Contoh Motivation Letter Beasiswa

Motivation letter di Indonesia umum dibuat sebagai syarat administrasi pengajuan dalam mengikuti seleksi suatu program beasiswa. Akan tetapi bisa juga ditujukan sebagai pelengkap pada surat lamaran kerja. Bagi anda yang saat ini ingin membuat motivation letter dengan tujuan untuk mendapatkan beasiswa maka bisa melihat contoh yang ada di bawah ini sebagai bahan referensi anda.

Apa Itu Motivation Letter?

Motivation letter menurut  International Hellenic University merupakan surat pengantar yang menyertai dokumen lainnya dalam kesatuan surat tersebut, biasanya dalam bentuk daftar riwayat hidup atau CV. Sedangkan menurut Edunation, motivation letter adalah sebuah surat yang menjelaskan alasan mengapa anda layak untuk bisa menjadi kandidat yang tepat dalam suatu program, seperti halnya pada program beasiswa.

Adapun bentuk motivation letter pada dasarnya merupakan esai yang berisi uraian mengenai kelebihan dan tujuan hidup yang anda miliki selama ini, tak mengherankan bila di dalamnya pun turut menceritakan jati diri anda atau siapa penulis dari motivation letter tersebut.

Tujuannya agar nantinya surat tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan lebih bagi tim yang melakukan seleksi, apakah anda layak untuk lolos ke tahap seleksi berikutnya atau tidak. Jadi, bila anda saat ini sedang berjuang untuk meraih beasiswa atau sekedar tengah memimpikan untuk bisa meraihnya, maka sebaiknya mulai lah untuk mencoba sendiri menyusun motivation letter versi anda.

Contoh Motivation Letter Beasiswa

Agar anda tidak bingung atau kesulitan dalam menyusun motivation letter yang baik dan benar, maka simak dengan baik beberapa contoh motivation letter beasiswa yang bisa dijadikan referensi seperti berikut ini.

Contoh Motivation Letter 1

Yth. Panitia Penyelenggara Program Beasiswa Ilmu Pendidikan.

Beasiswa Bergengsi  Kriteria Penerima Beasiswa JFL ( Jabar Future Leaders ) Schoolarships

Sejak kecil saya selalu diajarkan untuk dapat menolong sesama. Bukan dalam bentuk materi saja tetapi juga dalam bentuk ilmu yang bisa membantu semuanya untuk mendapatkan hidup yang lebih baik.

Dengan kesungguhan hati dan bekal ilmu yang saya peroleh semasa sekolah dulu, saya bersungguh – sungguh ingin menjemput kesempatan menjadi salah satu penerima beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Kemendikbud).

Saya, Eka Susilo. Menulis surat ini sebagai bentuk ketertarikan saya terhadap Program Beasiswa Ilmu Pendidikan yang sedang diadakan oleh Kemendikbud. Saat ini saya baru saja menyelesaikan studi di SMA Negeri 1 Kudus di jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam).

Sembari menunggu proses penerimaan beasiswa, saya juga turut bergabung ke dalam organisasi non profit yang berfokus pada pendidikan bagi warga di wilayah terpencil. Minat saya terhadap dunia pendidikan sangat lah tinggi, dengan besar harapan agar semua warga masyarakat terpencil bisa turut mendapatkan pendidikan yang layak.

Saya meyakini dengan sepenuh hati bahwa dengan adanya pendidikan yang baik maka dapat membantu meningkatkan taraf kehidupan masyarakat banyak pada nantinya, terutama bagi masyarakat di wilayah terpencil yang selama ini cukup sulit untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Ilmu yang saya dapatkan selama duduk di bangku SMA pastinya tidak lah cukup untuk hanya saya simpan sendiri atau sekedar saya tuangkan dalam bentuk tulisan. Maka dari itu saya ingin sekali untuk bisa mempraktekannya langsung atau mengamalkan ilmu tersebut. Salah satu langkah yang saya ambil untuk mewujudkannya adalah dengan bergabung ke Organisasi saat ini, sehingga saya bisa memiliki kesempatan untuk dapat mengamalkan ilmu tersebut secara langsung sekaligus juga bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Pendidikan Profesi Guru Segera Dibuka, Kemenag dan LPDP Siapkan 10.000 Kuota

Dalam kegiatan itu lah saya berinteraksi dengan para pendidik lainnya yang berasal dari berbagai wilayah termasuk mereka yang datang dari luar negeri. Saya mahir dalam berbahasa Inggris dan Rusia, sehingga saya yakin bahwa keterampilan ini bisa saya praktekan langsung nantinya ketika berkomunikasi dengan mereka.

Interaksi tersebut kemudian menginspirasi saya untuk bisa berkuliah keluar negeri di jurusan Ilmu Pendidikan, harapannya agar bisa turut mencoba belajar ilmu pendidikan di negara lain untuk kemudian saya coba terapkan di Indonesia.

Demi mewujudkan cita – cita tersebut, maka saya sangat ingin berkuliah di Ilmu Pendidikan di Universitas X yang berada di Negara XX. Apabila nantinya saya bisa terpilih menjadi penerima beasiswa maka saya ingin bisa membangun fasilitas pendidikan sendiri yang lebih baik di Indonesia.

Demikian surat motivasi yang saya buat, sangat besar harapan bagi saya untuk bisa kuliah dengan program beasiswa yang telah disediakan. Apabila ada dokumen lain yang diperlukan atau diskusi lanjutan lainnya, Bapak / Ibu dapat menghubungi saya melalui kontak yang tercantum di dalam CV.

Salam hangat,

 

Eka Susilo

 

Contoh Motivation Letter 2

Yth. Panitia Penyelenggara Program Beasiswa X

Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Sejak kecil, saya selalu meyakini bahwa kesempatan tidak pernah datang begitu saja. Kesempatan tetap harus dijemput dengan berbagai langkah yang berani dan hati yang siap. Berbekal keberanian dan kesiapan hati inilah, saya ingin menjemput kesempatan untuk bisa meraih beasiswa dari Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Saya, Vidi Aldianto, menulis surat motivasi ini sebagai sarana dalam mengekspresikan ketertarikan saya pada program beasiswa yang dibuat oleh Kementerian. Saya baru saja menyelesaikan pendidikan di jenjang Strata 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran.

Beasiswa Bergengsi  Finland Scholarship 2023, Beasiswa Kuliah S2 di Finlandia 2023

Sejak hari pertama kuliah, saya menyadari bahwa ada begitu banyak hal yang perlu dibangkitkan dari perekonomian tanah air. Oleh sebab itu lah, saya berusaha untuk terus menggali ilmu di bidang ekonomi demi satu tujuan utama yakni berkontribusi besar terhadap perkembangan perekonomian Indonesia.

Saya sangat yakin bahwa ilmu yang saat ini saya miliki masih jauh dari kata cukup, maka dari itu saya pun turut aktif mengikuti berbagai organisasi, seperti salah satunya adalah StudentCatalyst dan juga AIESEC. Melalui dua organisasi tersebut, saya mencoba menggali ilmu lebih dalam lagi mengenai ilmu ekonomi, bisnis, dan hubungan sosial.

Berbekal pengalaman tersebut, keinginan saya untuk bisa mengembangkan perekonomian di Indonesia pun menjadi semakin menggebu. Saya memiliki keinginan untuk bisa membangun pusat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Pusat UMKM inilah yang akan saya dirikan bersama dengan dua rekan saya nantinya untuk membantu pendanaan dan publikasi UMKM. Harapannya adalah agar masyarakat Indonesia bisa semakin tertarik untuk membeli dan mendukung UMKM di tanah air.

Saya selalu berusaha untuk dapat menyempurnakan usaha tersebut, salah satunya adalah dengan memperdalam ilmu saya di bidang ekonomi. Maka dari itu saya sangat ingin bisa melanjutkan studi Magister Ilmu Ekonomi di Universitas Padjajaran.

Oleh sebab itu, saya berharap besar agar Kementerian Riset dan Teknologi Indonesia mau memberikan saya kesempatan meraih beasiswa yang disediakan. Apabila nantinya saya terpilih menjadi penerima beasiswa maka saya bisa mengembangkan usaha tersebut dan mendukung UMKM di Indonesia.

Demikian surat motivasi ini saya buat, atas perhatian dan kesempatan yang diberikan saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

 

Vidi Aldianto

https://www beasiswasarjana com/1699/contoh-motivation-letter-beasiswa/ -Contoh motivation letter untuk beasiswa S1 -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *