Program Beasiswa Talenta Inovasi Indonesia

Program Beasiswa Talenta Inovasi Indonesia merupakan program pendanaan berupa insentif yang diberikan kepada mahasiswa program sarjana, magister, dan doktoral dalam mewujudkan kemandirian inovasi dan kreativitas yang bermanfaat bagi masyarakat.

Selain itu, Program ini juga diberikan sebagai apresiasi atas karya inovatif kreatif mahasiswa program sarjana, magister, dan doktoral yang mendukung pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) serta bermanfaat bagi masyarakat.

Apa Tujuan Beasiswa Talenta Inovasi Indonesia?

Program ini dibuka secara resmi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Setelah sebelumnya, diumumkan siapa saja yang lolos dan menerima dana dari program serupa di gelombang pertama.

Melalui program ini, pemerintah dan kementerian berupaya meningkatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Sekaligus meningkatkan daya saing bangsa dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di kancah internasional.

Bagi siapa saja yang memenuhi kualifikasi dan ingin mendapatkan pendanaan dari output yang dihasilkan. Misalnya skripsi, hasil penelitian, atau penelitian itu sendiri, anda bisa mencoba peruntungan mendaftar di program yang satu ini. Beasiswa ini merupakan kesempatan emas bagi putra-putri bangsa yang sebelumnya melewatkan gelombang pertama.

Tinjauan Program Beasiswa Talenta Inovasi Indonesia

Program Talenta Inovasi Indonesia merupakan salah satu program pendanaan yang ditujukan kepada mahasiswa di Indonesia untuk mendukung terwujudnya ide dan inovasi mereka dalam bentuk hasil yang bermanfaat bagi perkembangan IPTEK di dalam dan luar negeri.

Melalui program ini, mahasiswa dalam negeri memiliki inovasi, kreativitas, dan ide-ide segar serta menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Kemudian akan diberikan pendanaan, besaran pendanaan disesuaikan dengan bentuk output atau skala manfaat yang diberikan dari hasil inovasi mahasiswa yang lolos seleksi.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa D3 Sampoerna Foundation

Misalnya, mahasiswa tingkat doktoral membutuhkan dana untuk melakukan penelitian dengan tema X. Mahasiswa yang bersangkutan dapat mencoba mendaftar di program ini untuk mendapatkan dana dari pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ristek. Sehingga penelitian dapat dilakukan secara optimal tanpa resiko kekurangan dana.

Karena program ini sendiri diperuntukan bagi seluruh mahasiswa dari jenjang Strata 1, Magister, hingga Doktoral. Tentu saja permintaannya sangat tinggi, apalagi dana yang paling kecil adalah Rp. 5 juta dan paling tinggi Rp. 25 juta untuk inovasi yang menghasilkan produk yang sesuai.

Pastinya persaingannya sangat ketat dan juga disertai dengan sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh para pesertanya. Jadi bagi siapa saja yang tertarik mencoba mendaftar pendanaan dari program ini, anda perlu memahami persyaratannya dan proses pendaftarannya yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Persyaratan Beasiswa Talenta Inovasi Indonesia

  • Persyaratan untuk dapat mengikuti Program Talenta Inovasi Indonesia sama antara lain :
  • Warga Negara Indonesia
  • Memiliki NIM terdaftar di PDDIKTI dan berstatus aktif
  • Aktif belajar di perguruan tinggi dalam negeri di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
  • Tidak menerima komponen pendanaan yang sama yang bersumber dari APBN / APBD.
  • Bentuk output yang diusulkan untuk menerima pendanaan dari program Inovasi Talenta bukan merupakan output yang telah menerima pendanaan dari APBN/APBD dalam prosesnya
  • Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) terbaru sebagai berikut:
  • Minimum 3,00 untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan.
  • Minimum 3,25 untuk Program Magister.
  • Minimum 3,50 untuk Program Doktor
  • Akreditasi program studi bagi pelamar program Sarjana dan Sarjana Terapan minimal C, sedangkan untuk pelamar program Magister dan Doktor minimal B.
  • Perguruan tinggi yang studinya pernah atau sedang melaksanakan kegiatan MBKM, baik program Ditjen Dikti, Ristek, maupun program MBKM internal universitas diprioritaskan dalam program ini.
  • Pelamar mengisi kolom profil pada formulir pendaftaran online yang tersedia di laman beasiswadosen.kemdikbud.go.id/talenta-inovasi
  • Melampirkan Surat Rekomendasi yang diperoleh dari pembimbing akademik atau tugas akhir.
  • Pelamar melampirkan dokumen persyaratan untuk Program Talenta Inovasi Indonesia.
  • Pelamar mengajukan proposal penelitian untuk mempersiapkan tugas akhir yang berorientasi pada:
  • Menyelesaikan masalah di masyarakat
  • Meningkatkan nilai tambah produk dalam negeri
  • Menjadi teknologi tepat guna; dan / atau
  • Mendukung ekonomi digital.
Beasiswa Bergengsi  BCA Sukses Salurkan Dana Beasiswa, Tak Tanggung Tanggung Totalnya Sampai Rp 5.65 Miliar

Jadi, salah satu syarat utama mengikuti Beasiswa Talenta Inovasi Indonesia tidak menerima beasiswa dari pihak lain. Jika mahasiswa mendapatkan beasiswa kuliah dari provinsi, baik itu Sarjana, Magister, dan Doktor, maka tidak bisa mengikuti program ini.

Tujuannya untuk menghindari pendanaan ganda dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa berprestasi lainnya untuk mendapatkan pendanaan. Jadi, inovasi dan kreativitas mahasiswa di Indonesia mendapat dukungan maksimal dari pemerintah.

Alur Pendaftaran Beasiswa Talenta Inovasi Indonesia

Untuk mempersiapkan pendafatran, calon peserta harus mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu, kemudian membaca panduan program yang dapat diunduh melalui https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/pendaftaran-program-talta-inovasi-indonesia-gelombang-2-tahun- 2021/

Daftar online melalui laman https://beasiswadosen.kemendikbud.go.id/talenta-inovasi. Lengkapi formulir dan kemudian unggah dokumen di halaman tempat pendaftaran dilakukan. Kemudian seleksi administrasi dilakukan, ika peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi maka akan masuk ke tahap seleksi substansi.

Pengumuman hasil seleksi Program Talenta Inovasi Indonesia. Jadi sebelum mendaftar, pastikan anda sudah menyiapkan semua file yang dibutuhkan dalam program. Berkas atau dokumen persyaratan administrasi tersebut antara lain:

  • Melampirkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  • Melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Lampirkan transkrip nilai terakhir
  • Melampirkan surat keterangan mahasiswa aktif dan sedang tidak menerima beasiswa dengan komponen pendanaan yang sama bersumber dari APBN/APBD (dari Dekan Perguruan Tinggi Studi (Dekan Fakultas / Sarjana) dan sumber pendanaan lainnya.
  • Melampirkan surat rekomendasi pembimbing tugas akhir dan persentase penyelesaian tugas akhir
  • Bagi yang mengajukan penyelesaian tugas akhir, harus melampirkan proposal tesis atau disertasi yang disetujui oleh pembimbingnya
  • Melampirkan proposal pengajuan Program Talenta Inovasi Indonesia
  • Melampirkan surat pernyataan dari Program Talenta Inovasi Indonesia
  • Melampirkan pernyataan komitmen penyelesaian Program Talenta Inovasi Indonesia.

Jadi, cari tahu dokumen apa yang harus disediakan dan dilengkapi. Kemudian siapkan dalam format digital, misalnya scan dulu. Sehingga ketika semua dokumen sudah lengkap, tinggal mendaftar dan bisa langsung melampirkan semua persyaratan administrasinya.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Full Dan Parsial di Jerman, Pendaftaran Epos DAAD 2023 Kembali di Buka

Hal ini akan membantu meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga, sehingga anda tidak perlu repot mencari dokumen saat pendaftaran segera ditutup. Selain itu, juga mencegah dokumen yang tertinggal, terlupakan, atau tidak sengaja masih kurang. Karena bisa dicek terlebih dahulu sebelum mendaftar.

Adanya program ini tentunya membantu para pelajar di dalam negeri yang belajar di dalam maupun di luar negeri untuk segera menyelesaikan studinya. Pendanaan untuk penelitian tugas akhir, baik tesis, tesis, dan disertasi akan didanai. Jadi, silakan manfaatkan Program Talenta Inovasi Indonesia dengan sebaik mungkin.

Besaran Pendanaan Beasiswa Talenta Inovasi Indonesia

Pendanaan program ini dari Kemendikbud Ristek sudah disiapkan mulai dari Rp 5 juta-Rp 25 juta. Jadi, besaran dana untuk peserta yang lolos seleksi berbeda-beda. Namun paling sedikit di bawah 5 juta untuk jenjang Sarjana dengan luaran dokumen skripsi. Sekian informasi tentang program ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

https://www beasiswasarjana com/1639/program-beasiswa-talenta-inovasi-indonesia/ -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *