Alasan Memilih Judul Skripsi

Alasan Memilih Judul Skripsi Untuk Menjawab Pertanyaan Dosen

Skripsi menjadi tugas akhir bagi mahasiswa di jenjang sarjana S1, ini merupakan gerbang terakhir yang harus dilalui oleh mahasiswa di semester akhir sebelum menuju pada kelulusan. Karena hal itulah maka skripsi tentunya tidak bisa dilakukan dengan asal – asalan, termasuk dengan alasan memilih judul skripsi.

Alasan Memilih Judul Skripsi

Bukan rahasia lagi jika para dosen baik itu dosen pembimbing maupun dosen penguji akan selalu menanyakan tentang alasan memilih judul skripsi, hal ini menjadi pertanyaan mendasar yang harus dijawab dengan baik oleh mahasiswa dan memiliki alasan akademik yang berbobot.

Jadi tidak boleh sembarangan dalam memilih judul skripsi, karena bagaimana pun juga mahasiswa sebagia akademisi harus lah memiliki alasan yang dapat dipertanggung jawabkan.

Nah, bagi anda yang saat ini akan menyusun skripsi maka berikut ini kami berikan beberapa tips dan alternatif jawaban yang bisa anda gunakan sebagai alasan memilih judul skripsi.

Berkaitan dengan Jurusan

Menjadi hal umum jika sesuatu yang berkaitan dengan jurusan kuliah yang diambil lantas dijadikan sebagai alasan menyusun skripsi, karena biasa selalu terdapat isu yang bisa diangkat sebagai topik utama pembuatan skripsi.

Tidak hanya menjadi jawaban yang sangat baik ketika ditanyai tentang alasan memilih judul skripsi, namun dengan mengangkat isu yang berkaitan dengan jurusan maka secara tidak langsung anda akan dinilai sebagai mahasiswa yang benar – benar mendalami jurusan kuliah yang anda ambil. Hal ini seolah menjadi perwujudan bahwa anda telah menemukan adanya permasalahan atau isu terkait dengan jurusan kuliah anda, itu juga dapat diartikan bahwa anda selama ini selalu menerapkan studi yang telah diambil dengan permasalahan yang ada di lingkungan kampus.

Beasiswa Bergengsi  Cara Mudah Buka Paypal, Platform Gaming Dan Semua Situs Yang di Blokir Kominfo

Mengangkat Topik Hangat

Alasan berikutnya yang tak kalah berbobotnya adalah dengan mengangkat topik hangat yang sedang berkembang untuk dijadikan sebagai judul skripsi, ini mungkin terdengar biasa namun dengan menjadikan isu yang sedang hangat sebagai judul skripsi maka anda akan dinilai sebagai mahasiswa yang kritis dan selalu peduli terhadap sesuatu yang ada di sekitar anda.

Namun perlu diketahui, untuk menjawab pertnyaan dosen menggunakan alasan ini maka sudah seharusnya bagi anda untuk turut menyertakan data – data pendukung yang memperkuat alasan tersebut.

Sebagai contoh, jika anda mengambil jurusan ilmu kesehatan atau jika anda merupakan mahasiswa kedokteran maka mengangkat topik mengenai penanganan pasien Covid-19, vaksin, dan hal yang berhubungan dengan pandemi maka ini bisa menjadi alasan yang cukup tepat mengingat isu mengenai covid memang masih terus bergulir hingga saat ini.

Topik yang Jarang Dijadikan Skripsi

Seolah menjadi hal umum bagi mahasiswa untuk melihat – lihat berbagai karya tulis skripsi ketika akan mulai menentukan judul maupun topik yang akan diangkat, kegiatan seperti ini juga biasanya dijadikan sebagai motivasi karena dengan melihat skripsi karya mahasiswa angkatan terdahulu maka biasanya mahasiswa akhir akan mudah terinspirasi untuk menentukan suatu tema skripsi.

Namun tak jarang pula beberapa mahasiswa yang justru menemukan adanya peluang baru untuk mengangkat topik yang justru belum pernah atau sangat jarang diangkat oleh skripsi lainnya, ini jelas menjadi suatu ide yang sangat brilian dan mampu menghadirkan hal baru yang tidak dijumpai sebelumnya.

Namun untuk mengangkat topik yang baru atau jarang digunakan pada skripsi lainnya mungkin anda akan bekerja lebih keras, terutama ketika mengumpulkan data dan fakta yang dibutuhkan. Tapi anda tak perlu khawatir karena biasanya jenis topik baru atau yang jarang diangkat dalam skripsi seperti ini akan mendapat dukungan lebih dari para dosen, jangan heran jika pada nantinya anda malah akan mendapat berbagai referensi dari dosen pembimbing anda.

Beasiswa Bergengsi  Daftar Situs Download eBook Gratis Lengkap Terbaik

Di sisi lain, menggunakan alasan ini juga akan memberikan penilaian tersendiri bagi dosen penguji karena bagaimana pun juga anda secara tak langsung telah memberikan terobosan baru yang sebelumnya jarang atau tidak pernah dilakukan oleh mahasiswa lainnya.

Temuan Masalah Saat Kerja Praktik

Isu yang sedang berkembang baik di lingkungan kampus atau lainnya memang terdengar menarik untuk diteliti dan dijadikan judul skripsi, namun yang satu ini mungkin akan menjadi hal yang jauh lebih berbobot karena anda telah melaluinya sendiri dan mencoba menjadikannya sebagai judul skripsi.

Secara tidak langsung, permasalahan yang anda temui ketika magang atau melakukan kerja praktik jelas bisa mengundang perhatian lebih dari dosen pembimbing maupun dosen penguji. Dengan kata lain, anda sebagai mahasiswa akhir yang mengangkat topik permasalahan tersebut akan dinilai lebih cekatan dan telah melalui kerja praktik dengan baik, karena anda telah sanggup menemukan masalah dan mengangkatnya sebagai topik serta judul skripsi anda.

Temuan Masalah Saat Penelitian

Tidak hanya saat anda melakukan kerja praktik atau magang, topik dan judul skripsi juga mungkin akan datang sendiri ketika anda memulai penelitian anda. Namun untuk menjadikannya sebagai alasan dalam skripsi anda, maka anda juga wajib menjelaskan tentang rumusan masalah yang diambil dengan lebih bertanggung jawab.

Meski terdengar berbeda dengan alasan – alasan di atas, namun cara ini justru akan memberikan poin plus bagi anda di mata para dosen penguji, karena secara tidak langsung anda akan dianggap lebih peka dengan berhasil menemukan masalah yang dihadapi serta sanggup mencari solusi atas kendala tersebut.

Itulah beberapa alasan memilih judul skripsi yang bisa anda gunakan ketika akan menyusun judul proposal atau saat mengerjakan skripsi itu sendiri. Semoga bermanfaat.

Beasiswa Bergengsi  Pengertian, Fungsi, dan Contoh Surat Pernyataan Tidak Menerima Beasiswa Dari Pihak Lain
https://www beasiswasarjana com/2609/alasan-memilih-judul-skripsi-untuk-menjawab-pertanyaan-dosen/ -

Leave a Reply

Your email address will not be published.