Siapkan Beasiswa Pacupasca, Unpar Sediakan 4 Kategori Kuliah S2 - S3

Siapkan Beasiswa Pacupasca, Unpar Sediakan 4 Kategori Kuliah S2 – S3

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) sedang membuka program Beasiswa Pacupasca yang ditujukan khusus bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya di jenjang magister (S2) dan doktor (S3). Dalam program beasiswa kali ini, Unpar menyediakan 4 kategori beasiswa yang bisa diikuti oleh para calon mahasiswa.

Adapun keempat beasiswa tersebut ditujukan untuk mendorong peningkatan pembelajaran dan penelitian, sekaligus juga untuk memfasilitasi para calon mahasiswa dengan keterbatasan finansial.

Pada jenjang magister (S2) sejumlah program studi (prodi) yang tersedia untuk program beasiswa tersebut antara lain:

  • Prodi Manajemen
  • Hukum
  • Teknik Sipil
  • Arsitektur
  • Teknik Kimia
  • Teknik Industri
  • Hubungan Internasional
  • Administrasi Bisnis.

Sementara itu, untuk jenjang doktor (S3) tersedia beberapa program studi dalam beasiswa ini antara lain:

  • Hukum
  • Ekonomi
  • Teknik Sipil
  • Arsitektur

Dalam mengikuti seleksi program beasiswa tersebut, setiap mahasiswa wajib memenuhi skema Beasiswa Pacupasca sebagaimana yang telah dirancang oleh Unpar, di antaranya:

  • Membayar biaya registrasi / uang kuliah pokok awal
  • Membayar biaya minimal 50% uang kuliah pokok semester untuk semester 2 – 4
  • Membayar seluruh biaya SKS.

Kategori Beasiswa

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, Beasiswa Pacupasca Unpar kali ini terdiri dari 4 kategori dan berikut di antaranya.

Beasiswa Pacupasca Alumni

Sesuai namanya, kategori beasiswa ini ditujukan khusus bagi para lulusan Unpar yang ingin melanjutkan studinya kembali. Sejumlah persyaratan juga berlaku pada kategori ini, seperti sertifikat TOEFL dengan skor minimal 500 serta memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00.

Selain itu, calon pendaftar juga diwajibkan telah menempuh masa studi S1 setidaknya 8 semester dengan waktu kelulusan yang tidak melebihi 2 semester ketika diterima menjadi mahasiswa di program magister (S2). Seleksi wawancara juga wajib diikuti, termasuk bersedia untuk tidak menerima beasiswa atau bantuan pendidikan dari pihak lainnya.

Beasiswa Bergengsi  Macam Macam Beasiswa Kuliah 2022

Beasiswa Pacupasca Program Studi

Bagi anda yang saat ini sedang atau pernah bekerja di level profesional, maka program beasiswa dengan kategori ini mungkin bisa menjadi pilihan yang dapat diambil. Beasiswa Pacupasca Program Studi terbuka bagi anda yang ingin menempuh kuliah di jenjang S2 dan S3.

Adapun syarat yang harus dipenuhi antara lain sertifikat TOEFL dengan skor minimal 500, IPK minimal 3.25 khusus untuk calon peserta program magister (S2) dan minimal IPK 3.50 khusus bagi calon peserta program doktor (S3).

Selain syarat tersebut, pengalaman kerja minimal 3 tahun juga menjadi pertimbangan lebih yang cukup berbobot. Pendaftar dalam kategori ini juga harus lolos dalam seleksi wawancara serta bersedia untuk tidak menerima beasiswa atau bantuan pendidikan dari pihak lainnya.

Beasiswa Pacupasca Lanjut

Kategori beasiswa ini dibuat khusus bagi mahasiswa dengan keterbatasan finansial yang ingin menempuh pendidikan S2 dan S3. Adapun sejumlah syarat untuk mengikuti program beasiswa dalam kategori ini antara lain minimal IPK 3.25 khusus bagi calon peserta jenjang magister (S2) dan minimal IPK 3.50 khusus bagi calon peserta program doktor (S3).

Calon penerima beasiswa juga wajib tercatat sebagai mahasiswa aktif atau sedang menempuh pendidikan di semester 2 – 4 di jenjang S2, atau mahasiswa aktif yang tengah menempuh semester 2 – 6 di jenjang S3.

Tidak hanya itu, mahasiswa juga wajib melengkapi beberapa syarat administrasi, seperti surat rekomendasi dari kaprodi terkait serta lolos dalam seleksi tes wawancara, dan pastinya bersedia untuk tidak menerima beasiswa atau bantuan pendidikan dari pihak lain.

Beasiswa Pacupasca Mitra

Berbeda dengan yang lainnya, kategori beasiswa pacupasca unpar ini diperuntukkan khusus bagi para tenaga ahli, dosen tetap, maupun pegawai tetap di lingkup kerjasama antar lembaga di bidang akademik.

Beasiswa Bergengsi  Daftar Segera Beasiswa Chevening S2 Luar Negeri

Adapun syarat yang wajib dipenuhi para pendaftarnya antara lain sertifikat TOEFL dengan skor minimal 500, IPK minimal 3.25 khusus bagi calon peserta jenjang magister (S2), dan IPK minimal 3.50 khusus bagi calon peserta jenjang doktor (S3).

Selain itu, pendaftar juga harus mengantongi surat rekomendasi dari pimpinan instansi tempat bekerja. Namun pastikan bahwa instansi tempat bekerja harus memiliki kerjasama dengan pihak Unpar yang dibuktikan melalui nota kesepakatan. Tidak hanya itu, pendaftar dalam kategori beasiswa ini tidak diperuntukkan menerima atau sedang mengikuti program beasiswa lainnya.

Demikian lah informasi mengenai program Beasiswa Pacupasca Unpar, bagi anda yang memenuhi kriteria di atas dan tertarik untuk mengikutinya maka segera daftarkan diri anda secara online melalui laman pmbpasca.unpar.ac.id sebelum tanggal 24 november 2022.

Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi layanan informasi PMB UNPAR e-mail admisi@unpar.ac.id, sambungan telepon di nomor (022) 2032655, atau bisa juga melalui akun Instagram resminya di @unparofficial dan Line @unpar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *