Cara Membuat Sertifikat Otomatis

Cara Membuat Sertifikat Otomatis Mudah Cepat Ala Desainer Grafis Profesional

Jika dulu sertifikat hanya bisa dibuat di tempat-tempat khusus, seperti sablon atau percetakan, maka dengan berkembangnya teknologi membuat sertifikat pun kini semakin mudah lagi. Terlebih sejak era pandemi dimana sejumlah barang – barang fisik mulai ditinggalkan dan beralih ke format digital, tak terkecuali dengan sertifikat.

Sertifikat online seperti ini biasanya didapatkan dari berbagai acara, seperti webinar, pelatihan online, atau kegiatan lainnya. Selain karena tidak memerlukan biaya cetak fisiknya, sertifikat online juga mudah dibuatnya, bahkan sertifikat online juga memungkinkan anda untuk memberikan tanda tangan digital atau stempel online. Menarik bukan?

Cara Membuat Sertifikat Online

Nah, dari pada penasaran, berikut ini kami sajikan beberapa cara untuk membuat sertifikat otomatis online yang mudah dan cepat.

Membuat Sertifikat Online Menggunakan Google Forms

Meski dikenal luas sebagai sarana pengisian aplikasi maupun survey, namun ternyata google form juga bisa digunakan untuk membuat sertifikat online gratis. Berikut adalah cara membuat sertifikat otomatis dengan Google Forms.

  • Buat Akun Google

Untuk bisa mengakses google form pastinya anda harus memiliki email terlebih dahulu, jadi buatlah akun Gmail sebelum anda mulai membuat sertifikat otomatis di google forms. Untuk membuatnya, anda bisa mengunjungi laman https://accounts.google.com/signup, lalu isilah semua form yang tersedia dengan lengkap.

Namun bagi anda yang sudah memiliki akun Gmail, maka anda bisa langsung melakuka login sesuai dengan alamat dan password Gmail anda.

  • Buat Form Pendaftaran

Sebelum mulai membuat sertifikat online di google forms, ketahuilah lebih dulu bahwa fitur dari google yang satu ini sejatinya ditujukan untuk merekam data para peserta / pengunjung melalui nama lengkap dan alamat email masing – masing, jadi sangat tepat jika Google form dijadikan sebagai fasilitas untuk membuat sertifikat online.

Beasiswa Bergengsi  Cara Cek dan Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online

Untuk membuatnya, anda bisa membuka lebih dulu Google Drive di https://drive.google.com/, kemudian klik My Drive, lalu pilih New Folder. Anda bisa memberi nama folder sesuai keinginan, contohnya Sertifikat Online.

Selanjutnya, buatlah formulir pendaftaran dengan cara klik My Drive, lalu pilih Google Forms, dan klik Blank Form. Pada tahap ini, anda bisa mulai membuat form pendaftaran sesuai dengan kebutuhan anda, misalnya nama lengkap dan alamat email.

Setelah selesai, klik Required di setiap inputnya agar tiap kolom tersebut wajib diisi oleh peserta atau pengunjung anda nantinya. Aktifkan juga Limit Response dan klik tombol pengaturan, lalu centang Limit to 1 response, kemudian klik Save.

  • Membuat Spreadsheet

Langkah ini tidak boleh dilewatkan karena Spreadsheet akan berguna untuk mengetahui data response yang nantinya diisi oleh para peserta / pengunjung. Caranya, klik menu Responses yang ada di samping menu Questions. Kemudian klik Create Spreadsheet yang berwarna hijau, lalu ketikkan judul file yang anda inginkan. Jika sudah, klik Create.

  • Install Add-Ons Autocrat

Setelah selesai membuat file spreadsheet, berikutnya anda harus memasang add-ons Autocrat. Untuk menginstalnya, anda bisa masuk ke menu Add-ons di bagian atas browser, klik Get add-ons dan ketikkan Autocrat untuk melakukan pencarian. Bila sudah ditemukan maka klik Install.

  • Membuat Desain Sertifikat

Yang satu ini pastinya menjadi tahapan yang paling mengasyikkan, anda saat ini bisa membuat desain sertifikat sesuai dengan keinginan anda sendiri. Adapun untuk membuat desain sertifikat online bisa melalui Google Slides, anda bisa mengaksesnya langsung di https://docs.google.com/presentation.

Perlu diketahui, dalam pembuatan desain sertifikat online di Google Slide perlu diperhatikan bagian nama lengkapnya, sebab bagian inilah yang nantinya akan secara otomatis terinput sesuai data dari spreadsheet tadi.

  • Menghubungkan Form dengan Autocrat

Setelah selesai dengan desain sertifikat, selanjutnya anda bisa membuka lagi spreadsheet data tadi. Klik Add-ons, pilih Autocrat, lalu klik Launch. Tunggu beberapa saat hingga jendela Autocrat terbuka, kemudian klik NEW JOB.

Isi pada bagian kolom Job nama sesuai kebutuhan anda, misalnya “Sertifikat Pelatihan Dinas…” atau yang lainnya sesuai tujuan acara anda, jika sudah maka klik Next. Berikutnya pilih lah template sertifikat yang sebelumnya telah anda buat di Google Slides, caranya dengan klik From drive lalu pilih lah sertifikat anda, kemudian klik Select.

Beasiswa Bergengsi  Mengenal Berbagai Ukuran Kertas F4 Beserta Cara Mengaturnya

Selanjutnya, anda diharuskan untuk menentukan data yang akan ditampilkan pada sertifikat dengan cara mengatur Mapping data melalui Template. Lalu di bagian maps to column, anda bisa memilih nama kolom yang bakal ditampilkan datanya pada sertifikat, misalnya Nama Lengkap atau lainnya. Jika sudah, klik Next.

Untuk menuliskan Kemudian nama file sertifikat sesuai dengan nama pemilik, anda bisa menambahkan tag <Nama_Lengkap> pada ujung nama file. Kemudian ubah lah Type menjadi PDF, lalu klik Next.

Berikutnya, pilih lokasi folder tempat penyimpanan sertifikat dengan cara mengklik Choose folder. Pilih lah folder yang telah dibuat sebelumnya, lalu klik Next. Apabila muncul opsi Add dynamic folder reference dan Set merge condition, langsung saja klik Next.

Pada bagian Share docs & send emails, anda dapat memilih Yes atau No. Perlu diketahui, Yes merupakan kondisi jika anda ingin mengirim file sertifikat tadi langsung ke email peserta, sedangkan No untuk sebaliknya. Kemudian klik Next. Jika muncul Add/remove job triggers, langsung saja klik tombol Save. Tunggu beberapa saat, kemudian klik ikon Play untuk mulai mencetak sertifikat online yang telah anda buat tadi secara otomatis. Hasil sertifikat online nantinya akan muncul otomatis di folder yang telah anda tentukan sebagai penyimpanan sebelumnya. Selesai!

Membuat Sertifikat Online Menggunakan Canva

Cara membuat sertifikat online gratis lainnya juga bisa dilakukan melalui Canva, ini merupakan aplikasi desain grafis yang biasa digunakan oleh para desainer untuk membuat grafis di media sosial, presentasi, dokumen, poster, dan konten visual lainnya. Yang pasti membuat sertifikat di Canva jelas lebih praktis, apalagi dengan banyaknya Aplikasi contoh desain yang bisa anda gunakan. Berikut adalah beberapa langkah untuk membuat sertifikat otomatis mudah di Canva.

  • Kunjungi laman resmi Canva di https://www.canva.com/id_id/
  • Ketikkan Sertifikat pada kolom pencarian
  • Pilih template sertifikat yang tersedia sesuai dengan keperluan Anda, misalnya seperti sertifikat penghargaan, webinar, kompetisi, webinar, atau yang lainnya
  • Berikan sentuhan gaya anda pada template tadi sesuai kreatifitas dan kebutuhan anda. Manfaatkan lah tools yang sudah disediakan oleh Canva, seperti mengubah teks, mengganti warna dan ukuran font, atau yang lainnya
  • Tambahkan gambar atau grafis pendukung yang anda butuhkan, anda bisa memilihnya sendiri di Canva.
Beasiswa Bergengsi  Cara Mendapatkan Beasiswa Pendidikan Manajemen di Singapore

Jika sudah selesai dengan semua langkah di atas, download sertifikat online anda untuk langsung dicetak atau menyimpan file sertifikat tersebut di perangkat anda.

Membuat Sertifikat Online Menggunakan Certifast.Co

Selain Canva, anda juga bisa menggunakan Certifast.co untuk membuat sertifikat otomatis dengan mudah dan cepat. Ini merupakan layanan pembuatan sertifikat otomatis yang simpel namun dengan hasil yang menarik dan pastinya mudah dilakukan. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk membuat sertifikat otomatis dengan Certifast.co.

  • Siapkan Desain

Sebagai langkah pertama, anda harus menyiapkan desain untuk sertifikat anda terlebih dahulu. Dalam hal ini anda bisa menggunakan berbagai aplikasi untuk membuat desain anda, seperti Corel draw, photoshop, atau aplikasi lainnya sesuai selera anda. Jika sudah memiliki desain yang anda inginkan, berikutnya anda bisa mengakses laman Certifast.co untuk memulainya.

  • Masukkan Desain Sertifikat

Untuk langkah kedua, anda dapat memasukkan desain sertifikat yang sebelumnya telah anda buat di laman Certifast.co. Selanjutnya, pilih lah ikon “i” dan tempatkan di bagian kosong yang ada pada desain sertifikat anda tadi. Bagian ini bisa digunakan sebagai tempat untuk meletakkan nama peserta yang sudah disiapkan sebelumnya.

  • Input Nama

Langkah yang ketiga, salin seluruh nama peserta yang anda inginkan lalu klik input, selanjutnya pilih manage input dan mulai tempel semua nama peserta tadi. Certifast.co kemudian akan membuat sertifikat secara otomatis dalam jumlah banyak, jadi anda tidak perlu menempelkannya satu per satu. Jika sudah klik generate certificate, kemudian tunggulah beberapa saat hingga semua sertifikat online selesai dikerjakan. Mudah bukan?

Itulah tadi beberapa cara membuat sertifikat otomatis dengan mudah dan cepat, tanpa repot dan pastinya dengan hasil yang memuaskan. Jadi, cara mana yang akan anda coba? Semoga bermanfaat.

https://www beasiswasarjana com/3151/cara-membuat-sertifikat-otomatis-mudah-cepat-ala-desainer-grafis-profesional/ -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *