Macam Macam Beasiswa Kuliah

Apakah anda saat ini sedang bingun mencari-cari jenis beasiswa yang sekiranya cocok untuk anda ikuti?  Apalagi jika anda mengetahui bagaimana besarnya manfaat dan kelebihan yang ditawarkan oleh beasiswa itu sendiri, maka sudah pasti anda saat ini sedang sangat menginginkannya.

Meski begitu, sudah menjadi kewajiban pula bagi anda untuk dapat memahami terlebih dahulu bahwa pada saat ini terdapat cukup banyak macam-macam jenis beasiswa yang tersedia, anda mungkin harus mencarinya satu per satu sesuai dengan kualifikasi yang cocok untuk anda sendiri. Dengan kata lain, mengenal macam macam beasiswa kuliah pastinya akan sangat berguna bagi anda yang ingin bisa memperoleh beasiswa sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan yang anda miliki.

Macam Macam Beasiswa Kuliah

Dari pada penasaran, berikut adalah beberapa jenis beasiswa yang telah kami rangkum dari berbagai sumber, pastikan anda menyimaknya dengan baik.

Beasiswa Penghargaan

Khusus bagi anda yang memiliki prestasi atau pencapaian di bidang akademik dengan nilai yang cukup baik maka anda layak untuk mendapatkan beasiswa penghargaan, yang satu ini memang diperuntukkan bagi siapa saja yang memiliki prestasi bagus dan dibuktikan dengan penghargaan yang telah dicapainya.

Salah satu indicator dari beasiswa yang satu ini adalah dari Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK dengan nilai rata – rata akademik yang bagus dengan standarnya masing-masing karna tiap programnya pasti berbeda. Namun tidak hanya dari sekedar nilai IPK saja, aktif dalam kegiatan di luar akademik juga bisa memberikan nilai lebih dan pertimbangan bagi penyelenggara program beasiswa tersebut untuk bisa menerima anda.

Beasiswa Bergengsi  Hari Terakhir Beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya, Pelajar SMA Sederajat Buruan Daftar!

Beasiswa Bantuan

Menggapai pendidikan setinggi mungkin merupakan impian bagi semua orang, namun sayangnya terkadang masih ada orang yang kurang beruntung karna keterbatasan secara ekonomi yang memaksanya untuk tidak bisa mengenyam bangku pendidikan kuliah. Namun untungnya masih ada program beasiswa berupa bantuan yang memang ditujukan bagi mereka yang dinilai kurang mampu secara ekonomi, namun tentu saja penerima beasiswa ini harus lah memiliki prestasi akademik yang baik sehingga dianggap layak untuk menerima beasiswa pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Adapun proses seleksi dari penerimaan beasiswa bantuan ini berlaku pada beberapa hal, di antaranya yakni pihak penyelenggara akan menilai lebih dulu sejumlah factor seperti pendapatan orang tua, jumlah saudara kandung yang masih menjalani pendidikan, serta biaya hidup yang selalu dibutuhkan oleh keluarga tersebut.

Beasiswa Penelitian

Berbeda dengan dua jenis beasiswa di atas, beasiswa penelitian sedari awal memang ditujukan bagi calon penerima yang akan melakukan penelitian pada bidang studi tertentu yang sedang dijalaninya, itu artinya siapa saja berhak untuk mengikuti program beasiswa yang satu ini mulai dari pekerja di suatu perusahaan maupun lembaga pemerintahan yang sedang menjalankan suatu proyek penelitian tertentu, serta mahasiswa yang sedang melakukan penelitan untuk keperluan universitas.

Mengingat beasiswa ini memang ditujukan untuk membiayai penelitian maka bisa dipastikan bahwa jumlah yang diberikan serta lamanya periode beasiswa akan bergantung pada lamanya proses penelitian itu sendiri, artinya setiap penerima beasiswa penelitian akan mendapatkan jumlah bantuan yang berbeda – beda baik dari nominalnya maupun periode pemberian bantuan itu sendiri.

Beasiswa non akademik

Jangan berpikir bahwa hanya prestasi akademik saja yang menjadi syarat bagi seseorang untuk bisa mendapatkan beasiswa, akan tetapi mereka yang tidak berprestasi menonjol di bidang akademik pun tetap bisa memperoleh beasiswa. Apalagi saat ini juga sudah cukup banyak lembaga maupun perguruan tinggi yang menyediakan bantuan pendidikan berupa beasiswa kepada semuanya yang memiliki prestasi di luar dari bidang akademik atau non akademik, sebagai contohnya seperi prestasi di bidang seni atau pun olahraga.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa S2 Dengan Total Hingga Rp 228 Juta di Universitas Leiden Belanda

Beasiswa Ikatan Dinas

Beasiswa yang satu ini mungkin terdengar cukup unik namun faktanya juga sangat diminati oleh semua orang, pasalnya dalam beasiswa ini para peserta diharuskan untuk mengikat dirinya dengan ikatan dinas pihak pemberi beasiswa atau dalam hal ini adalah pihak penyelenggara itu sendiri.

Tujuannya tentu saja adalah sebagai timbal balik atas beasiswa yang telah diberikan pada para pesertanya, dengan begitu maka para peserta nantinya yang telah menyelesaikan program beasiswa tersebut diwajibkan untuk bekerja atau memberikan sumbangsih pada perusahaan, instansi, atau sponsor yang menyelenggarakan program beasiswa tersebut dengan waktu yang telah ditentukan dalam perjanjian di awal.

Hal itulah yang kemudian membuat banyak orang lebih tertarik untuk mengikutinya, sebab dengan mendapatkan beasiswa ikatan dinas maka peserta tersebut tidak perlu memikirkan lagi jenjang karirnya karna setidaknya telah ada tempat yang siap untuk menjadi tujuannya dalam berkarir pasca selesainya program beasiswa tersebut.

Beasiswa Berdasarkan Pembiayaannya

Jika yang di atas merupakan beberapa jenis beasiswa yang umum diberikan pada pesertanya, maka yang satu ini merupakan cakupan dari beasiswa jika dilihat dari besarnya pembiayaan yang diberikan pada seluruh peserta dan berikut di antaranya.

Beasiswa Penuh

Sesuai namanya, beasiswa ini akan mengcover seluruh biaya pendidikan maupun penelitian yang akan dilalui oleh peserta program tersebut mulai dari awal proses pendidikan hingga selesainya program beasiswa sesuai dengan target akademik peserta itu sendiri.

Bahkan beberapa beasiswa penuh yang datang dari luar negeri tak tanggung-tanggung dalam membiayai pesertanya, karna umumnya para peserta tidak hanya diberikan biaya pendidikan saja melainkan juga biaya hidup serta tiket untuk pulang pergi selama pendidikan tersebut.

Karna bisa menutup semua biaya yang dibutuhkan selama pendidikan itulah yang pada akhirnya membuat beasiswa penuh semacam ini begitu diminati oleh banyak orang, namun tentu saja syarat untuk bisa menerimanya jelas tidak lah mudah karna tidak hanya sekedar prestasi yang bagus saja melainkan juga persaingan yang ketat antara calon peserta lainnya yang juga sama – sama kompeten untuk bisa lolos seleksi dalam penerimaan beasiswa tersebut.

Beasiswa Bergengsi  Kemenag Siapkan Beasiswa S2 Untuk Meningkatkan Kualitas Guru Madrasah

Beasiswa Sebagian

Beasiswa yang satu ini memang tidak menanggung seluruh biaya pendidikan para pesertanya melainkan hanya sebagian dari total seluruh biaya yang dibutuhkan selama menempuh pendidikan, namun tentu saja jumlahnya juga cukup lumayan dan bisa meringankan beban anda selama menjalani program studi tersebut. Sebagai gambaran, beberapa program beasiswa sebagian bisa mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, sarana pendidikan, atau malah sekedar akomodasi saja.

Meski begitu, beasiswa sebagian juga bisa sangat berarti bagi anda yang secara ekonomi mungkin merasa bahwa biaya pendidikan anda selama ini cukup membebankan anda. Menariknya lagi, beasiswa sebagian ini juga bisa dikombinasikan dengan program beasiswa lainnya sehingga memungkinkan anda untuk turut bisa menerima bantuan beasiswa dari program yang lain atau dari pihak penyelenggara lainnya.

Itulah macam macam beasiswa kuliah berdasarkan jenis dan pembiayaannya, semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan anda bisa turut mengikut program beasiswa sesuai dengan kriteria anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.