Kabar baik bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke Eropa, khususnya Swiss, karena anda bisa memanfaatkan program Excellence Scholarship and Opportunity Program (ESOP) yang akan segera dibuka. Ini merupakan program beasiswa yang diperuntukkan bagi semua mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang magister (S2) di ETH Zurich, tepatnya di tahun akademik 2024/2025 mendatang.

Sebagaimana diketahui, ETH Zurich sendiri tercatat memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik, bahkan sempat berada di peringkat ke-7 sebagai kampus terbaik versi QS WUR 2024. Adapun sejumlah program studi yang populer di kampus ini antara lain arsitektur, biologi, teknik, matematika, dan ilmu komputer.

Dalam program beasiswa ESOP, nantinya para penerima beasiswa bisa mendapatkan bantuan berupa biaya kuliah penuh termasuk dengan biaya hidup yang ditanggung selama periode beasiswa berlangsung atau hingga kelulusan dari ETH Zurich. Adapun untuk masa pendidikannya sendiri akan berlangsung selama 3 hingga 4 semester saja, menarik bukan?

Benefit Beasiswa

Sebagaimana yang telah disinggung di atas, para penerima beasiswa ESOP nantinya berhak untuk mendapatkan bantuan berupa biaya kuliah penuh termasuk biaya hidup mencapai 12.000 franc swiss atau jika dirupiahkan menjadi sekitar Rp 209.000.000 yang diberikan tiap semester. Ini menjadi jumlah yang cukup untuk memenuhi biaya pendidikan sekaligus biaya hidup anda selama di Swiss.

Persyaratan Umum

Mengacu pada gelaran di tahun – tahun sebelumnya, berikut ini adalah beberapa persyaratan umum untuk mendaftar program beasiswa ESOP di ETH Zurich:

  • Mahasiswa Internasional dari berbagai negara di luar Swiss (termasuk Indonesia)
  • Telah menyelesaikan studi jenjang strata 1 / sarjana
  • Memiliki catatan akademik yang baik pada jenjang pendidikan sebelumnya
  • Siap mengikuti seluruh tahapan seleksi
  • Tidak diperkenankan bagi yang sudah terdaftar sebelumnya di program master ETH Zurich

Persyaratan Dokumen

Selain persyaratan di atas, sejumlah dokumen juga perlu dipersiapkan sebagai syarat pendukung aplikasi pengajuan anda, berikut di antaranya:

  • Mengisi application form secara online
  • Mengunggah curriculum vitae (CV) dengan menyertakan nomor telepon aktif / bisa dihubungi)
  • Pra-proposal untuk tesis magister dan siap menjalani uji plagiarisme
  • Memiliki dua referensi (dari atasan tempat bekerja saat ini dan dosen pembimbing skripsi di jenjang pendidikan sebelumnya)

Demikian lah tadi info beasiswa kuliah S2 ke Swiss melalui program beasiswa ESOP 2024. Pastikan untuk segera mempersiapkan diri anda karena pendaftaran seleksi program ESOP akan dimulai pada tanggal 1 november – 15 desember 2023.

Untuk informasi selengkapnya bisa anda kunjungi laman resmi ETH Zurich di https://ethz.ch/students/en/studies/financial/scholarships/excellencescholarship.html. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment