Pendaftaran Beasiswa Kuliah di Universitas Al Azhar Mesir Sudah Dibuka, Simak Syarat dan Cara Daftar Selengkapnya

Pendaftaran Beasiswa Kuliah di Universitas Al Azhar Mesir Sudah Dibuka, Simak Syarat dan Cara Daftar Selengkapnya

Melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, Kedutaan Besar Mesir di Jakarta kembali membuka pendaftaran uji komperensi khusus untuk para calon mahasiswa baru yang akan menempuh pendidikan di Universitas Al-Azhar, Mesir. Hal ini disampaikan langsung oleh Dirjen Pendidikan Islam, Ali Ramdhani, yang menyebut bahwa Al Azhar kali ini akan memberikan kuota beasiswa untuk 20 mahasiswa baru yang akan kuliah di institusi tersebut.

Ramdhani juga menjelaskan bahwa Kemenag hanya akan memberi kesempatan tersebut pada para lulusan Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren yang ingin melanjutkan pendidikannya di Universitas Al-Azhar menyusul kuota beasiswa yang sangat terbatas.

Terkait program tersebut, Ramdhani kembali menerangkan bahwa sejumlah ketentuan juga wajib dipenuhi oleh semua calon pendaftar, seperti lulusan MA dan Ponpes yang memenuhi persyaratan masuk Universitas Al-Azhar yang meliputi syarat kompetensi bahasa.

Adapun 20 peserta yang lolos tersebut nantinya akan diajukan lagi ke pihak Al-Azhar untuk menjalani uji kompetensi sebelum akhirnya dinyatakan secara resmi sebagai penerima beasiswa tahun ajaran 2022/2023.

Lain halnya dengan calon mahasiswa yang dinyatakan telah mencapai passing grade yang telah ditetapkan maka berhak untuk mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Agama RI untuk tetap masuk ke Al Azhar melalui jalur non beasiswa, serta lanjut ke tahap matrikulasi bahasa, pemberkasan, hingga pendaftaran.

Lebih lanjut, Ramdhani mengatakan bahwa para calon mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus tadi juga bisa mengikuti matrikulasi bahasa di sejumlah lembaga yang telah diakui sah oleh Universitas Al-Azhar untuk kemudian bisa melakukan pemberkasan dan pendaftaran di Universitas Al – Azhar, baik secara mandiri atau pun kolektif melalui lembaga yang dipercaya bisa membantu ke tahapan tersebut.

Beasiswa Bergengsi  Persyaratan Umum Beasiswa Erasmus S2

Setiap calon mahasiswa lulusan Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren yang dinyatakan telah mendapatkan muadalah dari Universitas Al-Azhar juga bisa melanjutkan proses pendaftarannya secara langsung dan mengikuti persiapan kompetensi bahasa di lembaga bahasa mana pun yang sudah diakui oleh Al-Azhar.

Sebagaimana diketahui, Universitas Al-Azhar Mesir telah mengumumkan priode pendaftaran kuliah TA 2022/2023 dengan beberapa fakultas umum, di mana pendaftaran telah dibuka mulai dari tanggal 1 Agustus hingga 15 September 2022. Sementara untuk fakultas sosial – keagamaan (adabiy), pendaftarannya dibuka mulai tanggal 1 Agustus hingga 13 Okotober 2022.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai teknis dan cara pendaftaran calon mahasiswa asing di Universitas Al Azhar maka anda bisa mengaksesnya melalui link www.azu.edu.eg/AzForeigners2022, sementara untuk informasi fakultas dan program studi yang tersedia dapat dilihat melalui link http://www.azhar.edu.eg/international-students. Demikian informasi yang bisa kami rangkum, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.