Daftar Beasiswa S2 Dalam Negeri Yang Bisa Kalian Dapatkan

Beasiswa S2 dalam negeri saat ini sudah semakin beragam, hampir setiap tahunnya selalu muncul program beasiswa baru dan mungkin akan terus bertambah sehingga peluang bagi pendaftarnya untuk memperoleh beasiswa pun semakin besar.

Bagi Anda yang sudah atau sedang menyelesaikan pendidikan S1 maupun D4 dan memiliki rencana untuk melanjutkan studi S2 dalam negeri, inilah beberapa beasiswa S2 dalam negeri berikut ini mungkin layak untuk anda coba.

Daftar Beasiswa S2 Dalam Negeri Yang Bisa Kalian Dapatkan

Beasiswa LPDP

Dimulai sejak tahun 2013, program beasiswa dari pemerintah yang satu ini selalu memiliki daya tariknya sendiri setiap tahunnya. Beasiswa LPDP sendiri menawarkan beberapa pilihan di dalamnya seperti beasiswa LPDP reguler, beasiswa LPDP afirmasi, beasiswa pendidik, beasiswa PNS, TNI, Polri, dan masih banyak yang lainnya.

Yang pasti semua program beasiswa LPDP tersebut menawarkan beasiswa S2 di dalam negeri secaera penuh, artinya semua biaya kuliah akan ditanggung oleh pemerintah indonesia. Pendaftaran selalu rutin dibuka setiap tahunnya, termasuk tahun ini di mana pendaftaran mulai dibuka bulan Mei hingga Juni untuk Tahap I serta bulan Agustus hingga September untuk Tahap II.

Beasiswa GSEP

Yang satu ini merupakan beasiswa S2 dalam negeri yang juga wajib anda coba. Beasiswa yang diselenggarakan oleh Global Sustainable Electricity Partnership (GSEP) yang merupakan sebuah organisasi non-profit yang peduli terhadap pengembangan energi berkelanjutan di seluruh dunia, menetapkan sasarannya pada pendaftar dari Negara berkembang termasuk Indonesia.

Beasiswa Bergengsi  Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis 2022

Tak tanggung – tanggung, GSEP menawarkan bantuan beasiswa kepada seluruh pesertanya dengan jumlah mencapai $21 ribu tiap tahunnya yang akan diberikan selama dua tahun sesuai periode program tersebut.

Beasiswa Unggulan

Seperti halnya beasiswa LPDP, Beasiswa Unggulan juga menawarkan sejumlah pilihan yang bisa dengan bebas ditentukan sendiri oleh para pesertanya. Beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini memiliki setidaknya dua jenis beasiswa S2 yang bisa dilamar untuk studi di dalam negeri, yakni Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi dan Beasiswa Unggulan Pegawai Kemdikbud.

Beasiswa IsDB

Islamic Development Bank (IsDB) merupakan salah satu lembaga yang rutin menawarkan beasiswa bagi Negara – negara anggota IsDB termasuk salah satunya adalah Indonesia. Program beasiswa yang satu ini menawarkan biaya penuh untuk kuliah, biaya hidup, biaya berobat, tunjangan instalasi, tunjangan tesis, dan masih ada lagi yang lainnya.

Anda bisa mendaftarkan diri anda dalam program seleksi Beasiswa IsDB untuk studi S2 dalam negeri, namun dengan catatan bahwa Anda hanya mendaftar pada perguruan tinggi yang masuk dalam daftar peringkat terbaik di indonesia. Yang pasti, tidak hanya menawarkan beberapa universitas terbaiknya, akan tetapi Beasiswa IsDB juga memberikan anda kebebasan dalam memilih jurusan yang anda inginkan.

Beasiswa Wellcome

Sebagaimana diketahui, Wellcome merupakan sebuah yayasan amal global yang berkantor pusat di Inggris. Tiap tahunnya Wellcome selalu membuka program beasiswa S2 khusus di bidang kesehatan bagi pelajar internasional yang ingin melanjutkan pendidikan magister mereka di universitas ternama baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Menariknya lagi beasiswa ini juga memberikan tanggungan penuh kepada seluruh pesertanya, mulai dari biaya kuliah, biaya hidup, tiket perjalanan pulang pergi, hingga biaya penelitian.

Beasiswa PMDSU

Diperuntukkan khusus bagi para lulusan S1 fresh graduate yang ingin melanjutkan pendidikan untuk menjadi dosen, program beasiswa PMDSU atau Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul ini dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Ditjen Dikti.

Beasiswa Bergengsi  Proses Pendaftaran Dan Persyaratan Beasiswa Turki 2022

Para lulusan S1 yang diterima sebagai peserta dalam program beasiswa ini diharapkan nantinyua bisa menempuh pendidikan hingga S3 dengan durasi 4 tahun saja, semua biaya kuliah pastinya juga akan ditanggung oleh beasiswa yang satu ini.

Beasiswa Bidik Misi

Khusus bagi Anda yang berasal dari keluarga kurang mampu dan sebelumnya sempat mendapatkan bantuan beasiswa Bidik Misi S1 atau yang sekarang menajdi beasiswa KIP Kuliah, maka kesempatan besar telah menanti anda untuk bisa ikut dalam program beasiswa tersebut yang kini juga dibuka hingga jenjang studi S2.

Kemendikbud bersama LPDP telah menyediakan bantuan beasiswa Bidik Misi S2 untuk sejumlah studi di dalam maupun luar negeri, hanya saja untuk saat ini pendaftaran online hanya bisa dilakukan melalui laman LPDP.

Seperti halnya beasiswa sebelumnya, program beasiswa bidik misi  S2 dalam negeri ini juga turut menanggung biaya kuliah secara penuh. Jadi persiapkan lah diri anda dari sekarang dan mulai lakukan pendaftaran yang dijadwalkan akan dibuka pada bulan Mei hingga Juni nanti untuk Tahap I dan Agustus hingga September untuk Tahap II.

Beasiswa SEARCA

Beasiswa SEARCA sejatinya bukan lah program beasiswa baru karna tiap tahunnya selalu diadakan dan terbuka bagi semua pendaftar termasuk bagi pelamar dari Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 di dalam negeri. Hanya saja saat ini program beasiswa SEARCA telah melibatkan beberapa universitas di Asia Tenggara.

Di Indonesia sendiri, perguruan tinggi yang rutin menyediakan beasiswa SEARCA adalah Universitas Gadjah Mada dan Institut Pertanian Bogor. Adapun target dari program beasiswa ini adalah para pelamar yang berasal dari profesi PNS, peneliti, maupun dosen. Program yang ditawarkan meliputi pertanian dan bidang terkait seperti biologi, perikanan, ilmu lingkungan, statistik, kehutanan, dan ilmu sosial.

Beasiswa Bergengsi  Pendaftaran Dan Syarat Beasiswa Myskill.id 2022

Beasiswa Pendidikan Dosen PTA

Bila sebelumnya beasiswa ini lebih dikenal sebagai beasiswa BPP-DN khusus untuk dalam negeri atau BPP-LN untuk luar negeri, maka sekarang telah semakin luas cakupannya dengan tersedianya Beasiswa Pendidikan Dosen Perguruan Tinggi Akademik atau Beasiswa Pendidikan Dosen PTA.

Sesuai namanya, program beasiswa yang satu ini khusus ditujukan bagi kalangan dosen baik perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ingin melanjutkan studi jenjang S2 atau S3, Anda tentu bisa saja ikut melamar dalam proses seleksi program beasiswa Pendidikan Dosen PTA ini. adapun beasiswa Pendidikan Dosen PTA ini akan menanggung biaya studi secara penuh yang disediakan oleh LPDP.

Beasiswa FINCAD

Program beasiswa S2 yang satu ini didanai oleh FINCAD yang merupakan sebuah lembaga penyedia portofolio perusahaan dan analisis resiko yang berbasis di Kanada. Setiap tahunnya FINCAD selalu membuka program beasiswa S2 khusus bagi perempuan yang ingin mengambil studi S2, baik di dalam maupun di luar negeri.

Yang pasti selama perguruan tinggi tujuan studi terakreditasi dan jurusan yang diambil masih berhubungan dengan bisnis keuangan, maka Anda tetap bisa mendaftar pada program beasiswa FINCAD. Adapun beasiswa yang diberikan berupa bantuan senilai US$20.000 untuk menunjang biaya studi pascasarjana yang ditempuh oleh para pesertanya.

Itulah beberapa informasi mengenai beasiswa S2 dalam negeri yang ada saat ini, anda bisa memilih program beasiswa yang paling cocok dengan kriteria anda. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung mengakses di laman resmi dari masing-masing pihak penyelenggara dari program tersebut, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.