Cara Dapat Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Cara Dapat Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Tidak sedikit dari kalangan siswa Sekolah menengah yang mulai tertarik untuk bisa menjalani pendidikan perguruan tingginya di luar negeri, namun sayangnya biaya yang tidak murah seringkali menggagalkan impian tersebut yang seharusnya merupakan niatan baik dan lazimnya bisa dilakukan.

Untuk alasan itulah maka beasiswa S1 menjadi salah satu cara terbaik yang bisa diambil demi terwujudnya impian tersebut, namun untuk bisa mendapatkannya bukan lah hal yang mudah karna tidak hanya syarat – syarat yang ditetapkan juga persaingan antar pendaftar yang begitu banyak sehingga membuat peluang untuk bisa mendapatkannya pun cukup sulit.

Ibarat seperti sebuah tantangan, untuk bisa lolos pada seleksi beasiswa kuliah di luar negeri memang tidak lah mudah, anda harus mau bekerja keras agar bisa memenangkan persaingan dengan ratusan atau bahkan ribuan pendaftar lainnya.

Hal inilah yang juga terkadang membuat sebagian siswa malah mengurungkan niatnya padahal belum mencoba sama sekali, maka dari itu mengetahui beberapa trik dan cara dapat beasiswa kuliah di luar negeri mungkin menjadi suatu keharusan yang bertujuan agar anda bisa lebih siap untuk melalui persaingan sengit dalam proses seleksinya.

Cara Dapat Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Nah bagi anda yang tertarik dan saat ini sedang mencari informasi serta cara dapat beasiswa kuliah di luar negeri, berikut kami sajikan beberapa hal yang akan cukup membantu anda untuk lolos dalam seleksi beasiswa kuliah di luar negeri yang bisa anda coba seperti berikut ini.

Punya Prestasi Akademik

Sudah semestinya memang bahwa prestasi akademik merupakan salah satu modal paling penting yang bisa membawa anda untuk bisa berkuliah di luar negeri menggunakan beasiswa, hal ini bisa anda lihat sendiri dari standar kualifikasi yang menjadi syarat bagi banyak program beasiswa kuliah ke luar negeri yang bertebaran saat ini, umumnya semua mengharuskan para pendaftarnya untuk bisa menunjukkan prestasi akademik yang telah dicapainya.

Beasiswa Bergengsi  Siap Berikan Beasiswa, BAZNAS Buat Skema Untuk Mahasiswa Unissula

Maka dari itu, mempersiapkan sejak dini menjadi hal yang paling tepat untuk dilakukan, anda bisa mulai memperbaiki prestasi akademik sejak memasuki jenjang pendidikan SMA atau SMK agar nantinya anda akan memperoleh prestasi yang bagus pula dan berpeluang lebih besar untuk bisa lolos seleksi beasiswa kuliah di luar negeri yang anda inginkan. Adapun prestasi akademik yang dimaksud di sini bisa anda raih dengan berbagai cara, bisa dari nilai raport di kelas atau bisa juga dari prestasi anda di kejuaraan akademik baik cerdas cermat maupun olimpiade.

Menggali Informasi dari Lembaga Terkait

Di saat anda masih berada di bangku sekolah pastinya anda akan menemukan beberapa instansi atau lembaga pendidikan yang juga turut menjadi penyelenggara tes seleksi beasiswa kuliah di luar negeri, anda bisa memanfaatkan tempat – tempat tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai beasiswa yang anda inginkan. Selain itu, anda juga bisa bertanya langsung pada guru, teman, orang tua, atau pihak sekolah mengenai program beasiswa kuliah di luar negeri yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat.

Cara seperti ini mungkin seringkali disepelekan apalagi jika pemberi informasi adalah pihak sekolah itu sendiri, namun ketahuilah bahwa dengan melakukan riset secara langsung pada lembaga terkait maka anda akan mendapatkan informasi langsung dari sumbernya bahkan tak menutup kemungkinan juga akan datang berbagai informasi pendukung lainnya seperti jurusan, kualifikasi, hingga kisi – kisi dari tes yang diadakan nantinya. Maka dari itu, jangan pernah ragu untuk melakukan riset secara langsung karna itulah yang akan membawa anda pada peluang yang lebih besar lolos dalam seleksi beasiswa kuliah luar negeri yang anda inginkan selama ini.

Beasiswa Bergengsi  Inilah Pilihan Beasiswa S2 Dalam Negeri Yang Bisa Kalian Dapatkan

Persiapkan Surat Rekomendasi

Yang satu ini mungkin masih jarang terpikirkan oleh para calon peserta apalagi jika anda baru menginjak bangku sekolah menengah yang mungkin saja berbagai hal mengenai beasiswa kuliah masih terbilang cukup jauh dari jangkuan anda, namun ketahuilah bahwa salah satu syarat yang umum ditetapkan pada semua jenis program beasiswa adalah surat rekomendasi.

Berkas inilah yang selama ini memang selalu diminta pada semua jenis beasiswa yang ada sejak dulu sampai sekarang, surat rekomendasi juga dinilai sangat penting karna dari surat inilah maka anda bisa terlihat apakah layak untuk mendapatkan beasiswa nantinya atau tidak.

Adapun untuk surat rekomendasi itu sendiri bisa anda minta langsung pada pihak sekolah baik dari guru, pemibiming ekstrakulikuler, atau pun wali murid.

Belajar Bahasa Asing

Karna anda akan kuliah di luar negeri maka sudah pasti bahasa inggris lah yang nantinya akan selalu anda gunakan dalam keseharian anda, baik pada saat menjalani kehidupan sosial di sana atau ketika mendapat pembelajaran di dalam kelasnya.

Dengan begitu maka sudah dapat dipastikan bahwa bahasa asing merupakan syarat wajib yang harus anda kuasai jika anda ingin mendaftar pada program beasiswa kuliah di luar negeri, salah satu yang paling penting adalah bahasa inggris. Bahasa nomor satu yang selalu digunakan secara global itu pastinya akan sangat anda butuhkan dan selalu digunakan setiap harinya, maka dari itu belajar lah lebih baik lagi tentang bahasa inggris itu sendiri.

Tidak hanya sekedar belajar sendiri saja, anda pun juga harus bisa lolos dalam tes TOEFL dan IELTS yang selama ini memang menjadi standarisasi proses seleksi program beasiswa kuliah ke luar negeri. Kabar baiknya adalah saat ini sudah banyak lembaga pendidikan bahasa yang juga tidak hanya bisa memberikan pelajaran pada semua peserta didiknya saja, akan tetapi juga sekaligus menyelenggarakan tes kemampuan bahasa inggris itu sendiri. Sebagai acuan, nilai rata – rata untuk bisa lolos seleksi program beasiswa kuliah di luar negeri biasanya adalah di atas 550 untuk TOEFL serta 6.5 untuk IELTS.

Beasiswa Bergengsi  Universitas Luar Negeri Yang Menyediakan Beasiswa Full

Membuat Essay dan Motivation Letter

Dalam proses seleksi penerimaan peserta beasiswa kuliah di luar negeri, anda juga diwajibkan untuk bisa membuat essay dan motivation letter anda sendiri sebagai syarat untuk bisa mengikuti proses seleksinya. Sebagaimana diketahui, motivation letter merupakan gambaran atau ungkapan yang menjadi alasan anda untuk mengikuti program beasiswa yang anda inginkan.

Sedangkan essay itu sendiri merupakan tulisan yang nantinya harus anda kerjakan sesuai dengan tema yang diberikan pada proses seleksi, jadi pastikan lah anda sudah terbiasa belajar membuat essay sendiri agar nantinya bisa mengerjakannya dengan mudah ketika anda sudah benar-benar sedang berada dalam tahapan seleksi tersebut.

Itulah beberapa kiat dan cara dapat beasiswa kuliah di luar negeri yang wajib anda ketahui, anda bisa mengikuti beberapa cara di atas untuk bisa memperbesar peluang anda diterima pada program beasiswa tersebut. Semakin anda siap maka semakin besar pula peluang anda, maka dari itu mulailah persiapkan semuanya dari sekarang. Selamat mencoba.