Daftar Sekarang Untuk Mendapatkan Beasiswa BRI 2022-2023

Sudah menjadi impian bagi semua pelajar maupun mahasiswa untuk bisa mendapatkan beasiswa pendidikannya, apalagi bagi yang memiliki biaya pendidikan cukup mahal maka beasiswa bisa menjadi salah satu yang sangat banyak membantu, terutama untuk jenjang perguruan tinggi yang memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Ada cukup banyak program beasiswa yang bisa ditemukan saat ini, tentunya dengan syarat-syarat tertentu namun umumnya diperuntukkan bagi mahasiswa dengan prestasi baik. Mulai dari pemerintah hingga swasta pun turut menghadirkan program beasiswa pada semua pelajar, termasuk salah satunya adalah Bank BRI.

Menariknya, Beasiswa BRI 2022-2023 kali ini tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu saja melainkan juga bagi yang bertempat tinggal di daerah terpencil dan berprestasi.

BNC Bank BRI

Bank BRI atau PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) yang telah berdiri sejak 16 desember 1895 nyatanya tidak hanya menjadi salah satu raksasa di industry perbankan Indonesia, tetapi juga turut memberikan sumbangsihnya terhadap perkembangan dunia pendidikan tanah air. Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan program BNC atau Beasiswa Nusantara Cerdas, ini merupakan hasil dari kerjasama antara PT Bank Rakyat Indonesia dengan Kemenristekdikti yang berlangsung sejak beberapa tahun lalu.

Apa itu BNC ?

Sebagaimana diketahui, Beasiswa Nusantara Cerdas atau BNC menawarkan program beasiswa yang akan membiayai secara penuh biaya pendidikan selama 8 semester atau 4 tahun bagi mahasiswa yang mengikuti program tersebut. Tidak hanya itu, BRI melalui program BNC ini juga turut membiayai segala kebutuhan perkuliahan termasuk pada pengadaan perlengkapan kuliah dan pengembangan diri dari semua pesertanya.

Hebatnya lagi, seluruh peserta atau mahasiswa yang mengikuti program beasiswa bri 2022-2023 ini tidak akan dibebani dengan masa bakti di institusi perbankan tersebut, itu artinya semua mahasiswa penerima beasiswa BNC tetap memiliki kebebasan untuk menentukan karirnya di dunia kerja setelah menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi.

Beasiswa Bergengsi  Apa Itu Beasiswa PIP ( Program Indonesia Pintar )

Sedangkan bagi mahasiswa penerima program BNC yang telah dinyatakan lulus dari perguruan tinggi juga turut bisa mendaftarkan dirinya sebagai pekerja maupun staff di bank BRI seperti halnya calon pelamar lainnya, jadi bisa dikatakan sangatlah tepat bagi mahasiswa yang selalu memimpikan untuk bisa menjadi banker atau turut berkarir bersama PT Bank Rakyat Indonesia.

Syarat Pendaftaran BNC

Sama halnya dengan program beasiswa pada umumnya, Beasiswa Nusantara Cerdas dari Bank BRI juga menetapkan beberapa syarat bagi semua mahasiswa yang ingin mendaftarnya. Berikut adalah beberapa persyaratan pendaftaran beasiswa Bank BRI 2022-2023.

  • Masih aktif menjalani masa perkuliahan di Perguruan Tinggi Negeri
  • Memiliki nilai rata – rata ujian Nasional minimal 8
  • Memiliki IPK minimal 3.00
  • Mengisi formulir yang disediakan oleh pihak Perguruan Tinggi Negeri dan laman resmi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero)
  • Mengunggah beberapa berkas yang dibutuhkan mulai dari KTP, Kartu Tanda Mahasiswa, Kartu Keluarga, Ijazah terakhir dan Nilai Ujian Nasional, serta IPK bagi yang sudah menjalani masa perkuliahan selama beberapa semester tertentu
  • Menyertakan dokumen pendukung seperti Surat Keterangan Tidak Mampu atau SKTM beserta laporan penghasilan orang tua, termasuk foto diri dengan latar belakang bangunan tempat tinggal, ruang tamu, tempat tidur, dan dapur
  • Sementara bagi calon pendaftar yang memiliki prestasi tambahan maka bisa juga menyertakan piagam atau bukti sertifikat tersebut sebagai bahan pertimbangan nantinya

Tahapan Pendaftaran Beasiswa BRI 2022 – 2023

Dalam proses penerimaan beasiswa BNC dari Bank BRI terdapat beberapa tahapan yang akan dilalui oleh masing-masing calon pesarta, berikut di antaranya.

  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Mencetak formulir registrasi online dan mengumpulkannya di masing-masing fakultas dan program studi yang menjadi tempat mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri beserta dengan berkas dokumen yang dibutuhkan lainnya sesuai syarat pendaftaran BNC
  • Pihak Universitas melakukan pendaftaran administrasi sesuai dengan berkas yang diberikan oleh calon peserta program BNC
  • Pengumuman lolos seleksi administrasi yang dilakukan oleh pihak perguruan tinggi negeri tempat mendaftar
  • Pihak penyelenggara program BNC melakukan seleksi lanjutan dan akan menghubungi pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi
Beasiswa Bergengsi  Kabar Baik, Pemerintah Kota Cilegon Kembali Buka Pendaftaran Beasiswa Penuh Dengan Target 5.000 Mahasiswa

Kelebihan BNC BRI

Melalui program BNC, Bank BRI telah menyiapkan beragam keunggulan yang membuat program beasiswanya itu menjadi salah satu yang terbaik dan layak untuk dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa kelebihan dari BNC BRI yang pastinya sangat diimpikan oleh semua mahasiswa di indonesia.

  • Biaya Kuliah secara penuh selama 4 tahun atau 8 semester
  • Biaya untuk perlengkapan selama kuliah dan biaya pengembangan diri termasuk pelatihan
  • Tetap bebas menentukan masa depannya dengan memilih karir yang diinginkan setelah dinyatakan lulus kuliah
  • Mendapat referensi atau pertimbangan lebih ketika ingin menjadi bagian dari PT Bank Rakyat Indonesia

Universitas Penerima BNC

Bagi anda yang telah membaca dari awal pastinya sudah sangat penasaran dengan program BNC dari Bank BRI, apalagi bagi anda yang kebetulan juga berkuliah di universitas negeri. Berikut adalah beberapa daftar perguruan tinggi penerima program beasiswa nusantara cerdas dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero).

  • Universitas Indonesia (UI)
  • Universitas Brawijaya (UB)
  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Universitas Padjajaran (UNPAD)
  • Universitas Airlangga (UNAIR)
  • Institut Pertanian Bogor (IPB)
  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Universitas Negeri Semarang (UNNES)
  • Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  • Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
  • Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)
  • Universitas Negeri Makassar (UNM)
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya

Meski ada cukup banyak nama perguruan tinggi negeri yang masuk dalam daftar penerima program beasiswa BNC namun sayangnya semua baru berlaku untuk wilayah di pulau jawa saja, jadi bagi anda yang berkuliah di luar jawa maka harap bersabar karna mungkin saja PT Bank Rakyat Indonesia bisa semakin memperluas cakupannya hingga seluruh pulau di Indonesia terlebih program BNC sendiri sedari awal memang bertujuan bagi seluruh mahasiswa di wilayah terpencil.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa S1 Luar Negeri Full 2022 Tanpa Toefl

Bagi anda yang tak sabar untuk mengikuti program beasiswa dari Bank BRI atau mendaftarkan diri dalam proses seleksi beasiswa tersebut maka persiapkan lah diri anda karna BNC selalu dibuka ketika memasuki akhir tahun atau saat memasuki tahun ajaran baru, itu artinya beasiswa ini akan kembali membuka pendaftarannya pada pertengahan dan akhir tahun sama seperti tahun – tahun sebelumnya.

Itulah beberapa informasi mengenai Beasiswa BRI 2022-2023 yang sangat penting untuk diketahui, bagi anda yang penasaran dengan informasi lainnya maka bisa langsung mengunjungi laman resmi dari kemendikbud melalui link https://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/

Pastikan anda telah menyiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan agar nantinya sudah langsung siap untuk mendaftar ketika program BNC kembali dibuka, tetap semangan, selamat mencoba dan semoga beruntung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.