Beasiswa S2 ke Italia 2023

Kerjasama antara Internasional Direktorat Jenderal Diplomasi Publik Kebudayaan, Italian Trade Agency (ITA), dan Uni-Italia serta Kementerian Luar Negeri melalui dukungan Unioncamere Unioncamere (Italian Chambers of Commerce) & Confindustri (Confederation of Italian Industries) dalam waktu dekat akan membuka Program Beasiswa Invest Your Talent in Italy (IYT).

Melansir dari situs resminya, program beasiswa ini akan diberikan kepada siswa internasional setelah menyadari akan pentingnya peran mahasiswa internasional sebagai instrumen fundamental dalam upaya internasionalisasi negara.

Adapun program beasiswa ini akan tersedia untuk program Master (S2) melalui Institut Pendidikan Tinggi di Italia yang merupakan salah satu bagian dari Program IYT.

Perlu diketahui juga bahwa program beasiswa ini hanya diperuntukkan bagi pelajar / lulusan yang lahir pada atau setelah tanggal 1 Januari 1996, kecuali bagi mereka yang mengajukan perpanjangan beasiswa ini.

Persyaratan Dokumen

Proses pendaftaran program beasiswa ini rencananya akan mulai dibuka pada awal tahun 2023 nanti, berikut ini adalah sejumlah dokumen yang harus disiapkan sebagai syarat mendaftar seleksi beasiswa.

  • Transkrip nilai akademik (mencakup ujian dan nilai studi)
  • Sertifikat gelar akademik / sarjana pertama
  • Dokumen pendukung lainnya yang diterbitkan dalam bahasa Inggris / Prancis / Spanyol
  • Video perkenalan diri dan motivasi belajar di IYT yang berkaitan dengan Italia (video dikirim menggunakan format mp4 dan berukuran maksimal 10 MB)
  • Resume / Curriculum Vitae (CV)
  • Sertifikat bahasa Inggris (tingkat B2) dari Common European Framework Reference for Languages (CEFR)
  • Sertifikat bahasa Italia jika ada (nilai lebih)
  • Paspor yang masih aktif
  • Semua dokumen dikirim dalam format PDF berukuran maksimal 1 MB (kecuali video).

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan anda harus terlebih dahulu memeriksakan universitas dan course terdaftar di https://postgradinitaly.esteri.it/postgradinitaly/en/iyt-courses. Adapun bidang studi yang tersedia antara lain Engineering – Advanced Technology, Manajemen Ekonomi, dan Desain-Arsitektur.

Setelah mendapatkan course, anda harus menghubungi universitas sebagai tahap pra-aplikasi yang sekaligus menjadi bukti bahwa anda adalah pelamar IYT. Setelah itu barulah anda bisa mulai mengisi form pendaftaran secara daring, tepat setelah pra-aplikasi tersebut dikirimkan.

Benefit Beasiswa

Manfaat yang diberikan oleh program beasiswa ini terbilang cukup besar, yakni senilai € 8.100 atau sekitar Rp 134.5 juta, atau per bulannya sebesar € 900,00 atau sekitar Rp 14.9 juta yang akan diberikan selama 9 bulan, termasuk pembebasan biaya kuliah.

Namun perlu diketahui, beasiswa ini belum mencakup biaya Tassa Regionale per il Diritto allo Studio atau Pajak Daerah setempat, materai, asuransi kecelakaan, tanggung jawab perdata, dan asuransi kesehatan.

Dengan kata lain, para penerima beasiswa diwajibkan untuk berlangganan polis asuransi kesehatan sebagai penanggung biaya ketika sakit atau mengalami kecelakaan selama menjalani masa kuliah.

Selain itu, program beasiswa ini juga telah mencakup kegiatan magang wajib di sejumlah perusahaan di Italia yang merupakan mitra dari program tersebut.

Demikian lah informasi beasiswa kuliah S2 di Italia melalui program Invest Your Talent in Italy. Meski untuk pendaftarannya baru akan dibuka sekitar awal bulan maret 2023 namun persiapakan sudah harus disiapkan sedini mungkin, karena pastinya kesempatan untuk berkuliah S2 di Italia melalui beasiswa sangat jarang ditemukan. Untuk info selengkapnya bisa dilihat di https://investyourtalentapplication.esteri.it/SitoInvestYourTalentApplication/progetto.asp. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment