Program Beasiswa BEM 2022, Kerjasama Bank Commonwealth dan Aliansi Jurnalis Independen

Untuk ketiga kalinya, Bank Commonwealth bersama dengan Sekolah Jurnalisme Aliansi Jurnalis Independen ( AJI ) kembali menyelenggarakan program beasiswa BEM 2022 dengan tema “Masa Depan Industri Perbankan Indonesia di Era Digital”.

Program ini ditujukan untuk meningkatkan kapasitas jurnalis dalam membuat karya jurnalistik mengenai isu ekonomi perbankan, terutama pada industri perbankan di era digital. Usai menjalani kelas yang berlangsung selama hampir dua bulan hingga Maret 2022 kemarin, tercatat ada sebanyak 21 editor dan reporter senior dari berbagai media cetak, online, dan televisi yang dinyatakan lulus dari program BEM 2022.

Dalam program ini, peserta memperoleh materi mengenai perbankan dan jurnalisme dari para ahli, di antaranya Deputi Direktur Basel dan Perbankan Internasional Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika,dan Director of Agriculture, Entrepreneurship, and Financial Inclusion Mercy Corps Indonesia.

Tidak hanya itu, para peserta juga mendapat dukungan berupa biaya operasional dalam pembuatan tugas akhir karya jurnalistik yang kemudian akan dikompilasikan ke dalam bentuk buku.

Bayu Irawan sebagai Head of Corporate Communications & Financial Inclusion Bank Commonwealth mengatakan bahwa disrupsi digital yang berlangsung saat ini sangat lah cepat dan membawa dampak yang signifikan di berbagai industri, termasuk perbankan. Hal itu juga yang membuat peran jurnalis menjadi begitu penting terutama dalam menyampaikan informasi yang menarik pada publik.

Ketua Umum AJI, Sasmito, juga turut mengharapkan agar ilmu yang didapatkan oleh para peserta kelak bisa ditularkan kepada rekan – rekan redaksi dan jurnalis lainnya di wilayahnya masing – masing. Karna dengan begitu, menurutnya kapasitas penulisan berita ekonomi pada nantinya bisa menyebar secara cepat di kalangan jurnalis, tujuannya sudah pasti adalah untuk memberikan solusi pada masyarakat di tengah persoalan ekonomi era pasca-pandemi.

Beasiswa Bergengsi  Masih di Buka, Segera Daftar Beasiswa Limitless Khusus Pelajar! Simak Info Lengkapnya

Dalam Graduation BEM 2022 kemarin, Bank Commonwealth dan AJI tidak hanya mengumumkan peserta The Best Graduates saja, melainkan juga turut memberikan penghargaan dengan kategori The Most Improved Participant.

Leave a Reply

Your email address will not be published.