Beasiswa Jaminan Kelangsungan Pendidikan, Bebaskan Ijazah SMA dan SMK dari Tunggakan di DIY

Beasiswa Jaminan Kelangsungan Pendidikan, Bebaskan Ijazah SMA dan SMK dari Tunggakan di DIY

Melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora), pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menghadirkan program bertajuk Beasiswa Jaminan Kelangsungan Pendidikan.

Ini merupakan program bantuan biaya pendidikan yang ditujukan khusus bagi pelajar / lulusan SMA / SMK Sederajat yang belum bisa mengambil ijazah karena terkendala masalah finansial, khususnya karena belum sanggup melunasi tunggakan pembayaran selama sekolah.

Sebagaimana keterangan yang disampaikan oleh Kepala Dindikpora DIY, Didik Wardana, nantinya program beasiswa akan difokuskan pada para siswa SMA dan SMK Swasta yang ada di sekitar DIY.

Adapun tujuan utama dari program ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan ijazah pada sebagian siswa yang tertahan di sekolah, terutama bagi siswa yang masih memiliki sangkutan / hutang dan belum menyelesaikan kewajiban membayar SPP. Adapun besaran bantuan yang diberikan adalah senilai Rp 4 juta untuk setiap penerima beasiswa.

Lanjut Didik, ia menjelaskan bahwa di tahun ini program beasiswa tersebut akan disalurkan dalam 2 tahap dengan 1.546 ijazah yang sudah ‘dibebaskan’ dari total sekitar 2ribuan ijazah yang masih tertahan. Adapun pada tahap pertama pihaknya telah membebaskan 402 ijazah, lalu disusul dengan tahap kedua sebanyak 1.144 ijazah.

Dalam penjelasannya, Didik mengungkapkan bahwa program beasiswa ini telah berjalan sejak tahun 2019 dan terus berlangsung sampai tahun ini. Ia pun mengharapkan agar kelak tidak perlu ada lagi kasus penahanan ijazah dengan adanya program Beasiswa Jaminan Kelangsungan Pendidikan.

Syarat Beasiswa

Berdasarkan ketetapan dari Pemerintah DIY, berikut ini adalah beberapa persyaratan untuk bisa mendapatkan Beasiswa Jaminan Kelangsungan Pendidikan.

  • Penduduk asli DIY
  • Lulusan SMA / SMK swasta di sekitaran DIY dengan tahun lulus 2016/2017 hingga 2021/2022
  • Berasal dari lingkungan keluarga yang kurang mampu atau keluarga miskin
  • Orangtua / wali terdaftar dalam program pengentasan kemiskinan dari pemerintah
  • Memiliki tanggungan administrasi di sekolah yang belum terselesaikan.
Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Knight Hennessy 2022, Kuliah Gratis Di Stanford University Amerika Serikat

Demikian informasi beasiswa untuk SMA / SMK swasta di DIY, Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *