Beasiswa Tahfidz Kedokteran Universitas Indonesia

Mahalnya biaya pendidikan kerap menjadi kendala bagi banyak orang untuk dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, terutama ketika ingin melanjutkan pendidikan di bangku kuliah yang sudah dikenal membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tidak hanya itu, beberapa jurusan juga sangat populer sebagai jenjang studi dengan biaya super mahalnya, salah satunya adalah jurusan kedokteran.

Belum lagi jika kuliahnya di perguruan tinggi terbaik dalam negeri, sebut saja seperti Universitas Indonesia. Hal itulah yang membuat jalur beasiswa menjadi salah satu cara terbaik yang banyak dipilih semua orang untuk bisa masuk kuliah di Universitas Indonesia, besarnya biaya tentu menjadi alasan utama yang membuat program beasiswa menjadi sangat diminati karena bagaimana pun juga dengan adanya beasiswa inilah maka biaya kuliah akan terasa lebih ringan.

Sebagaimana diketahui, sampai saat ini terdapat 2 kategori beasiswa yang tersedia di UI, di antaranya adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh sponsor dan beasiswa dari Universitas Indonesia itu sendiri. Jenis dan namanya pun beragam, salah satu yang populer tentu adalah dari jalur prestasi akademik maupun non akademik, namun ternyata UI juga turut menghadirkan program beasiswa khusus untuk para hafidz quran, adapun beasiswa seperti ini cenderung diadakan oleh pihak sponsor.

Baca Juga : Beasiswa Tahfidz Ugm Kedokteran

Dengan begitu maka dapat diartikan bahwa untuk program beasiswa dari sponsor maka pihak UI hanya akan membantu menginfokan saja dan menyalurkan bantuan beasiswa tersebut sesuai dengan syarat dan permintaan pihak sponsor itu sendiri. Karena alasan itulah, bagi Anda yang ingin mendaftar beasiswa dari sponsor seperti beasiswa tahfidz kedokteran seperti ini, anda wajib melengkapi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak sponsor.

Beasiswa Tahfidz Kedokteran di UI (Universitas Indonesia)

Seperti yang sudah disebutkan di atas, beasiswa tahfidz Universitas Indonesia merupakan sebuah program bantuan yang diberikan pada seluruh mahasiswa dengan kemampuan lebih dalam menghafal al quran dan bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari – hari, baik sebagai peserta didik di UI maupun dalam berkehidupan sosial kemasyarakatan.

Beasiswa Bergengsi  Daftar Program Beasiswa Full S1 Luar Negeri Terbaik

Jenis Beasiswa Tahfidz UI

Sebagaimana diketahui, dalam program beasiswa tahfidz ini juga tersedia dalam 2 kategori yang bisa Anda ikuti berdasarkan timeline pengajuannya dan berikut di antaranya.

  • Program beasiswa yang Anda daftarkan sebelum memulai kuliah atau saat masuk ke UI sebagai mahasiswa baru yang biasa disebut sebagai program beasiswa Bidikmisi
  • Program beasiswa yang Anda daftarkan setelah resmi diterima menjadi mahasiswa dan / atau telah menjalani proses perkuliahan selama minimal dua semester di awal, itu artinya akan ada sejumlah persyaratan yang berhubungan dengan perolehan IPK anda, biasanya ini berlaku untuk beasiswa prestasi

Terlepas dari pihak penyelenggaranya merupakan sponsor atau universitas itu sendiri, yang pasti program beasiswa tahfidz kedokteran jelas bisa memberikan bantuan yang sangat besar kepada semua penerimanya.

Persyaratan Mendaftar Beasiswa Tahfidz UI

Setelah menyimak beberapa penjelasan di atas, tentu anda sudah semakin mengerti sekilas gambaran tentang beasiswa tahfidz kedokteran dan sekilas mengenai apa itu Universitas sebagai salah satu lembaga pendidikan terbaik di Indonesia. Nah bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan beasiswa tahfidz kedokteran, berikut adalah beberapa persyaratan yang wajib anda penuhi.

  • Lulusan SMA / SMK / Sederajat dan dinyatakan sudah lolos seleksi masuk Universitas (dalam hal ini adalah Universitas Indonesia) yang dibuktikan dengan surat Keterangan Diterima menjadi mahasiswa
  • Mampu menghafal Al Qur’an minimal sebanyak 2 juz dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari
  • Berasal dari latar belakang keluarga yang tidak mampu secara finansial yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu
  • Berkomitmen untuk sanggup menyelesaikan hafalan Al Qur’an sampai dengan 30 juz dalam periode masa kuliah tersebut
  • Slip gaji atau laporan penghasilan orang tua / wali selama periode bulan terakhir
  • Scan ijazah asli SMA / SMK / Sederajat (bukan legalisir)
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Pasfoto berwarna terakhir
  • Mendapat perolehan IPK 3.01 dalam 2 semester terakhir
  • Surat Keterangan jumlah hafalan atau ijazah Tahfidz dari guru ngaji bila ada
  • Daftar riwayat hidup / CV
  • Fotokopi Kartu Mahasiswa
  • Tidak merokok dan bersedia untuk mengisi formulir pernyataan tersebut
Beasiswa Bergengsi  Beasiswa XL Future Leader 2022

Fasilitas Program Beasiswa Tahfidz UI

Bagi anda yang telah dinyatakan lolos dari semua tahapan seleksi penerimaan beasiswa tahfidz di UI, maka selanjutnya anda akan mendapatkan beberapa benefit dari program beasiswa tersebut dan berikut di antaranya.

  • Bantuan biaya pendidikan penuh
  • Uang saku bulanan
  • Pembinaan intensif
  • Pemberdayaan masyarakat di wilayah kampus
  • Mentoring leadership dengan sejumlah tokoh nasional
  • Pendadaran nasional dan jamboree

Cara Mendaftar Beasiswa Tahfidz UI

Jika anda tertarik dan merasa sanggup memenuhi semua syarat di atas serta ingin mengajukan permohonan beasiswa jalur tahfidz, maka anda wajib mengisi Form Umum Beasiswa dari Universitas Indonesia seperti yang bisa didapat dari laman resminya di mahasiswa.ui.ac.id atau bisa juga didapatkan dari Dekanat Fakultas atau KESMA BEM fakultas.

Penasaran bagaimana cara daftarnya? Simak baik – baik beberapa cara mudah mendaftar beasiswa tahfidz kedokteran seperti berikut ini.

  • Kunjungi laman resminya melalui link beasiswa.ui.ac.id
  • Pilih jenis program beasiswa yang ingin anda daftar (dalam hal ini adalah beasiswa tahfidz)
  • Lakukan Login dengan menggunakan username dan password mahasiswa yang anda miliki.
  • Khusus bagi anda yang belum mempunyai akun, maka silahkan lakukan proses registrasi akun terlebih dahulu dengan cara mengklik menu Daftar Akun
  • Setelah berhasil login, anda harus melengkapi semua biodata pendaftaran seperti yang tertera dalam form registrasi
  • Jika semua langkah di atas telah anda lakukan maka selanjutnya cetak bukti pendaftaran anda

Nah, itulah beberapa persyaratan dan cara yang bisa anda coba untuk mendaftarkan diri dalam program seleksi penerimaan beasiswa tahfidz kedokteran. Pastikan anda telah memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan dalam masing – masing program yang tersedia, tujuannya agar anda bisa berhasil lolos dalam seleksi administrasi dan tes wawancara nantinya.

Beasiswa Bergengsi  Mulai Dari Subsidi UKT Hingga Beasiswa Penuh, Simak Program Terbaru ITB Untuk Jalur Mandiri 2022

Semoga artikel tentang beasiswa tahfidz kedokteran kali ini bisa membantu, khususnya bagi anda yang ingin bisa mendapatkan kuliah kedokteran gratis melalui prestasi anda sebagai seorang penghafal Al Qur’an. Yang pasti, program beasiswa ini akan sangat meringankan biaya kuliah anda nantinya, apalagi jurusan kedokteran juga dikenal sebagai salah satu program studi paling mahal dan hanya didominasi oleh kalangan berduit saja.

Ingatlah untuk tidak pernah menyerah dengan bagaimana pun kondisi keuangan anda, intinya selama anda memiliki prestasi yang bagus maka akan selalu ada peluang besar untuk terus melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Terlebih jika prestasi anda adalah sebagai penghafal quran, Maka sudah pasti akan ada jalan kemudahan bagi anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.