Rekomendasi Beasiswa S2 – S3 Luar Negeri 2023, Tanpa Batas Usia

Memasuki akhir tahun, sejumlah program beasiswa mulai membuka pendaftarannya termasuk untuk beasiswa S2 dan S3 yang juga turut memberikan peluang kepada siapa saja untuk dapat meneruskan pendidikannya bahkan hingga ke luar negeri.

Manfaat yang diberikan pada tiap program beasiswa juga berbeda – beda tergantung dari pihak penyelenggara program tersebut, mulai dari beasiswa parsial / sebagian hingga beasiswa penuh yang mencakup biaya hidup pun tersaji pada masing – masing beasiswa yang ada.

Nah, bagi anda yang saat ini sedang memimpikan untuk bisa kuliah gratis ke luar negeri, berikut adalah rekomendasi beasiswa S2 – S3 yang bisa anda ikuti, beberapa di antaranya bahkan tanpa adanya batasan usia juga loh.

Beasiswa S2 – S3 Luar Negeri 2023

Australia Awards Scholarship (AAS)

Yang satu ini merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Australia sebagai bentuk kontribusi membangunan negara – negara yang bermitra dalam perjanjian bilateral dan regional. Adapun tujuan dari program Australia Awards Scholarship (AAS) adalah untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan setiap peserta didik dalam mendorong perubahan agar kelak bisa berkontribusi terhadap pembangunan negaranya masing – masing. Dalam program ini, penerima beasiswa akan mendapat kesempatan untuk melakukan studi, penelitian, serta pengembangan profesi di Australia.

Adapun sejumlah benefit yang bisa didapatkan dalam beasiswa ini meliputi:

  • Biaya kuliah penuh
  • Tiket pesawat keberangkatan dan kepulangan studi
  • Biaya akomodasi, buku tulis, materi kuliah, biaya hidup, biaya kesehatan, dan biaya kursus bahasa Inggris
  • Dukungan akademis dan tugas lapangan.
Beasiswa Bergengsi  Kriteria Penerima Beasiswa JFL ( Jabar Future Leaders ) Schoolarships

Bagi anda yang berminat maka bisa langsung mengunjungi laman resminya di https://www.dfat.gov.au/people-to-people/australia-awards/australia-awards-scholarships, sedangkan untuk periode pendaftarannya sendiri berlangsung sekitar bulan Februari hingga April 2023.

Fulbright Scholarship

Melalui AMINEF Indonesia, pemerintah Amerika Serikat juga rutin mengadakan program beasiswa pendidikan bagi mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang S2 – S3 di negara tersebut. Program bertajuk Fulbright Scholarship ini ditujukan khusus bagi mahasiswa internasional dengan banyak jurusan (kecuali kedokteran dan perawatan).

Adapun keuntungan yang bisa didapatkan dari program beasiswa ini antara lain:

  • Dukungan visa J-1
  • Tiket pesawat pulang pergi (PP)
  • Biaya kuliah, asuransi kecelakaan dan kesehatan, serta biaya hidup.

Sementara untuk persyaratan dokumen yang dibutuhkan dalam proses pengajuan beasiswa meliputi:

  • Formulir aplikasi yang diisi lengkap beserta proposal penelitian
  • Fotokopi sertifikat TOEFL ITP / IELTS yang masih berlaku atau kurang dari dua tahun
  • Surat referensi dari pemberi kerja dan dosen universitas sebelumnya
  • Fotokopi transkrip nilai studi dan ijazah dalam bahasa Indonesia dan Inggris
  • Fotokopi dokumen identitas diri dan CV.

Bagi anda yang tertarik maka bisa langsung mengakses laman https://www.aminef.or.id/grants-for-indonesians/fulbright-programs/scholarship/, untuk batas waktu pendaftarannya hingga 15 februari 2023.

Chevening Scholarship

Program beasiswa yang satu ini diadakan oleh Pemerintah Inggris dan ditujukan bagi para lulusan S1 yang ingin melanjutkan pendidikan S2 di negara tersebut, ini merupakan salah satu program yang cukup populer karena akan membiayai seluruh kebutuhan selama masa perkuliahan di Inggris. Tak heran jika Chevening Scholarship juga disebut – sebut sebagai akses untuk meraih jaringan eksekutif serta kesempatan menjelajahi budaya Inggris yang beragam, termasuk jembatan menuju karir yang sukses.

Beberapa keuntungan yang diberikan dari beasiswa ini antara lain:

  • Biaya kuliah penuh
  • Tiket pesawat pulang pergi (PP)
  • Biaya hidup, tunjangan kedatangan, dan biaya visa.
Beasiswa Bergengsi  Contoh Motivation Letter Beasiswa

Bagi anda yang tertarik untuk mencobanya, langsung saja kunjungi laman resminya di https://www.chevening.org/scholarship/indonesia/. Adapun batas waktu pendaftaran beasiswa Chevening 2023 baru akan berakhir pada 1 novermber 2022 mendatang.

EPOS – DAAD

Ini merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Jerman dan menjadi hasil kerja sama dengan organisasi pendidikan tinggi di Jerman, beasiswa ini diperuntukkan bagi para lulusan S1 yang ingin melanjutkan studi S2 – S3 di negara tersebut.

Adapun sejumlah manfaat yang diberikan dalam beasiswa ini antara lain:

  • Biaya pendidikan
  • Tiket pesawat pulang pergi (PP)
  • Biaya asuransi, biaya kursus bahasa asing, dan uang saku bulanan.

Untuk info lebih lanjut, anda dapat menghubungi laman resminya melalui link https://www.daad.id/en/find-funding/daad-scholarships-for-indonesia/, sementara untuk periode pendaftarannya sendiri dibuka pada bulan Juni hingga Oktober 2023.

SISGP – Swish

Swedish Institute Scholarship merupakan program beasiswa yang didanai oleh pemerintah Swedia dan ditujukan bagi mahasiswa Internasional yang ingin melanjutkan program master degree pada semester musim gugur di negara tersebut. Ini merupakan program beasiswa baru yang dicanangkan oleh Pemerintah Swedia sebagai pengganti dari program beasiswa Swedish Institute Study Scholarship pendahulunya.

Adapun cakupan beasiswanya meliputi:

  • Biaya kuliah penuh
  • Biaya hidup selama kuliah, asuransi kesehatan dan kecelakaan, serta tiket pesawat pulang pergi (PP).

Bagi anda yang tertarik untuk mencobanya maka pastikan anda segera mendaftarkan diri melalui link https://si.se/en/apply/scholarships/swedish-institute-scholarships-for-global-professionals/ sebelum januari 2023.

GIST Scholarship

Di kawasan asia ada program beasiswa Gwangju Institute of Technology (GIST) yang diadakan bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di Korea Selatan. Adapun cakupan beasiswanya meliputi:

  • Biaya kuliah sebesar 3.415.000 won per semester atau sekitar Rp 36 jutaan
  • Biaya martikulasi sebesar 680.000 won sebanyak 1 kali atau sekitar Rp 7 jutaan
  • Tunjangan 140 ribu won per bulan atau sekitar Rp 1.4 jutaan untuk program S2 dan 295 ribu won atau sekitar Rp 3 jutaan khusus untuk program S3
  • Biaya makan sekitar 100 ribu won per bulan atau sekitar Rp 1 juta
  • Tunjangan mahasiswa internasional sebesar 120 ribu won per bulan atau sekitar Rp 1.2 juta
  • Biaya penelitian S2 sebesar 5 jutaan won per tahun atau sekitar Rp 58 juta dan 12 jutaan won atau sekitar Rp 133 juta khusus untuk S3
  • Biaya tempat tinggal, asuransi kesehatan, dan tiket pesawat PP.
Beasiswa Bergengsi  United Tractors Buka Pendaftaran Beasiswa Semester 3 - 5

Bagi anda yang tertarik untuk mencobanya maka langsung saja daftarkan diri anda di https://www.gist.ac.kr/iadm/html/sub04/0401.html karena periode pendaftaran akan berakhir di bulan oktober ini.

KAUST Fellowship

Yang satu ini merupakan program beasiswa khusus untuk mahasiswa internasional di jenjang pendidikan S2 dan S3 yang diadakan oleh kampus terkemuka di Arab Saudi, yakni King Abdullah University of Science & Technologi. Adapun beberapa keuntungan yang diberikan dalam beasiswa ini meliputi:

  • Biaya kuliah penuh
  • Tunjangan hidup sebesar USD 20 ribu hingga USD 30 ribu per tahun
  • Asrama kampus dan biaya kesehatan.

Bagi anda yang tertarik silakan kunjungi laman resminya di https://admissions.kaust.edu.sa/phd-fellowship.html, adapun untuk periode pendaftarannya sendiri akan berlangsung hingga tanggal 7 januari 2023 mendatang.

Demikian lah beberapa rekomendasi program beasiswa yang mulai membuka pendaftarannya di akhir tahun 2022 ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.