Beasiswa Kuliah S1 di SGU untuk Calon Maba 2023

Sebagai salah satu universitas swasta di Indonesia yang menyediakan program gelar ganda / double degree tingkat internasional, Swiss German University (SGU) membuka program beasiswa yang diperuntukkan bagi putra putri terbaik Indonesia untuk memperoleh gelar sarjana sekaligus bachelor degree langsung dari Jerman dan Swiss.

Adapun khusus untuk program sarjana (S1), para lulusan di SGU akan memperoleh 2 ijazah sekaligus, yakni sarjana dari Indonesia dan juga dari partner universitas SGU yang berada di Eropa.

Sebagaimana diketahui, program double degree yang diselenggarakan kali ini tidak hanya terbatas pada pendidikan saja, melainkan juga akan memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa yang ingin magang di Eropa (tepatnya mulai dari semester 6) atau bisa juga magang di dalam negeri sesuai tujuan masing – masing.

Persyaratan Dokumen

Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa di SGU khususnya bagi para calon mahasiswa baru Intake 2023/2024.

  • Salinan rapor (Kelas X – XII) yang sudah dilegalisir oleh pihak sekolah
  • Salinan kartu Identitas diri (KTP / SIM / Paspor) bagi pelajar lokal
  • Salinan Paspor dan KITAS (khusus bagi siswa Internasional)
  • Pasfoto ukuran 4 x 6 cm (berlatar belakang merah) sebanyak 2 lembar
  • Salinan akte Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK)
  • Surat Keterangan Dokter (tidak buta warna) khusus bagi pendaftar jurusan Ilmu dan Teknologi Hayati
  • Fotokopi Ijazah pendidikan terakhir (SMA / SMK / MA) yang sudah dilegalisir oleh pihak sekolah
  • Salinan SKHUN SMA / SMK / MA yang sudah dilegalisir oleh pihak sekolah.

Sebagai informasi, semua syarat dan ketentuan berlaku bagi setiap mahasiswa yang akan masuk melalui jalur beasiswa (dengan lebih dulu menyerahkan seluruh dokumen yang dibutuhkan). Adapun kandidat yang dinilai memenuhi syarat akan berkesempatan mengikuti tes wawancara dan pengumuman beasiswa akan ditetapkan menyusul setelah seluruh persyaratan dilengkapi.

Jenis Beasiswa

Dilansir dari laman resminya, SGU membuka 3 jenis beasiswa sekaligus untuk mahasiswa dan calon mahasiswa baru di tahun akademik 2023/2024 mendatang, berikut penjelasan lengkapnya.

Beasiswa Foundation

Beasiswa ini diberikan pada para calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik yang baik namun berasal dari keluarga tidak mampu atau mengalami masalah dalam pembiayaan kuliah. Adapun dana bantuan pendidikan yang diberikan berupa potongan biaya kuliah 100%, termasuk development fee dan semester fee. Berikut ini adalah sejumlah persyaratan yang harus dilengkapi.

  • Memenuhi semua persyaratan umum dan mengikuti Entrance Test di SGU
  • Lolos Entrance Test di SGU dengan minimal nilai 65
  • Memiliki nilai rapor rata – rata SMA minimal 80
  • Membuat esai sebanyak 250 kata dengan tema Why SGU Should Provide You a Scholarship
  • Surat Rekomendasi dari pihak sekolah dengan ditandatangani kepala sekolah
  • Surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari kelurahan setempat
  • Fotokopi slip gaji / penghasilan orang tua atau wali
  • Fotokopi tagihan listrik, air, dan / atau telepon rumah dalam 3 bulan terakhir
  • Fotokopi pembayaran PBB (Pajak Bumi Bangunan) terakhir
  • Lulus dari SMA (maksimal tahun 2018)
  • Siap mempertahankan nilai IPK minimal 3.00

Beasiswa Siblings Benefit

Beasiswa ini diberikan bagi calon mahasiswa yang diketahui memiliki saudara kandung yang sedang berkuliah di SGU, baik masih sebagai mahasiswa aktif maupun sudah lulus. Bantuan dana pendidikan yang diberikan dalam beasiswa ini adalah berupa potongan biaya hingga 50% selama 8 semester atau 4 tahun sebagai development fee dan semester fee. Adapun syarat untuk mendapatkan beasiswa ini hanya diharuskan memenuhi persyaratan lulus masuk di SGU.

Beasiswa Best Grade

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa aktif di Swiss German University (SGU) yang memiliki prestasi akademik yang baik di tiap semesternya. Mahasiswa penerima beasiswa ini akan mendapatkan bantuan dana pendidikan berupa subsidi 25% sebagai semester fee (terhitung mulai dari semester 2).

Adapun syarat untuk mendapatkan beasiswa ini adalah diharuskan memiliki IPK minimal 3.5 serta mengajukan permohonan beasiswa secara mandiri ke bagian Akademik SGU di tiap akhir semester (setelah nilai diumumkan). Namun perlu diingat, mahasiswa yang telah mendapatkan beasiswa ini tidak diperkenankan memperoleh atau mendaftar program beasiswa lainnya.

Demikian lah informasi beasiswa kuliah di SGU khusus bagi calon mahasiswa baru Intake 2023/2024. Bagi anda yang merasa memenuhi semua persyaratan di atas dan tertarik untuk mencobanya, maka segera daftarkan diri anda segera melalui bagian akademik di kampus Swiss German University (SGU) atau melalui laman resminya di https://sgu.ac.id/id/ untuk informasi lebih lanjut. Selamat mencoba.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment