Daftar Beasiswa Kuliah Dari Pemerintah Mulai Dari S1 S2 S3

Daftar Beasiswa Kuliah Dari Pemerintah Mulai Dari S1 S2 S3

Mendapatkan pendidikan hingga ke jenjang perguruan tinggi menjadi harapan bagi banyak pelajar, meski sayangnya tidak semua pelajar bisa beruntung untuk bisa mengenyam pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

Salah satu alasan biasanya adalah karena biaya yang dibutuhkan, bagaimana pun juga biaya pendidikan kuliah memang terbilang cukup mahal, semakin tinggi jenjang pendidikan yang ditempuh maka semakin besar pula biaya yang diperlukan.

Karena alasan itulah maka beasiswa menjadi salah satu cara terbaik agar impian untuk bisa mendapatkan pendidikan di bangku universitas dapat terwujud, apalagi jika itu merupakan beasiswa penuh yang datang dari pemerintah maka sudah pasti biaya pendidikan yang dicover pun bisa sangat besar dan tak menutup kemungkinan bagi penerima beasiswa untuk turut mendapatkan uang saku dan berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Daftar Beasiswa Kuliah dari Pemerintah

Seperti yang telah disebutkan di atas, beberapa program beasiswa yang diadakan oleh pemerintah menawarkan banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh semua penerima beasiswa / awarde. Bahkan ada pun sejumlah beasiswa kuliah dari pemerintah yang membuka peluang bagi awarde untuk bisa berkuliah di luar negeri. Penasaran? Berikut kami sajikan beberapa daftar beasiswa kuliah dari pemerintah Indonesia yang selalu diadakan tiap tahunnya.

Beasiswa LPDP

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan lembaga yang dibentuk oleh pemerintah Indonesia untuk menyelenggarakan program beasiswa dan mengelola aliran dana yang dialokasikan khusus untuk bantuan pendidikan. Program ini diperuntukkan khusus untuk kalangan pelajar dan mahasiswa berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik yang ditujukan untuk dalam rangka pembangunan bangsa dan negara.

Beasiswa Bergengsi  Cara Membuat SKTM Untuk Beasiswa

Tak tanggung – tanggun, program Beasiswa LPDP juga memberikan penawaran bantuan pendidikan sampai jenjang S3. Adapun manfaat yang diberikan dalam program ini mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, akomodasi perjalan, asuransi kesehatan, biaya visa, biaya tunjangan keluarga, dan masih banyak biaya lainnya yang akan didapatkan awarde selama menjalani masa kuliah.

Beasiswa PPA

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) juga menjadi salah satu program beasiswa yang diadakan oleh pemerintah Indonesia, tepatnya melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi RI. Program bantuan pendidikan ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang akademik dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari jenjang D3, D4, dan S1.

Beasiswa PPA juga kerap dikenal sebagai beasiswa kuliah semester 2 mengingat salah satu syaratnya memang mengharuskan calon penerima beasiswa merupakan mahasiswa aktiv yang sedang menjalani masa kuliah, jadi bukan calon mahasiswa atau mahasiswa baru / maba.

Manfaat yang diberikan melalui program beasiswa ini juga cukup besar, yakni mencapai Rp 400 ribu per bulan yang akan diberikan selama satu tahun dan berlangsung hingga dua periode.

Beasiswa Unggulan Kemdikbud Ristek

Melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), pemerintah indonesia juga turut menyalurkan dana bantuan pendidikan melalui program bertajuk Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek. Dalam program beasiswa ini pemerintah membagi beasiswa dalam 4 kategori, berikut di antaranya.

Beasiswa Berprestasi

Ini merupakan bantuan pendidikan yang diberikan khusus kepada pelajar dan mahasiswa yang berprestasi  di bidang akademik maupun non akademik.

Beasiswa Pegawai Kemendikbudristek

Sesuai namanya, program beasiswa ini hanya diperuntukkan khusus bagi kalangan aparatur sipil negara (ASN) yang bekerja di lingkungan Kemdikbudristek atau pun Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Daerah.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa SMA di Korea

Beasiswa Penyandang Disabilitas

Kategori beasiswa ini diselenggarakan khusus bagi mahasiswa penyandang disabilitas, baik disabilitas fisik, intelektual, mental, maupun sensorik.

Beasiswa Penghargaan

Yang satu ini merupakan kategori beasiswa yang khusus diberikan untuk mahasiswa dengan orang tua yang telah gugur saat mengabdi pada negara.

Beasiswa KIP Kuliah

Melalui program Kartu Indonesia Pintar (KIP), Pemerintah Indonesia juga menyelenggarakan beasiswa yang selalu rutin dibuka pendaftarannya setiap tahun. Ini merupakan program bantuan pendidikan yang dikhususkan bagi para penerima KIP Kuliah, terutama dari kalangan pelajar di tingkat SMA / SMK / MA Sederajat yang baru lulus atau maksimal telah lulus dalam 2 tahun terakhir.

Salah satu syarat utama untuk menjadi penerima beasiswa KIP Kuliah adalah berasal dari keluarga kurang mampu, selain harus memiliki potensi akademik yang baik dan dapat dibuktikan melalui Surat Keterangan Tidak Mampu atau pun sertifikat / piagam yang pernah didapat selama berada di bangku sekolah.

Demikian lah beberapa daftar beasiswa kuliah dari pemerintah Indonesia yang bisa anda ikuti, pastikan anda telah memenuhi semua syarat yang dibutuhkan agar proses seleksi pun dapat anda lalui dengan lancar. Semua program beasiswa yang telah disebutkan di atas memang selalu rutin diadakan setiap tahunnya, artinya anda masih memiliki kesempatan setiap tahun untuk bisa mengikuti proses seleksi yang biasanya diadakan jelang tahun ajaran baru. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.