Calon Mahasiswa SNPMB 2023 Bersiaplah! Beasiswa KIP Kuliah Akan Kembali Dibuka

Program Kartu Indonesia Pintar atau yang biasa dikenal sebagai KIP Kuliah merupakan salah satu program dari pemerintah Indonesia yang ditujukan sebagai upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, adapun bentuk bantuan yang diberikan berupa bantuan dana pendidikan yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang akan mengikuti SNPMB.

Sama seperti tahun – tahun sebelumnya, KIP Kuliah untuk SNPMB tahun 2023 juga akan kembali diadakan. Melalui program ini maka para calon mahasiswa yang berlatar belakang  dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi bisa berkesempatan meraih cita – cita melalui beasiswa KIP Kuliah di perguruan tinggi tempatnya kuliah, namun tentunya harus ada proses yang dilalui agar bisa lolos seleksi SNPMB di tahun 2023 nanti.

Nah, sebelum jauh melangkah pada pelaksanaan SNPMB 2023, calon mahasiswa setidaknya wajib mengetahui dan memahami tentang cara mendaftar agar bisa menjadi siswa KIP Kuliah, karena dengan begitu maka kedepannya ketika masuk di perguruan tinggi sudah bisa mendapatkan beasiswa KIP Kuliah.

Cakupan Beasiswa KIP Kuliah

Dalam rangka menjamin terwujudnya cita – cita menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi, Kemendikbudristek telah menetapkan kebijakan baru mengenai biaya pendidikan dan tunjangan biaya hidup untuk para calon mahasiswa. Berikut adalah besaran manfaat yang bisa diperoleh para penerima beasiswa KIP Kuliah sesuai dengan nilai akreditasi prodi yang diambil.

  • Program studi akreditasi A sebesar Rp 12 juta
  • Program studi akreditasi B sebesar Rp 4 juta
  • Program studi akreditasi C sebesar Rp 2.4 juta

Lain halnya dengan tunjangan biaya hidup, KIP Kuliah membaginya dalam lima klaster berdasarkan hasil survei kebutuhan biaya hidup di kabupaten / kota dan survei sosial ekonomi nasional oleh Badan Pusat Statistik (BPS), yakni mulai dari Rp 800 ribu sampai dengan Rp 1.4 juta per bulan.

Namun perlu diketahui, yang masuk dalam kategori tidak mampu adalah para calon mahasiswa yang orang tua / walinya memiliki penghasilan tidak lebih dari Rp 4 juta setiap bulannya, atau dengan perhitungan pendapatan kotor gabungan antara orang tua / wali dibagi dengan jumlah anggota keluarga dan masing – masing paling banyak mendapat Rp 750 ribu.

Itulah informasi mengenai program beasiswa KIP Kuliah yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa SNPMB tahun 2023. Meski secara resmi Kemendikbudristek belum merilis jadwal pendaftaran untuk program ini, namun mengacu pada gelaran di tiap tahun sebelumnya maka tidak akan lama lagi kemendikbudristek dipastikan bakal merilis jadwal resminya dan secara garis besar akan terdapat syarat dan cara daftar yang tak jauh berbeda dari tahun – tahun sebelumnya, termasuk dengan jaminan uang kuliah dan tunjangan biaya hidup yang diberikan. Untuk cara pendaftaran kip kuliah bisa kalian cek di sini.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment