Pendaftaran Program Beasiswa Indonesia Bangkit BIB Telah Dibuka, Kesempatan Kuliah Gratis S1 S2 S3

Pendaftaran Program Beasiswa Indonesia Bangkit BIB Telah Dibuka, Kesempatan Kuliah Gratis S1 S2 & S3

Bersama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kementerian Agama kembali menyelenggarakan program Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB). Ini merupakan program bantuan pendidikan yang ditujukan guna mempercepat peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di lingkungan Kemenag khususnya bagi kalangan Dosen, Guru / Pendidik, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa, Pelajar, Santri, termasuk para pemangku kepentingan lainnya yang juga berada di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag).

Melalui program BIB 2022, diharapkan dapat membantu Indonesia untuk mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan / Sustainable Development Goals (SDGs) di Era Revolusi Industri 4.0. Hal ini sesuai dengan keterangan dari Sekjen Kementerian Agama, Nizar, yang menurutnya program Gelar / Degree Program kali ini diperuntukkan khusus untuk jenjang studi sarjana (S1) dan pascasarjana (S2 – S3) baik di dalam maupun luar negeri. Adapun peserta dalam program ini berasal dari kalangan dosen, guru, siswa, pegawai, dan pemangku kepentingan di lingkungan Kemenag yang telah memenuhi persyaratan.

Lebih lanjut, Nizar menjelaskan bahwa beasiswa luar negeri hanya dikhususkan untuk jenjang S3 terutama para dosen di Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) / Ma’had Aly, dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) di Perguruan Tinggi Umum, pendidik Madrasah, guru PAI Sekolah, dan pegawai Kementerian Agama.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Ali Ramdhani, turut menjelaskan bahwa untuk beasiswa S1 yang diberikan nantinya akan berupa bantuan beasiswa penuh yang terdiri dari 4 kategori, sedangkan untuk S2 ada 2 kategori, serta S3 dengan 3 kategori, dan berikut di antaranya.

Kategori Beasiswa S1

  • Beasiswa S1 Reguler Dalam Negeri
  • Beasiswa S1 Prestasi Dalam Negeri
  • Beasiswa S1 Tahfidz Dalam Negeri
  • Beasiswa S1 PJJ PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon (khusus guru)
Beasiswa Bergengsi  Kerjasama dengan Universitas Lampung, Badiklat Kejaksaan Hadirkan Beasiswa Jaksa

Kategori Beasiswa S2

  • Beasiswa S2 Reguler Dalam Negeri
  • BPP Bantuan Penyelesaian Pendidikan S2 Dalam Negeri

Kategori Program Gelar S3

  • Beasiswa S3 Dalam Negeri
  • Beasiswa S3 Reguler Luar Negeri
  • BPP Bantuan Penyelesaian Pendidikan S3 Dalam Negeri

Cara Pendaftaran Program Beasiswa Indonesia Bangkit

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Amin Suyitno, juga turut menjelaskan tata cara pendaftaran yang harus dilakukan oleh semua calon peserta dan berikut di antaranya.

  • Mendaftarkan diri secara online melalui link https://beasiswa.kemenag.go.id
  • Melengkapi profil pendaftar meliputi identitas diri, data keluarga, data pendidikan, data prestasi akademik / non akademik, kemampuan bahasa, dan data organisasi
  • Melengkapi dokumen persyaratan berdasarkan jenis kategori beasiswa.

Tahapan Seleksi Program Beasiswa Indonesia Bangkit

Dalam proses penerimaan beasiswa program BIB terdapat beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui oleh para calon penerima beasiswa, berikut di antaranya.

  • Seleksi Administrasi berlangsung tanggal 17 – 19 September 2022 dengan pengumuman lolos seleksi pada tanggal 20 September 2022
  • Tes Akademik terdiri atas tes bakat Skolastik yang akan dilangsungkan pada tanggal 22 September 2022 dengan pengumuman lolos seleksi pada tanggal 26 September 2022
  • Tes Wawancara dilakukan tanggal 28 – 29 September 2022 dengan pengumuman lolos seleksi wawancara pada tanggal 30 September 2022.

Itulah informasi mengenai program Beasiswa Indonesia Bangkit 2022 yang sedang dibuka pendaftarannya, bagi anda yang tertarik untuk mencobanya maka segeralah daftarkan diri anda secara online di sini sebelum tanggal 14 September 2022. Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.