Daftar Situs Membuat Rangkuman Materi Beserta Tipsnya

Daftar Situs Membuat Rangkuman Materi Beserta Tipsnya

Salah satu fungsi ringkasan materi yakni membuat siswa tidak perlu membawa buku pelajaran yang cukup berat saat belajar di luar rumah. Anda dapat menggunakan internet, seperti situs penyedia pembelajaran untuk membuat rangkuman materi yang akan kami jelaskan dalam artikel ini. Jadi, meskipun belajar online, anda tetap bisa produktif dan bisa mendapatkan hasil memuaskan.

Apa Saja Daftar Situs Membuat Rangkuman Materi?

Selain di sekolah, anda bisa memanfaatkan waktu di rumah untuk belajar secara mandiri. Berikut ini rekomendasi website yang bisa membantu anda belajar online, termasuk mengkases dan membuat rangkuman materi dengan cepat.

Studiobelajar.com

Website pertama ini dapat membantu anda dalam belajar dengan materi yang diberikan oleh alumni Universitas Indonesia. Anda dapat mengaksesnya dalam bentuk website atau aplikasi di Play Store. Jika anda menggunakan situs web, anda hanya dapat mengakses bagian ringkasan materi. Sedangkan jika menggunakan aplikasi, anda akan dapat mengakses materi beserta slide power point.

Situsnya >>

Bospedia

Bagi anda yang sering mendapatkan tugas makalah atau sedang menulis skripsi dan membutuhkan referensi, website ini sangat cocok. Selain itu, Bospedia juga menyediakan soal – soal latihan untuk ujian, persiapan UN, dan untuk membuat rangkuman materi.

Di website ini terdapat banyak sekali skripsi terbaru yang bisa anda dapatkan sekaligus download untuk referensi. Tema dan judulnya juga sangat beragam, karena ada klasifikasi berdasarkan jurusan dan fakultas.

Beasiswa Bergengsi  Cara Mudah Review Jurnal Otomatis Biar Gak Ketahuan Dosen

Unacademy.com

Website ini memberikan pembelajaran melalui video interaktif, dan anda dapat memilih guru yang sesuai dengan cara belajar anda. Anda juga dapat mengunduh file pdf materinya dan menentukan target studi anda, misalnya untuk keperluan SBMPTN. Jadi, anda bisa lebih fokus dan tidak memantau tujuan anda,sehingga anda bersemangat untuk belajar.

Among Guru

Website ini menyediakan berbagai macam informasi, baik itu pendidikan, kesehatan dan event dunia. APK ini memiliki banyak fitur seperti kurikulum, alat pembelajaran, bank soal, bahan ajar, artikel, dan berita. Website ini cocok untuk anda yang mengambil jurusan IPA, karena hanya menyediakan materi pelajaran Biologi, Fisika, dan Kimia.

Selain itu, Among Guru juga menyediakan soal latihan lengkap untuk ulangan harian, UTS, UAS dan UN. Di sini anda akan menemukan berbagai eksperimen sains yang bisa menjadi referensi bagi anda untuk mengerjakan tugas praktek dari sekolah.

Bank Soal Kemendikbud

Website Bank Soal Kemendikbud juga menyediakan berbagai materi pelajaran mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. APK ini memberikan kemudahan bagi guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Kumpulan soal di ini adalah hasil karya guru yang terdaftar di Rumah Belajar. Jika anda membuka halamannya, maka akan muncul daftar mata pelajaran dari berbagai level.

Saat mengerjakan soal, ada durasi waktu untuk mencoba mengerjakannya dan nama guru yang membuatnya. Jika anda ingin mencoba latihan soal mata pelajaran lain, anda bisa kembali ke menu utama dan memilih pelajarannya.

Tanya-Tanya.com

Website ini menyediakan materi pembelajaran yang berkualitas melalui rangkuman materi, contoh soal, dan diskusi dalam bentuk video yang menarik dan mudah untuk anda pahami. Jadi, kegiatan belajar anda tidak akan bosan karena sambil menonton video.

Beasiswa Bergengsi  Daftar Situs Download eBook Gratis Lengkap Terbaik

Selain itu, situs ini juga menyediakan kumpulan soal Try Out dan SBMPTN. Materi pembelajaran yang ada di sini adalah Matematika, Biologi, Fisika, Kimia yang bisa anda download.

Apa Saja Tips Membuat Rangkuman Materi?

Berikut ini adalah beberapa tips efektif untuk membuat rangkuman materi agar mudah dipahami saat dipelajari kembali.

Baca Seluruh Materi

Sebelum merangkum, sebaiknya baca terlebih dahulu materi yang akan dirangkum secara keseluruhan. Dengan begitu, anda akan mengetahui poin – poin utama pembahasan yang bisa anda catat.

Anda dapat menggunakan teknik membaca cepat saat membaca seluruh materi agar mengetahui gambaran umum dan inti dari materi yang akan dirangkum. Jadi anda bisa memilah bagian mana yang akan dicatat dan bagian mana yang tidak terlalu penting untuk diperhatikan.

Tandai Ide Pokoknya

Setelah itu, termukan ide pokok atau gagasan utama dari materi yang sedang dibahas. Anda dapat menggunakan stabilo untuk menonjolkan ide pokoknyany, agar anda lebih memahami materi yang akan dirangkum. Hasil rangkuman juga akan lebih rapi dan mudah dipahami.

Untuk membuat ringkasan materi, anda dapat menggunakan alat tulis berwarna, seperti stabilo, bulpen berwarna, dan lain – lain. Alat tulis ini dapat digunakan saat menulis setiap bagian judul, agar anda dapat mengingat bagian – bagian penting dari pelajaran dengan mudah berkat adanya warna – warna yang menarik.

Tulis Ringkasan dengan Singkat dan Jelas

Terakhir, dalam membuat rangkuman materi, anda bisa mulai menuliskan ide pokok atau gagasan utama dari materi dengan bahasa yang singkat dan jelas, tidak perlu terlalu panjang dan bertele – tele.

Jika Kalian Sedang mencari contoh surat lamaran kerja kalian bisa ke blog pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.