Apa Itu Google Cendekia?

Google Cendekia atau yang biasa dikenal sebagai Google Scholar merupakan layanan dari raksasa teknologi Google yang memungkinkan para pelajar, akademisi, atau praktisi dalam menemukan jurnal ilmiah yang berasal dari berbagai perguruan tinggi yang terdaftar.

Fitur yang tersedia di dalam Google Cendekia juga sangat lengkap, pengguna dapat mencari berbagai materi ilmiah secara online, seperti salah satunya adalah Jurnal. Dengan fungsi utamanya tersebut maka tak mengherankan bila layanan ini pun sangat dibutuhkan oleh para pelajar, akademisi, maupun praktisi di seluruh dunia. Terlebih cara untuk mencari jurnal melalui Google Cendekia juga sangat lah mudah, cukup dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan pada kolom search maka Jurnal yang anda inginkan akan langsung muncul pada platform ini.

Menariknya lagi, Google Cendekia juga tersaji dalam berbagai format termasuk bahasa, sehingga semua orang di seluruh dunia pun bisa sangat terbantu olehnya.

Cara Mencari Jurnal di Google Cendekia

Seperti yang telah disebutkan di atas, cara mencari jurnal di Google Cendekia sangat lah mudah. Adapun cara menggunakan Google Cendekia juga tak jauh berbeda seperti ketika anda menggunakan mesin pencari Google, hanya saja terdapat beberapa hal yang mungkin terbilang baru untuk anda. Untuk memperjelasnya, berikut kami berikan panduan cara mencari jurnal di Google Cendekia yang bisa anda coba dengan mudah.

  • Buka web browser yang ada di ponsel, laptop, atau komputer
  • Kunjungi situs Google Cendekia atau klik di sini
  • Jika laman Google Cendekia sudah terbuka, masukkan kata kunci / keyword jurnal yang ingin anda cari pada kolom search yang tersedia dan tunggu beberapa saat
  • Jika proses pencarian jurnal telah selesai, maka Google Cendekia akan memunculkan banyak referensi jurnal dari berbagai perguruan tinggi sesuai dengan kata kunci pencarian anda
  • Klik salah satu halaman yang sesuai dengan pilihan anda untuk membuka dan membacanya.
Beasiswa Bergengsi  Daftar Situs Membuat Rangkuman Materi Beserta Tipsnya

Demikian cara mencari jurnal di Google Cendekia dengan mudah yang bisa anda lakukan, namun perlu diketahui juga bahwa beberapa jurnal mungkin akan memiliki format yang berbeda tergantung dari jenis file jurnal tersebut. Yang pasti dengan beberapa langkah praktis tadi anda sudah bisa menemukan beragam materi jurnal ilmiah yang anda butuhkan melalui Google Cendekia, sangat mudah bukan?

Cara Download Jurnal di Google Cendekia

Mencari jurnal di Google Cendekia memang sangat lah mudah, anda bahkan bisa membuka dan membaca jurnal yang telah anda temukan pada pencarian sebelumnya. Tapi bagaimana jika anda ingin menggunakan atau mengunduh jurnal tersebut? untuk melakukannya juga sangat lah mudah, anda bisa mendownload atau menyimpan file jurnal yang telah anda temukan di Google Cendekia ke dalam perangkat anda. Nah, berikut ini kami sajikan beberapa langkah mudah cara download jurnal di Google Cendekia yang bisa anda coba.

  • Buka laman Google Cendekia melalui web browser anda
  • Ketikan keyword / kata kunci, lalu cari jurnal yang anda inginkan
  • Pilih dan buka jurnal sesuai referensi yang anda butuhkan
  • Setelah halaman berikutnya terbuka, klik PDF yang ada pada keterangan Full Text
  • Klik ikon Download / Unduh dan tunggu beberapa saat

Jika proses download telah selesai, maka secara otomatis jurnal yang anda inginkan tadi sudah langsung tersimpan di perangkat anda.

Kekurangan Google Cendekia

Meski secara tak langsung dapat dikatakan sebagai penyedia jurnal online, namun sejatinya Google Cendekia hanyalah layanan yang diciptakan Google untuk mencari jurnal ilmiah dari berbagai sumber online. Layanan ini juga masih memiliki sejumlah kekurangan yang mungkin seharusnya bisa menjadikan Google Cendekia semakin sempurna, berikut di antaranya.

  • Tidak tersedia fitur download langsung
  • Mengharuskan login untuk mengunduh file pada beberapa referensi
  • Kurang akurat atau tidak bisa menemukan jurnal yang benar – benar sesuai dengan keyword / kata kunci
  • Masih dijumpai beberapa jurnal yang tidak menyertakan nama penerbit atau sumber secara lengkap.
Beasiswa Bergengsi  Cara Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi 2022

Alternative Situs Pencari Jurnal Lainnya

Dengan sejumlah kekurangan yang dimiliki Google Cendekia, tak mengherankan jika beberapa kompetitor pun muncul sebagai alternatif bagi para akademisi untuk mencari dan menemukan jurnal maupun artikel ilmiah yang dibutuhkan. Beberapa situs tersebut juga bisa anda gunakan ketika tidak mendapatkan hasil yang memuaskan dari pencarian yang dilakukan oleh Google Cendekia, apa sajakah itu? Berikut ini kami berikan beberapa situs mencari jurnal dan artikel ilmiah selain Google Cendekia yang wajib anda coba.

Perpusnas

Dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional RI, Perpusnas bisa menjadi opsi bagi anda dalam mencari jurnal atau artikel ilmiah yang anda butuhkan, khususnya bagi anda yang membutuhkan sumber dari Indonesia sebagai referensi anda. Adapun untuk dapat menggunakan layanannya, anda diharuskan untuk menjadi anggota terlebih dahulu, namun anda tak usah khawatir karena cara daftarnya pun sangat lah mudah, link situsnya Perpusnas

Academia.edu

Selain Google Cendekia, Academia.edu juga menjadi salah satu situs pencarian jurnal dan artikel ilmiah yang sangat populer di kalangan pelajar dan akademisi. Namun seperti halnya situs yang lain, layanan pencari jurnal dan artikel ilmiah ini juga mengharuskan penggunanya untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu agar dapat mengakses setiap jurnal, artikel, atau bahkan penelitian yang tersedia di dalamnya, Linya situs Academia.edu

Research Gate

Masuk dalam daftar situs pencari jurnal dan karya ilmiah, Research Gate juga layak untuk anda coba terutama ketika tidak menemukan jurnal atau artikel yang tidak anda dapatkan dari situs sejenis lainnya. Menariknya, Research Gate tidak hanya menjadi situs pencari jurnal dan artikel ilmiah saja, akan tetapi situs ini juga menjadi wadah bagi para akademisi untuk dapat berkumpul melalui forum diskusi yang tersedia di dalamnya.

Beasiswa Bergengsi  Cek Plagiarisme Jadi Mudah, Ini Website Untuk Parafrase Terbaik

Tidak seperti situs lainnya, beberapa jurnal yang ada di Research Gate mungkin akan membutuhkan izin akses dari pemilik aslinya. Meski ini cukup merepotkan, namun setidaknya Research Gate telah menjalankan fungsi terbaiknya sebagai situs pencari dan tidak serta merta membagikan jurnal atau karya ilmiah tanpa sepengetahuan pemilik / pembuatnya, Link situs Research Gate.

ISJD

Khusus bagi anda yang sedang mencari jurnal ilmiah yang terbit di indonesia maka ISJD bisa menjadi tempat yang sempurna untuk kebutuhan anda. Layanan yang dikembangkan oleh LIPI ini terbukti bisa memudahkan masyarakat dalam mencari bahan skripsi maupun artikel ilmiah lainnya secara gratis, Linknya ISJD

Leave a Reply

Your email address will not be published.