Jadwal Dan Syarat Daftar Beasiswa LPDP

Dalam perkembangannya, tuntutan jaman kian meningkat dan kebutuhan untuk bisa menjadi pribadi yang unggul dalam akademis seolah merupakan tuntutan yang harus dipenuhi oleh semua insan di dunia. Hal tersebut juga berlaku pada masyarakat Indonesia yang dalam perkembangannya telah mengalami persaingan global yang luar biasa, untuk alasan itulah maka pendidikan formal menjadi suatu hal yang wajib dilalui oleh semua kalangan, bahkan bagi yang terkendala masalah keuangan sekalipun.

Pemerintah Indonesia telah berulangkali mengadakan program beasiswa kepada semua warga masyarakatnya, beberapa di antaranya bahkan ada yang memberikan beasiswa dalam jumlah yang sangat besar dan bisa menggratiskan seluruh biaya kepada para peserta beasiswa tersebut. Salah satunya adalah Beasiswa LPDP, yang setiap tahunnya memang selalu diadakan oleh pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP.

Jadwal Dan Syarat Daftar Beasiswa LPDP

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP kini kembali membuka pendaftaran beasiswanya yang telah dijadwalkan bakal dimulai pada 25 februari 2022, hal tersebut juga telah dikonfirmasi langsung melalui akun resmi @lpdp_ri yang melalui PIC Beasiswa LPDP Berliana Abidah Oktoviani mengatakan bahwa pembukaan LPDP akan mulai dibuka pada 25 februari.

Pengumuman tersebut jelas telah menarik perhatian apalagi bagi mereka yang masih haus akan pendidikan formal dan terus ingin menggapai cita-citanya sesuai dengan bakat dan potensi yang dimiliki, terlebih saat ini pendidikan formal di jenjang tertentu terasa semakin berat karna besarnya biaya yang dibutuhkan untuk melaluinya.

Syarat Daftar Beasiswa LPDP

Dengan pengumuman yang langsung berasal dari PIC Berliana Abidah maka sudah pasti informasi mengenai pendaftaran beasiswa LPDP jelas sangatlah dinantikan oleh semua orang, anda mungkin termasuk di dalamnya.

Beasiswa Bergengsi  Pemkot Surabaya Buka Pendaftaran Beasiswa Gelombang 2 Khusus Pelajar

Nah bagi anda yang penasaran dan tertarik untuk mencobanya, pastikan anda telah mengetahui syarat apa saja yang harus disiapkan untuk mendaftar beasiswa LPDP. Menurut Berliana, pendaftaran beasiswa lpdp harus menyertakan syarat umum seperti ijazah terakhir, transkrip nilai, serta sertifikat bahas inggris yang wajib dimiliki oleh semua calon pendaftarnya.

Namun itu saja belum cukup, karna semua calon pendaftar juga harus melakukan registrasi pendaftaran beasiswa LPDP melalui link resmi beasiswalpdp.kemenkeu.go.id yang bisa dilakukan untuk semua tujuan mulai dari kelompok beasiswa afirmasi, targeted, dan juga umum.

Berikut adalah paparan singkat untuk syarat yang wajib anda persiapkan dalam proses pendaftaran beasiswa lpdp 2022:

  • Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan KTP dan KK
  • Telah selesai menempuh program Diploma empat atau D4 maupun S1 untuk beasiswa magister, program magister S2 untuk beasiswa doctor, dan D4 atau S1 langsung doctor dengan lulusan Perguruan Tinggi Negeri yang terakreditasi oleh BANPT maupun perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh direktorat jenderal pendidikan tinggi kementerian pendidikan dan kebudayaan republic Indonesia, atau kedutaan besar RI di Negara asal perguruan tinggi tersebut.
  • Tidak sedang menuntut jenjang pendidikan baik program magister maupun doctor baik di perguruan tinggi negeri maupun luar negeri.
  • Tidak pernah menyelesaikan studi magister S2 maupun S3 pada program beasiswa doctor.
  • Menyertakan surat rekomendasi dari akademi sebelumnya bagi yang belum bekerja atau surat rekomendasi dari atasan bagi yang telah bekerja.
  • Menentukan pilihan perguruan tinggi tujuan nantinya dan program studi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dalam program beasiswa LPDP.
  • Mengisi semua form dalam pendaftaran online.
  • Membuat statement pribadi.
  • Menuliskan komitmen untuk kembali ke Indonesia dengan rencana kontribusi di Indonesia pasca studi dari beasiswa LPDP.
  • Membuat proposal penelitian bagi calon peserta dari program pendidikan doctor.
  • Mengupload dokumen sertifikat kemampuan bahasa inggris yang berlaku dan dirilis oleh ETS, PTE Academic, maupun IELTS dengan nilai yang telah ditentukan.
Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Daewoong Foundation Berikan Hingga Rp 6.9 Miliar Termasuk Pelatihan Pengembangan di Luar Negeri

Proses Seleksi Beasiswa LPDP

Sebagaimana pendaftaran program beasiswa lainnya, proses seleksi juga turut menjadi tahapan yang harus dilalui oleh semua calon peserta, berikut di antaranya.

  • Seleksi Administrasi

Dalam tahapan ini seluruh calon peserta yang sudah mendaftarkan diri di situs resmi beasiswa lpdp akan melalui seleksi administrasi, dalam proses ini semua berkas dokumen yang telah dikumpulkan atau diunggah dalam proses pendaftaran tadi akan langsung diperiksa secara otomatis maupun manual. Yang berhasil tentu adalah pendaftar yang sukses mengunggah semua berkas yang dibutuhkan sesuai dengan syarat yang telah ditentukan sebelumnya.

  • Seleksi Bakat Skolastik

Pada tahap yang satu ini panitia akan mengukur kemampuan kognitif dan intelegensi para pendaftar dengan materi yang meliputi penalaran verbal, pemecahan masalah, dan numeric. Sementara secara dokumen, para peserta haruslah memiliki Letter of Acceptance Unconditional atau LoA dari perguruan tinggi yang akan dituju dalam program beasiswa LPDP. Pendaftar yang lolos dengan LoA Unconditional yang diakui LPDP bisa langsung melaju ke tahap seleksi yang selanjutnya.

  • Seleksi Substansi

Untuk proses seleksi yang berikutnya para pendaftar diharuskan untuk menulis essay on the spot yang berkaitan dengan segala informasi terbaru dan hangat, itu artinya untuk bisa sukses melalui seleksi ini maka anda diharapkan untuk bisa mengikuti semua isu terkini dari berbagai hal dan pastinya bisa ditulis dengan cara penulisan yang baik pula.

Menariknya, tidak semua isu terkini bisa anda kuasai sebelumnya, itu berarti para peserta tidak akan diberikan kisi-kisinya dan murni untuk langsung menulis saat itu juga. Dengan demikian, pemahaman anda akan situasi dan berita terkini sangatlah dibutuhkan karna akan memberikan penilaian tersendiri dalam seleksi substansi.

Beasiswa Bergengsi  Unusa Siapkan Beasiswa Bagi Calon Mahasiswa Yang Gagal SBMPTN, Syaratnya Cukup Tunjukkan Kartu UTBK

Jadwal Seleksi Beasiswa LPDP

Bagi anda yang sudah mendaftarkan diri dalam program beasiswa lpdp pastinya tak sabar lagi untuk segera mengikuti seleksinya bukan? Nah berikut ini adalah urutan jadwal seleksi dari tahap 1 beasiswa lpdp yang wajib anda tahu.

  • Pendaftaran beasiswa: 25 februari sd 27 maret 2022
  • Seleksi administrasi: 28 maret sd 11 april 2022
  • Seleksi bakat Skolastik: 18 sd 22 april 2022
  • Seleksi Substansi: 16 mei sd 25 juni 2022

Itulah jadwal seleksi beasiswa lpdp untuk tahap pertama, lantas bagaimana dengan tahap keduanya? Berikut adalah jadwal seleksi lpdp tahap kedua yang perlu anda catat baik – baik.

  • Pendaftara beasiswa: 4 juli sd 5 agustus 2022
  • Seleksi administrasi: 8 sd 19 agustus 2022
  • Seleksi bakat Skolastik: 29 agustus sd 10 september 2022
  • Seleksi Substansi: 26 september sd 4 november 2022

Demikian info terkait beasiswa lpdp 2022 yang bakal digelar oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan baik di tahap 1 maupun tahap 2, anda bisa mencobanya sesuai dengan kompetensi diri anda masing-masing namun selalu pastikan bahwa semua syarat dan tahapan seleksi telah anda ketahui agar nantinya proses pendaftaran pun bisa dilakukan dengan sukses. Semoga artikel kali ini bisa memberi manfaat bagi anda maupun orang di sekitar, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *