Beasiswa Chulalongkom University

Biaya pendidikan yang tak murah lagi telah membuat banyak orang mencari berbagai cara agar bisa tetap membiayai pendidikannya sehingga bisa memperoleh pendidikan yang lebih tinggi dari sebelumnya, karna alasan itulah maka beasiswa menjadi salah satu alternative yang selalu dipilih untuk mengatasi masalah seperti ini.

Beasiswa memiliki arti sebagai sebuah bentuk bantua atau tunjangan yang diberikan kepada pelajar / mahasiswa yang memiliki hak untuk mendapatkannya, tujuannya adalah sebagai bantuan untuk biaya pendidikan baik di jenjang sekolah maupun kuliah. Untuk bisa memperoleh beasiswa seperti ini jelas tidak lah mudah, sebab seluruh calon penerimanya wajib memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan termasuk dengan berbagai tes yang harus dilalui.

Yang pasti, siapa pun memiliki hak untuk bisa mengikuti tes seleksi penerimaan program beasiswa asalkan sanggup memenuhi syarat yang ditetapkan. Adapun program beasiswa yang ada saat ini menawarkan berbagai benefit seperti pembiayaan full, parsial, atau hanya sekedar pemberian fasilitas penunjang tertentu saja. Sedangkan pihak yang menyelenggarakan program beasiswa semacam ini juga sangat lah beragam, mulai dari pihak pemerintah setempat, pihak swasta, bahkan pihak dari lembaga pendidikan itu sendiri juga biasanya turut menghadirkan program beasiswa kepada semua peserta didiknya.

Jika berbicara tentang asia, maka beasiswa di jenjang kuliah sangat lah banyak, salah satu yang cukup populer adalah beasiswa chulalongkom university yang selama beberapa tahun terakhir selalu menjadi pilihan bagi banyak kalangan mahasiswa internasional.

Jenis Beasiswa

Untuk semakin memperjelas dan memberikan gambaran tentang beasiswa itu sendiri, mari simak beberapa jenis beasiswa yang bisa anda ikuti.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Guru dan Dosen Hindu 2022, Simak Info Lengkapnya

Beasiswa Pemerintah

Ini merupakan beasiswa yang berupa bantuan biaya kuliah dengan seluruh pendanaan berasal dari beberapa lembaga pemerintahan setempat, sama halnya dengan universitas chulalongkom yang juga turut membuka kesempatan bagi mahasiswa internasional dengan beasiswa pemerintah untuk dapat mengikuti kuliah di sana.

Jika mengacu pada pemerintahan di Indonesia, maka beasiswa seperti ini biasanya berasal dari sejumlah lembaga Negara seperti Bapenas, Departemen Keuangan, dan LIPI. Program beasiswa seperti ini memiliki sifat yang sangat masyarakat, jadi tidak terbatas hanya bagi pekerja saja melainkan juga untuk kalangan pelajar dan mahasiswa.

Namun ternyata ada juga program beasiswa Jurusan S2 di Chulalongkorn University yang diperuntukkan khusus untuk para lulusan SMA / SMK / MA sederajat. Adapun tujuannya adalah untuk menjaring siswa berprestasi yang terkendala oleh kondisi finansial agar bisa meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Beasiswa Negara Asing

Program beasiswa yang satu ini berasal dari tambahan dana oleh beberapa negara maju, tujuannya adalah untuk mendukung perkembangan di bidang ilmu dan penelitian melalui bantuan dukungan dana serta fasilitas penunjangnya. Adapun rancangannya dapat berupa beasiswa kuliah ke luar negeri, ada pula bantuan dana penuh, mulai dari biaya belajar, akomodasi, hingga uang saku para peserta beasiswa tersebut. dengan kata lain, mahasiswa atau penerima beasiswa tersebut hanya perlu fokus belajar saja tanpa harus memikirkan soal biaya pendidikannya.

Beasiswa Kuliah Swasta

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu pihak penyelenggara program beasiswa juga berasal dari pihak swasta. Biasanya para perusahaan swasta tersebut tidak hanya memberikan bantuan biaya penuh kuliah di Chulalongkorn University saja, akan tetapi juga terdapat bantuan fasilitas dan perangkat pendukung lainnya.

Beasiswa Bergengsi  Siap Berikan Beasiswa, BAZNAS Buat Skema Untuk Mahasiswa Unissula

Beasiswa Yayasan

Umumnya, program beasiswa semacam ini merupakan bantuan dana kuliah bagi kalangan mahasiswa berprestasi namun memiliki kesulitan dalam memenuhi biaya pendidikannya. Bantuan ini juga bersifat umum, jadi siapa pun bisa mendaftar dalam program beasiswa yang diselenggarakan oleh yayasan.

Beasiswa Universitas

Tak hanya menjadi lembaga pendidikan saja, chulalongkom university juga turut menyediakan beasiswa bagi para mahasiswanya. Semua mahasiswa berhak untuk mengajukan permohonan beasiswa agar mendapat potongan biaya atau pemberian fasilitas pendukung kuliah lainnya, namun harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh pihak kampus.

Jenis Beasiswa

Selain dari sumber pendanaannya, program beasiswa juga dapat dibedakan berdasarkan bentuknya. Ada sejumlah bentuk pemberian beasiswa yang akan diterima oleh setiap pesertanya, berikut adalah di antaranya.

Beasiswa Pemenang

Yang satu ini merupakan program beasiswa yang memberi bantuan dana kuliah bagi mahasiswa yang memiliki prestasi di bidangnya masing – masing. Tidak hanya di bidang akademis saja, beasiswa ini juga bertujuan untuk membantu mahasiswa yang berprestasi di bidang non akademis. Jadi, tidak ada salahnya bagi anda untuk coba mendaftar beasiswa chulalongkom university melalui jalur prestasi seperti ini.

Beasiswa Bantuan Belajar

Program beasiswa ini diperuntukkan khusus bagi kalangan mahasiswa kurang mampu yang kesulitan dalam membiayai kuliahnya. Namun tentunya tidak hanya menilai dari kemampuan finansialnya saja, program beasiswa ini juga mengharuskan calon penerimanya untuk bisa memenuhi syarat IPK minimum.

Beasiswa Ikatan Dinas

Berbeda dari program lainnya, beasiswa yang satu ini merupakan bantuan pendidikan yang diberikan kepada siswa berprestasi dalam berbagai bidang. Beasiswa seperti ini umumnya disertai dengan adanya perjanjian kerja oleh instansi yang menjadi pihak penyelenggaranya, dengan demikian maka ketika penerima beasiswa tersebut sudah wisuda akan langsung terikat kontrak kerja dengan perusahaan atau pihak penyelenggara beasiswa tersebut.

Beasiswa Bergengsi  Sosialisasi Beasiswa Pendidikan Indonesia di USK, Kemdikbudristek Paparkan Detail BPI

Beasiswa Kompetisi

Khusus bagi anda yang ingin mengikuti kompetisi bertaraf nasional atau pun internasional maka bisa mengajukan pendaftaran pada program beasiswa ini. Biasanya pihak pemberi beasiswa akan memberikan dukungan penuh mulai dari training, dana penelitian, hingga legalisasi dalam bentuk sponsorship pada acara tersebut.

Beasiswa Penelitian

Program beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang tengah melakukan riset sesuai dengan bidang studinya, mahasiswa tersebut dapat mengajukan proposal dengan melampirkan keterangan atas kemajuan penelitiannya.

Syarat Mendapatkan Beasiswa Chulalongkom University

Bagi anda yang tertarik untuk mencoba beasiswa chulalongkom university, pastikan anda juga memenuhi sejumlah persyaratan umum seperti berikut ini.

  • Aktif sebagai mahasiswa di sebuah perguruan tinggi dengan menunjukkan bukti kartu mahasiswa, atau bagi yang masih di bangku sekolah maka bisa menyertakan surat keterangan lulus dengan disertai kartu pelajar
  • Memiliki prestasi yang baik di kampus dengan perolehan IPK 3.00 dari skala 4.00, sedangkan bagi kalangan pelajar maka bisa menyertakan rapor atau nilai ujian minimal 8 pada masing – masing mata pelajaran
  • Berkelakuan baik dan tidak pernah terlibat criminal yang dibuktikan melalui SKCK terbaru
  • Khusus untuk program beasiswa yang diperuntukkan bagi keluarga miskin, maka wajib menyertakan Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh pejabat setempat
  • Menyertakan surat pendukung seperti surat rekomendasi, LoA, dan surat lainnya yang dibutuhkan sesuai dengan syarat dan ketentuan dari masing – masing program beasiswa yang dipilih.

Demikian informasi mengenai beasiswa chulalongkom university yang perlu anda tahu, pastikan anda bisa memenuhi seluruh persyaratan yang ditentukan agar nantinya anda bisa melalui setiap proses seleksi dengan sukses dan mendapatkan bantuan beasiswa sesuai yang anda inginkan selama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *