Deadline Pendaftaran Diundur, Ayo Daftar Beasiswa Stimulan Pemkot Balikpapan 2023

Setelah sempat menjadi perbincangan di antara para pemburu beasiswa terkait jadwal pendaftaran yang hanya berakhir hingga tanggal 28 April 2023, namun ada kabar gembira kali ini karena Pemerintah Kota Balikpapan secara resmi memperpanjang periode pendaftaran untuk program Beasiswa Stimulan sampai dengan tanggal 8 Mei 2023.

Sebagaimana diketahui, program beasiswa yang diadakan oleh Pemkot Balikpapan ini merupakan program bantuan dana pendidikan yang diperuntukkan khusus bagi para mahasiswa asal Balikpapan mulai dari jenjang D3 sampai dengan S3. Hal inilah yang membuat banyak mahasiswa sempat menyayangkan telah ditutupnya masa pendaftaran beasiswa, namun dengan diperpanjangnya periode pendaftaran maka ini bisa menjadi kesempatan yang sangat baik dan tak boleh disia – siakan.

Benefit Beasiswa

Total ada 838 kuota beasiswa yang disiapkan oleh Pemkot Balikpapan pada program kali ini. Yang pasti itu merupakan jumlah kuota yang cukup besar apalagi hanya ditujukan hanya kepada kalangan mahasiswa asal Balikpapan saja, jadi jangan sia – siakan kesempatan ini dan pastikan untuk ikut serta ambil bagian dalam program Beasiswa Stimulan 2023 terutama bagi anda yang memiliki prestasi di bidang akademik.

Tak tanggung – tanggung, Pemkot Balikpapan juga akan memberikan total dana pendidikan mencapai Rp 4 sampai dengan 10 juta kepada para penerima beasiswa.

Tahapan Seleksi

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya bagi anda untuk menyimak lebih dulu tahapan dan jadwal seleksi pada program Beasiswa Stimulan 2023 berikut ini:

Beasiswa Bergengsi  Ingin Kuliah S1 Gratis di Amerika? Beasiswa Trustee Scholarship 2022 Wajib Dicoba

Tahap I

  • Pengumumam pendaftaran
  • Pendaftaran online
  • Verifikasi dan seleksi nilai
  • Pengumuman hasil seleksi tahap I

Tahap II

  • Pengiriman dokumen administrasi
  • Verifikasi berkas pendaftaran
  • Pengumuman hasil verifıkasi dan peserta pengganti (jika ada)

Tahap III

  • Penerimaan berkas pendaftaran peserta pengganti
  • Verifıkasi berkas peserta pengganti
  • Pengumuman hasil verifıkasi

Tahap IV

  • Pengumuman Ketetapan Penerima Beasiswa Stimulan Pendidikan Tinggi Kota Balikpapan 2023

Tahap V

  • Proses pembagian dana beasiswa kepada penerima beasiswa

Syarat dan Ketentuan Beasiswa

Berikut ini adalah beberapa ketentuan Beasiswa Stimulan Pendidikan Tinggi Pemkot Balikpapan 2023 yang wajib diketahui:

Teknis Pendaftaran

Pendaftaran hanya bisa dilakukan secara online dengan mengisi formulir pendaftaran online dan lampiran Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Balikpapan disertai Kartu Hasil Studi (KHS) pada semester ganjil terakhir.

Ketentuan Nilai

Selain menyerahkan KHS, pendaftar juga wajib mengetahui nilai Indeks Prestasi KHS dari semester ganjil terakhirnya. Adapun ketentuan nilai yang ditetapkan adalah minimal IPK 2.75 untuk mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN), 3.00 untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS), dan 2.50 untuk mahasiswa Kedokteran Umum dan Gigi.

Ketentuan Semester

Tidak hanya melihat dari jenjang pendidikan yang diambil saja, Pemkot Balikpapan juga menetapkan ketentuan bagi para calon penerima beasiswa Stimulan 2023, seperti maksimal semester 5 untuk mahasiswa jenjang Diploma III, semester 7 untuk mahasiswa jenjang Diploma lV / Sarjana (S1), serta maksimal semester 3 untuk mahasiswa jenjang Magister (S2) dan Doktoral (S3).

Akreditasi Program Studi

Terdapat pula standarisasi akreditasi dari jenjang perguruan tinggi terkait, yakni minimal akreditasi B untuk semua jenjang pendidikan mulai dari Diploma, Sarjana, Magister, hingga Doktoral.

Persyaratan Dokumen

Dalam proses mendaftar, beberapa dokumen wajb dilampirkan bersama dengan Formulir Pendaftaran yang sudah dicetak dan diisi dengan lengkap, berikut di antaranya:

  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) asal Kota Balikpapan
  • Surat Keterangan Aktif Kuliah asli terbaru dengan semester berjalan yang dibuat oleh perguruan tinggi terkait
  • Surat Keterangan Akreditasi prodi dari perguruan tinggi terkait (wajib tertera nama pejabat yang bersangkutan, tanda tangan asli, dan stempel basah) atau bisa menyertakan salinan Sertifikat Akreditasi dari BAN PT
  • KHS asli semester ganjil terakhir atau salinan nilai KHS semester ganjil terakhir yang sudah dilegalisir oleh kampus terkait
  • Fotokopi buku tabungan dengan rekening bank yang masih aktif milik pendaftar
  • Surat pernyataan sedang tidak menerima beasiswa yang diselenggarakan oleh pihak lain dengan dibubuhi materai Rp 10.000 yang diketahui oleh pihak perguruan tinggi terkait
  • Surat pernyataan tidak pernah terlibat narkoba dan bukan perokok aktif dengan disertai tandatangan di atas materai Rp 10.000 diketahui oleh orang tua / wali (kecuali bagi yang sudah menikah, bisa diganti oleh pasangan istri / suami)
Beasiswa Bergengsi  Siapkan Banyak Beasiswa, STIA AAN Yogyakarta Terbukti Unggul Cetak Lulusan Siap Kerja

Perlu diketahui juga, semua berkas dokumen di atas wajib disatukan ke dalam map dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Map warna Hijau untuk pendaftar dari jenjang Diploma III (D3)
  • Map warna Merah untuk pendaftar dari jenjang Diploma IV (D4) dan Sarjana (S1)
  • Map warna Kuning untuk pendaftar dari jenjang Sarjana (S1) Jurusan kedokteran Umum dan Kedokteran gigi
  • Map warna Biru untuk pendaftar dari jenjang Magister (S2)
  • Map warna Putih untuk pendaftar dari jenjang Doktoral (S3)

Ketentuan Pendaftaran

Dalam proses seleksinya, setiap pendaftar juga wajib mengetahui secara pasti skema penerimaan Beasiswa Stimulan Pemkot Balikpapan 2023, antara lain:

  • Berkas pendaftar yang telah dinyatakan gugur atau tidak memenuhi syarat yang ditentukan dan telah melalui verifıkasi tahap kedua, maka berkas tersebut akan digantikan oleh pendaftar lainnya yang memiliki nilai KHS lebih tinggi
  • Pengumuman Penetapan Calon Penerima Beasiswa akan dilakukan melalui laman resmi Pemerintah Kota Balikpapan dan papan pengumuman di kantor Bagian Kesejahteraan Rakyat Wali Kota Balikpapan
  • Proses pembagian dana beasiswa akan ditransfer langsung oleh Pemkot Balikpapan kepada para penerima Beasiswa Stimulan Pendidikan Tinggi 2023 sesuai nomor rekening yang sudah didaftarkan

Itulah tadi info Beasiswa Stimulan Pemkot Balikpapan 2023. Bagi anda yang memenuhi semua syarat di atas dan selama ini telah menantikan kesempatan meraih pendidikan tinggi melalui program beasiswa, maka segera saja daftarkan diri anda dengan mengisi formulir online di sini sebelum tanggal 8 Mei 2023.

Jangan sia – siakan kesempatan kedua yang telah diberikan oleh Pemerintah Kota Balikpapan melalui perpanjangan periode pendaftaran beasiswa ini. Semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *