Beasiswa Karawang Cerdas

Program Beasiswa Karawang Cerdas

Harus diakui bahwa untuk beasiswa memang tidak lah mudah, meski ada banyak sekali program beasiswa yang ada saat ini namun pada umumnya setiap program beasiswa pasti menetapkan sejumlah persyaratan yang mungkin belum bisa dipenuhi oleh kebanyakan orang, belum lagi dengan tingginya persaingan dengan pendaftar lainnya yang semakin membuat program beasiswa selalu sulit untuk di dapat.

Tapi ada yang menarik kali ini, jadi apakah anda kelahiran kabupaten karawang dan masih berdomisili di karawang? Jika iya maka anda bisa coba mendaftar program beasiswa satu ini yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah kabupaten karawang.

Apa itu Beasiswa Karawang Cerdas?

Sebagaimana diketahui, beasiswa karawang cerdas merupakan sebuah program bantuan beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah kabupaten karawang yang diperuntukkan bagi kalangan pelajar di tingkat SMA / SMK / MA sederajat hingga mahasiswa yang diketahui sudah dimulai sejak tahun 2018 dan di tahun ini beasiswa karawang cerdas akan kembali diselenggarakan.

Seperti halnya program beasiswa pada umumnya, melalui beasiswa karang cerdas inilah pemerintah daerah kabupaten karawang mencoba untuk mendorong siswa penerima bantuan agar lebih meningkatkan prestasinya dan dapat memotivasi siswa lain, mengurangi jumlah siswa yang putus sekolah karna alasan ekonomi, serta memberikan penghargaan bagi siswa yang berprestasi di bidang akademik dan non akademik.

Program Beasiswa Karawang Cerdas

Jenis Beasiswa

Perlu diketahui, beasiswa karawang cerdas dibuat dengan menyasar pada beberapa targetnya sesuai dengan jenis beasiswa yang diberikan dan berikut adalah beberapa jalur peruntukkan bagi para penerima beasiswa tersebut.

Beasiswa Bergengsi  Daftar Beasiswa Luar Negeri Dengan Nilai Rapor

Jalur Prestasi

Dilihat dari namanya maka sudah pasti beasiswa yang satu ini memang dirancang hanya untuk kalangan pelajar dan mahasiswa berprestasi, baik secara akademik maupun non-akademik. Itu artinya anda yang memiliki prestasi atau catatan nilai yang bagus baik nilai rapor untuk pelajar sekolah menengah atau IPK untuk kalangan mahasiswa maka berhak untuk mengikuti program beasiswa jalur prestasi yang diadakan oleh Pemerintah daerah kabupaten karawang ini.

Jalur Keluarga Ekonomi Tidak Mampu

Seperti yang telah disebutkan sekilas di atas, beasiswa karawang cerdas juga tidak hanya menyasar pada kalangan pelajar dan mahasiswa berprestasi saja, akan tetapi beasiswa ini juga diperuntukkan bagi mereka yang berasal dari kalangan keluarga yang kurang mampu secara finansial.

Ada beberapa kriteria yang menjadi dasar pendaftar bisa lolos dalam program beasiswa yang satu ini, salah satunya adalah dari besaran jumlah penghasilan atau gaji orang tua / wali dalam sebulannya, termasuk dengan pengeluaran biaya hidup seperti SPP, uang saku, hingga biaya tagihan listrik di tempat tinggalnya.

Tidak hanya itu, tim penyeleksi dari program beasiswa karang cerdas ini juga akan melakukan verifikasi sesuai dengan data dari setiap pendaftarnya, itu artinya para penerima beasiswa untuk jalur yang satu ini dapat dipastikan hanya dari kalangan yang tidak mampu secara ekonomi.

Jalur PNS

Tidak hanya dua kriteria di atas, program beasiswa karawang cerdas juga turut menyasar kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam proses seleksinya, itu artinya setiap PNS yang ingin melanjutkan pendidikannya di jenjang yang lebih tinggi akan sangat mungkin untuk mendapat bantuan keringanan biaya pendidikan melalui beasiswa karawang cerdas.

Jadi, bagi anda atau saudara yang telah diangkat menjadi PNS dan ingin melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi maka tidak ada salahnya untuk coba mendaftar dalam program penerimaan beasiswa karawang cerdas tahun ini.

Beasiswa Bergengsi  Kriteria Dan Persyaratan Beasiswa S2 Unpad 2022

Jalur Disabilitas

Pemerintah daerah kabupaten karawang juga sangat memperhatikan nasib para penyandang disabilitas, hal ini bisa dibuktikan dari jalur khusus pada penerimaan beasiswa karawang cerdas yang diperuntukkan bagi kalangan disabilitas.

Sejumlah syarat khusus pun ditetapkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku baik dari pihak sekolah atau lembaga pendidikan itu sendiri maupun dari pemerintah daerah kabupaten karawan sebagai pihak yang menyelenggarakan program bantuan pendidikan ini.

Jalur Paskibra Tingkat Kabupaten

Seolah sudah menjadi kodrat bagi para paskibra, tidak hanya mendapat gengsi atas prestasinya karna bisa masuk dalam jajaran Pasukan Pengibar Bendera saja tetapi ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan seperti salah satunya adalah beasiswa karawang cerdas.

Melalui program beasiswa yang satu ini, pemerintah daerah kabupaten karawang memberikan apresiasi kepada semua paskibra asal karawang dengan bantuan keringanan biaya pendidikan, tentu ini bisa menjadi suatu bentuk apresiasi yang sangat tepat untuk diberikan pada paskibra.

Keuntungan dari Beasiswa Karawang Cerdas

Seperti halnya program beasiswa pada umumnya, beasiswa karawang cerdas juga menetapkan beberapa jenis bantuan yang diberikan kepada semua penerima yang telah dinyatakan lolos dalam semua tahapan seleksi. Beberapa di antaranya ada bantuan yang mengcover secara penuh seluruh biaya pendidikan para peserta didiknya, namun ada juga yang hanya meringankan biaya pendidikan itu sendiri. Penasaran? Berikut adalah beberapa benefit yang bisa anda dapatkan dari beasiswa karawang cerdas tahun ini.

  • Tunjangan beasiswa per tahun bagi pelajar di sekolah menengah sebesar Rp 1.4 juta selama maksimal hingga 3 tahun
  • Bantuan beasiswa jalur prestasi mencapai 25% dari jumlah biaya pendidikan

Ketentuan Lainnya

Jika anda sudah memahami tentang semua hal di atas, maka yang berikut ini adalah beberapa ketentuan lainnya yang juga wajib anda ketahui sebelum mendaftarkan diri dalam program beasiswa karawang cerdas.

Beasiswa Bergengsi  Daftar Beasiswa Dalam Negeri 2022

Pembuatan Tabungan

Membuat rekening tabungan baru bagi kalangan pelajar yang sudah dinyatakan diterima sebagai peserta program beasiswa karawang cerdas, adapun bank yang ditunjuk adalah sesuai dengan ketentuan dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang yang nantinya setiap peserta juga akan mendapat kartu ATM Karawang Cerdas. Pencairan dana bantuan dari program beasiswa ini nantinya akan dilakukan secara mandiri atau kolektif yang diperuntukkan sebagai bantuan untuk biaya pendidikan dan penunjangnya.

Seleksi Administrasi

Pendaftaran program beasiswa karawang cerdas juga dilakukan sesuai dengan tahapan seleksi yang dilakukan oleh panitia penerima dari program beasiswa tersebut, seleksi Administrasi sendiri merupakan tahapan penyaringan sesuai berkas kelengkapan yang dimiliki oleh para pendaftar sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan.

Panitia seleksi nantinya berasal dari tim pemerintah daerah sesuai dengan Surat Keputusan Bupati, panitia nantinya akan mengumumkan hasil verifikasi sesuai jadwal yang ditentukan. Berikut adalah beberapa urutan dalam proses seleksi penerimaan beasiswa karawang cerdas.

  • Verifikasi calon penerima beasiswa yang dilakukan oleh Tim Verifikator dari Pemerintah Kabupaten Karawang
  • Tim verifikator akan melakukan seleksi administrasi terhadap pelajar dan mahasiswa calon penerima beasiswa
  • Panitia seleksi akan mengusulkan hasil validasi langsung ke Bupati untuk ditetapkan menjadi surat keputusan penerima beasiswa karawang cerdas
  • Panitia seleksi beasiswa nantinya akan mengunggah hasil seleksi sebagai pengumuman siapa saja yang berhasil lolos dari seleksi

Demikian lah beberapa informasi penting mengenai program beasiswa karawang cerdas yang telah kami himpun dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.