Inilah Pilihan Beasiswa S2 Dalam Negeri Yang Bisa Kalian Dapatkan

Daftar Beasiswa S2 dalam Negeri negeri kini semakin banyak, sehingga peluang mendapatkan beasiswa ini semakin besar. Jika anda memiliki atau sedang menyelesaikan gelar sarjana atau magister di negara anda, beberapa beasiswa master ini mungkin layak dipertimbangkan. Berikut ini rekomendasi beasiswa master (S2)dalam negeri yang bisa anda coba.

Inilah Pilihan Beasiswa S2 Dalam Negeri Yang Bisa Kalian Dapatkan

Beasiswa LPDP

Sejak tahun lalu, beasiswa ini memang banyak diminati. Jenis beasiswa LPDP yang ditawarkan juga beragam, seperti beasiswa LPDP reguler, afirmasi, beasiswa pendidik, beasiswa PNS, TNI, Polri, dll.

Intinya jenis beasiswa LPDP tersebut menawarkan beasiswa S2 dalam negeri khususnya pada tahun 2022 – 2023 ini. Menariknya, semua biaya kuliah ditanggung. Registrasi reguler dibuka dari Mei hingga Juni untuk Tahap I dan Agustus hingga September untuk Tahap II.

Beasiswa GSEP

Beasiswa GSEP merupakan salah satu beasiswa master dalam negeri yang juga bisa anda coba. Beasiswa ini ditawarkan oleh Global Sustainable Electricity Partnership (GSEP), yakni sebuah organisasi nirlaba yang peduli dengan pengembangan energi berkelanjutan di seluruh dunia.

Sasaran beasiswa GSEP adalah pelamar dari negara berkembang, salah satunya Indonesia. Tidak hanya di dalam negeri, beasiswa GSEP juga dapat diterapkan untuk studi di luar negeri. Beasiswa GSEP juga dapat diterapkan bagi mereka yang sudah menjadi mahasiswa pascasarjana.

Beasiswa PMDSU

Program Beasiswa S2 dalam Negeri satu ini sangat cocok bagi anda yang ingin menjadi dosen. Karena memang dirancang langsung oleh DIKTI untuk para cendekiawan berprestasi dan berminat menjadi tenaga pengajar. Jika anda mengambil program ini, anda akan secara otomatis terdaftar oleh DIKTI sebagai calon dosen.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Fair And Lovely 2022

Selain itu, anda akan difasilitasi oleh DIKTI untuk menempuh pendidikan Magister dan Doktor. Tidak hanya menjadi dosen, program beasiswa PMDSU juga akan menjadikan anda gelar S2 dan Doktor dalam waktu 4 tahun.

Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Bagi yang memiliki prestasi selama studi sarjana, program beasiswa S2 ini sangat direkomendasikan . Pasalnya, program beasiswa yang dikelola Kemendikbud ini memang terbuka bagi para sarjana yang memiliki prestasi selama kuliah, baik itu prestasi akademik maupun nonakademik.

Selain itu, anda juga harus menyertakan sertifikat prestasi yang telah diraih dalam 5 tahun terakhir, baik di tingkat universitas, regional, maupun nasional. Anda harus melampirkan transkrip nilai dan referensi dari dosen selama S1.

Beasiswa Kominfo

Kominfo melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang SDM) juga menyediakan program Beasiswa S2 dalam Negeri. Program beasiswa Kominfo ini bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi negeri dalam program ini. Program ini terbuka untuk umum dan memberikan biaya kuliah dan dukungan akademik dan Rp 1.500.000 per bulan untuk biaya hidup.

Beasiswa Bidikmisi

Selain LPDP, beasiswa S2 Bidikmisi juga menjadi dambaan banyak orang. Bagi anda yang sudah mendapatkan beasiswa bidikmisi selama kuliah S1, jangan khawatir, anda masih bisa mengikuti program magister bidikmisi. Program Beasiswa S2 dalam Negeri menawarkan biaya kuliah penuh hingga biaya hidup selama kuliah.

Beasiswa Dexa Award

Program beasiswa S2 Dexa Award merupakan salah satu program yang rutin tersedia dan terbuka untuk semua jurusan pendidikan. Salah satu syarat yang harus anda penuhi untuk lolos adalah menyiapkan proposal penelitian gelar master terkait kesehatan manusia.

Beasiswa Wellcome

Wellcome adalah yayasan amal global yang berkantor pusat di Inggris. Setiap tahun, Wellcome Foundation menawarkan beasiswa pascasarjana khusus di bidang kesehatan bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan pendidikan di universitas terkemuka, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Kuliah di Universitas Al Azhar Mesir, PBNU Siapkan 30 Kuota

Program beasiswa ini sepenuhnya dibiayai, yang artinya semua biaya ditanggung sepenuhnya oleh Wellcome, mulai dari biaya kuliah, biaya hidup dan biaya penelitian.

Beasiswa IsDB

IsDB atau Islamic Development Bank menawarkan program beasiswa gelar master untuk negara-negara yang menjadi bagian dari keanggotaannya, seperti Indonesia. Program beasiswa ini adalah beasiswa penuh, anda akan mendapatkan biaya kuliah, uang saku, asuransi kesehatan, dan tunjangan akomodasi semua akan ditanggung.

Beasiswa Beasiswa S2 dalam Negeri ini cukup populer. Namun, beasiswa ini bisa didapatkan jika universitas anda termasuk yang terbaik di Indonesia.

Beasiswa UGM

Bagi anda yang bercita-cita kuliah di UGM, mengikuti program beasiswa magister dalam negeri ini bisa menjadi pilihan yang sangat menarik. Untuk mengikuti beasiswa ini, anda harus memenuhi beberapa persyaratan seperti memiliki skor TOEFL ITP minimal 500, skor Tes Potensi Akademik 550, dan IPK minimal 3,25.

Namun, beasiswa ini hanya diberikan untuk beberapa jurusan saja, seperti Studi Budaya dan Media, Magister Manajemen Bencana, Bioteknologi, dan Studi Pariwisata.

Beasiswa PPM School of Management

Jika anda ingin memperdalam pengetahuan manajemen anda, program beasiswa S2 ini akan cocok untuk anda. Untuk mengikuti beasiswa ini, anda harus memenuhi sejumlah persyaratan, seperti usia maksimal 26 tahun dan skor TOEFL 500 atau IELTS 6.

Manfaat yang bisa anda dapatkan dari program beasiswa PPM ini adalah anda akan dibebaskan dari biaya kuliah, mendapatkan uang saku, dan mendapatkan biaya untuk membeli peralatan belajar.

Beasiswa Tanoto Foundation

Program beasiswa master ini merupakan program dari sebuah yayasan milik pengusaha Indonesia, Sukanto Tanoto. Beasiswa ini hanya untuk PTN dan persyaratan yang harus anda penuhi antara lain : memiliki IPK minimal 3,25, pengalaman kerja minimal 2 tahun, dan telah terdaftar di salah satu PTN mitra Tanoto Foundation.

Beasiswa Bergengsi  Kuliah Jalur Mandiri 2022 Dengan Nilai UTBK, PTN Ini Wajib di Coba

Beberapa PTN yang bermitra dengan Tanoto Foundation antara lain UI, ITB, IPB dan UGM. Program beasiswa ini berlaku untuk semua jurusan. Jika anda dapat mempertahankan prestasi akademik anda, Tanoto Foundation akan memberikan anda beasiswa penuh hingga gelar master.

Beasiswa SEARCA

Beasiswa SEARCA setiap tahunnya ditawarkan bagi pelamar Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 di tanah air. Bedanya, beasiswa SEARCA ini khusus melibatkan beberapa universitas di Asia Tenggara saja. Di Indonesia, perguruan tinggi yang rutin memberikan beasiswa SEARCA adalah Universitas Gadjah Mada dan Institut Pertanian Bogor.

Target pelamar adalah PNS, peneliti, atau dosen. Program yang ditawarkan adalah pertanian dan bidang terkait seperti biologi, perikanan, ilmu lingkungan, statistik, kehutanan, dan ilmu sosial.

Beasiswa Pendidikan Dosen PTA

Mungkin kita sudah tahu bahwa beasiswa BPP-DN khusus untuk dalam negeri atau beasiswa BPP-LN untuk luar negeri. Namun tentunya kini telah tersedia Beasiswa Pendidikan Dosen Akademik Perguruan Tinggi atau Beasiswa Pendidikan Dosen PTA yang bisa diambil.

Sesuai dengan namanya, beasiswa ini khusus ditujukan bagi para dosen baik dari perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta yang ingin melanjutkan ke jenjang Magister atau Doktor, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Khusus untuk Beasiswa S2 dalam Negeri, bisa melamar beasiswa Pendidikan Dosen PTA ini. Beasiswa ini mencakup biaya studi penuh yang disediakan oleh LPDP.

Leave a Reply

Your email address will not be published.