Beasiswa Pertamina Untuk SMP

Cara Mendapatkan Beasiswa Pertamina Untuk SMP

Pertamina merupakan salah satu perusahaan yang membuat program beasiswa kepada ribuan pelajar di seluruh Indonesia, tak tanggung – tanggung besaran biaya yang diberikan pun terbilang sangat fantastis dan tak mengherankan bila dampak positifnya pun sangat bisa dirasakan oleh para pelajar. Menariknya, tidak seperti program beasiswa lainnya yang hanya berfokus pada jenjang pendidikan tinggi saja namun Beasiswa Pertamina juga diberikan menyeluruh hingga ke tingkat SMP.

Setiap tahunnya, semua cabang Pertamina di setiap daerah di Indonesia selalu melakukan sosialisasi terhadap program beasiswa yang satu ini dengan harapan agar anak – anak dari kalangan pelajar bisa turut mendapatkan manfaatnya. Namun tentunya pertamina juga tidak memberikan beasiswa begitu saja, Perusahaan BUMN itu juga turut menetapkan adanya proses seleksi yang cukup ketat untuk menyaring para calon penerimanya dengan seadil mungkin.

Bagi anda yang tertarik mencoba beasiswa pertamina untuk SMP, pastikan simak dengan baik – baik informasi dalam artikel kali ini.

Apa Itu Beasiswa Pertamina?

Seperti yang sudah disebutkan sekilas di atas, Beasiswa Pertamina adalah sebuah program pemberian bantuan dana pendidikan kepada seluruh peserta didik yang memenuhi persyaratan yang berlaku. Pengelolaannya pun dilakukan secara mandiri oleh pihak Pertamina itu sendiri yang biasanya pengumuman akan diberikan secara tertutup atau hanya bisa diakses melalui laman resminya saja.

Bagi semua pendaftar yang berhasil lolos dalam seluruh tahapan seleksinya maka akan disebut sebagai Anak Pertamina dan berhak untuk mendapatkan pendidikan dengan gratis. Adapun beberapa keunggulan yang ditawarkan dari Beasiswa Pertamina meliputi pemberian pendidikan bagi siswa kurang mampu, meningkatkan kualitas pendidikan, serta memacu siswa untuk bisa mendapatkan nilai lebih tinggi. Lebih jauh lagi, pertamina juga berharap agar program beasiswanya dapat menstimulasikan kepedulian anak muda terhadap lingkungan melalui pelatihan.

Beasiswa Bergengsi  Syarat Beasiswa S3 Dalam Negeri Tanpa TOEFL

Salah satu beasiswa Pertamina untuk SMP yang bisa anda ikuti adalah Beasiswa Sobat Bumi yang sedari awal memang ditujukan untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang peduli terhadap lingkungan, serta untuk melestarikan dan menjadi pelopor program bumi hijau. Tidak hanya itu saja, kerjasama antara Pertamina dengan beberapa lembaga pendidikan pun diharapkan nantinya bisa mewujudkan kualitas pendidikan yang lebih baik lagi.

Cara Mendapatkan Beasiswa Pertamina Untuk SMP

Agar bisa mendapatkan beasiswa Pertamina untuk SMP, maka anda perlu mengetahui caranya dan berikut adalah beberapa tahapan yang wajib anda lalui.

Pastikan Sekolah Terdaftar Sebagai Penerima Beasiswa

Jauh sebelum anda melakukan pendaftaran, pastikan bahwa sekolah atau SMP tempa anda belajar saat ini telah masuk dalam daftar penerima beasiswa Pertamina. Untuk mengetahuinya, anda bisa langsung mengunjungi situs resmi pertamina atau melalui tautan pada program beasiswa pertamina yang mencantumkan daftar sekolah mana saja yang masuk dalam kategori penerima beasiswa ini. Biasanya, dalam informasi tersebut juga disertai dengan berbagai persyaratan umum yang wajib dipenuhi oleh semua pendaftar.

Lengkapi Persyaratannya

Setelah anda memastikan dengan benar sekolah tersebut masuk dalam daftar penerima beasiswa, maka selanjutnya anda bisa mulai melengkapi apa saja persyaratan yang dibutuhkan dan berikut di antaranya.

  • Warga Negara Indonesia
  • Berstatus aktif sebagai Siswa SMP yang terdaftar sebagai mitra Pertamina Foundation
  • Tidak sedang mendapatkan beasiswa lainnya
  • Memiliki nilai rapor yang baik dalam 2 semester terakhir
  • Berkelakuan baik dan tidak pernah terlibat dalam kasus criminal
  • Memiliki kecintaan pada lingkungan
  • Bisa mengontrol emosi dan bersosialisasi terhadap lingkungan dengan baik
  • Memiliki komitmen untuk meningkatkan sinergi kelestarian lingkungan hidup

Mengisi Dokumen Pendaftaran

Setelah semua langkah di atas telah anda lakukan, selanjutnya pastikan anda juga mengisi dokumen pendaftaran beasiswa sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Adapun beberapa dokumen yang perlu anda penuhi seperti mengisi formulir secara online di situs resmi program beasiswa pertamina, melampirkan identitas pribadi yang meliputi Akte Kelahiran, KK dan Kartu Pelajar, serta nilai rapor sekolah.

Beasiswa Bergengsi  Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Namun ada juga beberapa program khusus yang wajib menyertakan SKCK dan berbagai surat rekomendasi dari organisasi lingkungan sebagai persyaratan dokumen penunjangnya. Tidak hanya itu saja, para calon penerima beasiswa Sobat Bumi juga diwajibkan untuk membuat essay dengan tema lingkungan hidup yang ditulis sendiri dan tidak boleh plagiat.

Jenis Beasiswa Pertamina

Pada dasarnya, Pertamina juga tidak hanya menyediakan beasiswa Sobat Bumi saja yang diperuntukkan bagi kalangan pelajar, namun masih ada banyak jenis beasiswa lainnya yang tersedia dan berikut adalah di antaranya.

Beasiswa Sobat Bumi

Secara pasti, beasiswa sobat bumi memang ditujukan untuk memberikan bantuan uang pada semua penerimanya, namun di luar dari itu program beasiswa yang satu ini juga turut mengajak seluruh penerimanya untuk bisa berpartisipasi dalam acara peduli lingkungan yang diselenggarakan oleh pertamina, yakni Aksi Sobat Bumi.

Beasiswa Peduli

Khusus bagi pelajar yang menyandang disabilitas maka Pertamina juga turut memberikan sumbangsihnya dengan menawarkan program beasiswa Peduli, di mana pada program beasiswa ini setiap penerimanya tidak perlu melalui tahapan seleksi seperti pada program beasiswa lainnya karna Pertamina sendiri yang akan mengumpulkan data melalui rekomendasi dari pihak sekolah, dinas, atau pihak berwenang lainnya.

Beasiswa Afirmasi

Yang satu ini merupakan program beasiswa dengan tunjangan pendidikan khusus bagi pelajar di kalangan SLTA / SMA hingga jenjang Sarjana yang berlokasi di daerah operasi Pertamina, meliputi Rokan, Balikpapan, Tuban, dan Karawang. Adapun program beasiswa afirmasi sendiri terbagi dalam empat sub area, yakni beasiswa afirmasi daerah operasi, beasiswa pertamina inspirasi Indonesia timur (IIT), beasiswa khusus Sumbawa, beasiswa bakat / seni / profesi.

Beasiswa Vokasi

Sesuai namanya, program beasiswa ini akan diberikan kepada mahasiswa di tingkat diploma yang berasal dari perguruan tinggi yang telah bekerja sama dengan pihak Pertamina sebagai bentuk apresiasi kepada pemilik talenta dengan semua kreatifitas yang dimiliki dalam bidangnya masing – masing.

Beasiswa Bergengsi  Daftar Beasiswa Luar Negeri Tahun 2022

Benefit Beasiswa Pertamina

Seperti halnya program beasiswa pada umumnya, Beasiswa Pertamina juga menawarkan sejumlah benefit bagi semua pesertanya dan berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh semua penerimanya.

Beasiswa Sobat Bumi

  • Pembiayaan UKT, praktikum, buku, dan biaya pembinaan mahasiswa dengan total bantuan mencapai Rp 5 juta per semester
  • Biaya hidup mencapai Rp 500 ribu per bulan
  • Kegiatan Aksi dalam tema Gathering Sobat Bumi atau yang lainnya
  • Pelatihan pengembangan diri

Beasiswa Peduli

  • Pemberian perangkat atau pengobatan dan terapi
  • Pemberian biaya hidup
  • Dana pengembangan pendidikan melalui sekolah

Beasiswa Vokasi

  • Biaya pendidikan dan biaya hidup selama menjalani masa pendidikan
  • Biaya Praktek Kerja tiap semester
  • Kegiatan Aksi berupa Gathering Sobat Bumi atau acara lainnya
  • Pelatihan pengembangan diri

Itulah beberapa informasi tentang beasiswa pertamina untuk smp, sma, hingga jenjang sarjana yang wajib anda ketahui, pastikan anda bisa memenuhi seluruh persyaratan yang sudah ditetapkan. Semoga informasi tentang beasiswa pertamina kali ini bisa bermanfaat, selamat mencoba.