Daftar Beasiswa Penuh ITB Untuk Yang Ingin Kuliah S2 – S3 Gratis

Daftar Beasiswa Penuh ITB Untuk Yang Ingin Kuliah S2 – S3 Gratis

Sebagai lembaga pendidikan pascasarjana, Institut Teknologi Bandung (ITB), tidak hanya berperan aktif dalam membuka kesempatan bagi siapa saja untuk mendapatkan pendidikan di dalamnya, tetapi juga turut menghadirkan beragam beasiswa yang menjadi hasil kerja sama dengan lembaga atau instansi lainnya, tak terkecuali datang dari sumber dana ITB sendiri.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak masuk di ITB dan menjadi bagian dari salah satu perguruan terbaik Indonesia ini. Nah, bagi anda yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di ITB, berikut ini adalah sejumlah program beasiswa yang bisa anda coba.

Daftar Program Beasiswa Hasil Kerjasama ITB dan Berbagai Instansi Lainnya

  • LPDP

Yang satu ini merupakan program beasiswa penuh untuk jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3) yang terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia. Beasiswa hasil kerjasama ITB dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ini membuka kesempatan bagi calon mahasiswa yang ingin menjalani studi pascasarjana dengan bantuan pembiayaan penuh dari pemerintah, tak terkecuali dengan banyak tunjangan lainnya.

  • BUDI DN

Program yang selanjutnya adalah Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia Dalam Negeri (BUDI-DN), ini merupakan program beasiswa yang diselenggarakan lansung oleh Ditjen Sumber Daya IPTEK Dikti dan bekerja sama dengan LPDP.

Sesuai namanya, BUDI DN hanya diperuntukkan bagi kalangan dosen tetap di perguruan tinggi yang sudah memiliki Nomor Induk Dosen Dalam Negeri (NIDN). Adapun jenjang pendidikan yang tersedia adalah program Magister (S2) dan Doktor (S3).

  • BPPDN

Hampir sama seperti BUDI DN, Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN) merupakan program pendidikan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek dan ditujukan bagi kalangan dosen tetap yang bertugas di berbagai perguruan tinggi.

  • PMDSU

Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) menjadi salah satu program bantuan pendidikan yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI). Program beasiswa yang pertama kali dimulai sejak tahun 2012 ini ditujukan untuk meningkatkan sinergi antara pendidikan dan penelitian.

  • PASTI

Program beasiswa bertajuk Pascasarjana Tenaga Kependidikan Berprestasi (PASTI) ditujukan bagi para tenaga kependidikan yang ada di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) khususnya bagi yang memiliki motivasi tinggi untuk melanjutkan studi di jenjang magister (S2).

  • PKPI

Yang satu ini merupakan program beasiswa ke luar negeri yang diadakan oleh DIKTI dan ditujukan untuk Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI), jadi program ini hanya diperuntukkan bagi kalangan mahasiswa Program Doktor yang berstatus dosen dan sedang tahap penelitian atau setidaknya sudah lulus penyusunan proposal.

  • Kemenag

Program beasiswa yang berikutnya adalah Beasiswa untuk 5.000 Doktor yang diadakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Islam dan bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Ini merupakan program beasiswa yang ditujukan khusus bagi para dosen di lingkungan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam.

Beasiswa Bergengsi  Ingin Kuliah Gratis? Ini Daftar Beasiswa Dalam dan Luar Negeri Wajib Dicoba

Beasiswa Langsung ITB

Seperti yang telah disebutkan di atas, program beasiswa yang ada di ITB tidak semuanya didanai atau hasil kerjasama antara pihak kampus dengan instansi atau lembaga di luar sana, melainkan juga terdapat program beasiswa yang khusus diadakan dan didanai langsung oleh ITB.

Salah satu yang paling terkenal adalah Ganesha Talent Assistantship (GTA), ini merupakan program subsidi Biaya Penyelengaraan Pendidikan (BPP) yang ditujukan bagi mahasiswa ITB.

Terdapat 2 jenis beasiswa GTA yang ada di ITB berdasarkan kriteria masing – masing, dan berikut ini penjelasannya.

Kriteria Pertama

  • GTA 50

Kriteria ini diperuntukkan bagi mahasiswa program sarjana (S1) yang lulus dari ITB dalam 3 tahun terakhir dan akan melanjutkan program magister (S2) dengan pembebasan BPP sebesar 50%.

  • GTA 100

Ini merupakan program pembebasan BPP sebesar 100% yang diberikan pada mahasiswa yang mengikuti Program Penyatuan Sarjana dan Magister di ITB dengan program studi linear serta riset berkesinambungan dengan minimal Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.25.

  • GNGA 50 dan GNGA100

Ganesha New Graduate Assistantship (GNGA) merupakan bantuan biaya pendidikan yang dikhususkan untuk program studi baru baik jenjang S2 maupun S3. Program beasiswa ini ditujukan untuk prodi multidisiplin, seperti Magister Teknologi Nano, Doktor Sains, dan Teknologi Nano.

  • GTA RG

Ganesha Talent Assistantship–Research Group (GTA RG) merupakan program bantuan biaya pendidikan yang ditujukan bagi para mahasiswa program doktor yang ingin melanjutkan pendidikan di program doktor melalui rekomendasi KK untuk mendapatkan pembebasan BPP sebesar 100%.

  • GT IF

Ganesha Talent Assistantship-International Fellowship (GT IF) adalah program beasiswa yang diperuntukkan bagi kalangan mahasiswa Program Doktor Berkewarganegaraan Asing untuk berkesempatan memperoleh pembebasan BPP sebesar 100%.

Beasiswa Bergengsi  Milangkala ke-109, Paguyuban Pasundan Siapkan Beasiswa Hingga Pascasarjana dan Rumah Sakit

Kriteria Kedua

  • GTA 50

Ini merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa program magister (S2) dan program doktor (S3) di ITB dengan minimal IPK 3.25 dan akan memasuki tahap penelitian, adapun bantuan yang diberikan berupa pembebasan BPP sebesar 50%.

  • GTA 100

Ini adalah program beasiswa penuh dengan pembebasan BPP sebesar 100% yang ditujukan pada mahasiswa program magister (S2) di ITB dan doktor (S3) dengan IPK minimal 3.50 yang sudah memperoleh surat keputusan tahap 3 untuk melakukan penelitian.

Demikian lah sejumlah daftar beasiswa yang tersedia di ITB dan memungkinkan anda untuk dapat melanjutkan kuliah di ITB khusus untuk jenjang S2 – S3. Untuk info lebih lanjut dapat diakses melalui laman resminya di http://www.sps.itb.ac.id/. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *