Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Bandung

Bandung, tidak hanya menjadi destinasi wisata tetapi juga menjadi tempat yang tepat untuk menimba ilmu pada jenjang pendidikan perguruan tingginya. Terdapat banyak universitas yang mengadaptasi sistem pendidikan terbaik dan berhasil menciptakan lulusan yang sukses dalam dunia karirnya, hal inilah yang menjadikan bandung sebagai tujuan yang tepat bagi semua orang yang ingin mendapatkan pendidikan terbaik di sana.

Program Beasiswa Kuliah di Bandung

Belum lagi dengan adanya beasiswa yang ditawarkan dalam jenjang pendidikan tersebut yang membuatnya menjadi sangat di idam-idamkan oleh banyak orang, sebut saja seperti salah satunya adalah Institut Teknologi Bandung. Salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia ini telah mencetak lulusan – lulusan unggul yang sukses di dunia karir, hal itu juga tak luput dari adanya program beasiswa kuliah di bandung yang memang dirasakan besar manfaatnya bagi setiap penerimanya.

Apa Itu ITB?

Institut Teknologi Bandung atau yang lebih dikenal dengan sebutan ITB ini merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia, hal itu juga yang membuat perguruan tinggi ini selalu dibanjiri oleh calon mahasiswa dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Latar belakang beragam inilah yang selalu membuat mahasiswa ITB begitu berwarna, terutama soal kondisi ekonomi dari masing – masing mahasiswanya meski keterbatasan ekonomi jelas bukan lah kendala untuk menuntut ilmu di universitas impian yang satu ini.

Sebagai bentuk dukungan pada calon mahasiswa barunya, ITB juga selalu menyediakan berbagai program beasiswa bahkan program beasiswa seperti ini tidak hanya diperuntukkan bagi calon mahasiswa atau mahasiswa baru saja, akan tetapi juga manyasar pada mahasiswa lama yang sedang menimba ilmu di universitas tersebut.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Data Science untuk Umum dan Pemula, Hasil Kerjasama Kominfo-DQLab

Anda juga pastinya akan memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh beasiswa di ITB, apalagi jika anda memiliki niat dan tekad yang besar dalam kuliah maka bukan tidak mungkin bagi anda untuk bisa mendapatkannya.

Jenis Beasiswa Kuliah di Bandung

Sebagaimana yang telah disebutkan sekilas di atas, beasiswa kuliah di bandung seperti di ITB ini juga cukup beragam tergantung dengan tujuan dari masing – masing program beasiswa itu sendiri. Sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia maka sudah pasti ITB mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah, tidak hanya pada penyediaan infrastruktur kampusnya saja melainkan pemerintah juga memberikan berbagai fasilitas lain seperti salah satunya adalah beasiswa. Menariknya lagi, program beasiswa semacam ini juga tidak hanya berasal dari pemerintah saja tetapi juga dari berbagai pihak swasta dan lainnya yang juga turut menyelenggarakan program beasiswanya sendiri. Berikut di antaranya.

Beasiswa CIMB ASEAN

Khusus bagi anda yang saat ini sedang berada di jenjang sekolah menengah dan ingin mendaftarkan diri di kampus ITB, maka program beasiswa CIMB ASEAN bisa menjadi pilihan yang tepat untuk diambil. Perlu diketahui bahwa program beasiswa dari CIMB ini diperuntukkan khusus bagi calon mahasiswa baru di jenjang S1 di Institut Teknologi Bandung yang akan mengcover seluruh biaya kuliah termasuk dengan uang saku selama anda menjalani masa perkuliahan di sana.

Beasiswa ITB untuk Semua

Sesuai temanya, Program Beasiswa yang satu ini diperuntukkan khusus bagi calon mahasiswa baru di ITB yang memiliki prestasi namun dengan latar belakang kondisi finansial menengah ke bawah, atau dengan penghasilan orang tua atau wali yang berada di kisaran 5 juta ke bawah per bulan. Jadi, apabila anda memiliki nilai yang bagus atau prestasi lainnya selama di sekolah dan ingin melanjutkan studi di bandung, maka anda bisa mendaftarkan diri dalam program seleksi beasiswa ini untuk membantu meringankan anggaran selama masa kuliah.

Beasiswa Bergengsi  Gelar Pertemuan Via Zoom, Alumni Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Imam Bonjol Padang Galang Dana Beasiswa

Beasiswa KIP Kuliah

Pada dasarnya, hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia memiliki program beasiswa yang satu ini karna bantuan beasiswa KIP Kuliah memang diperuntukkan bagi calon mahasiswa saja yang telah mendapat rekomendasi dari pihak sekolah sebelumnya, itu berarti tergantung dari sekolah anda sendiri akan merekomendasikan anda sebagai calon penerima beasiswa KIP kuliah atau tidak.

Perlu diketahui, Program Beasiswa KIP Kuliah akan memberi keringanan kepada calon mahasiswa dengan membebaskan biaya Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Mahasiswa (BPPM) full 100% atau yang artinya anda akan terbebas biaya kuliah hingga lulus sesuai dengan masa periode program beasiswa tersebut. Jadi, bagi anda yang tertarik untuk mendapatkan beasiswa kuliah di bandung dan ingin masuk ke ITB dengan biaya yang terjangkau maka Program Beasiswa KIP Kuliah wajib anda coba.

Beasiswa Bidikmisi

Di antara yang lainnya, beasiswa Bidikmisi bisa jadi merupakan salah satu yang paling akrab di telinga para calon mahasiswa. Program Beasiswa Bidikmisi itu sendiri diselenggarakan oleh Dikti yang diperuntukkan khusus bagi kalangan mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi dengan pembebasan biaya semester dan uang kuliah hingga 8 semester lamanya.

Beasiswa Djarum Plus

Sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia, PT Djarum juga membuka program beasiswanya yang diperuntukkan bagi kalangan mahasiswa baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Menariknya, beasiswa bertajuk Djarum Plus ini hanya diperuntukkan khusus bagi mahasiswa di semester 4 yang memiliki nilai IPK minimal 3.00 dari skala 4.00 dan diketahui aktif dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan. Adapun program beasiswa yang dihadirkan berupa pelatihan organisasi termasuk dengan biaya hidup selama masa perkuliahan.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Bandung

Sesuai dengan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa beasiswa kuliah di bandung merupakan program bantuan pembiayaan kuliah yang sangat bermanfaat bagi penerimanya dan diperuntukkan bagi calon maba atau pun mahasiswa aktif dengan sejumlah persyaratannya masing – masing. Nah, bagi anda yang penasaran, berikut adalah beberapa cara mendapatkan beasiswa kuliah di Bandung yang bisa anda coba.

Beasiswa Bergengsi  Daftar Beasiswa S2 Dalam Negeri Yang Bisa Kalian Dapatkan

Calon Mahasiswa Baru

Bagi anda yang masih menjadi pelajar di SMA / SMK / MA sederajat maka ada cara khusus yang perlu dilakukan untuk bisa mendapatkan bantuan program beasiswa, terutama dengan memperhatikan serta memenuhi persyaratan dari pihak pemberi beasiswa baik dari pemerintah atau pun lembaga swasta lainnya. Namun pada umumnya, beasiswa seperti ini diperuntukkan bagi kalangan calon mahasiswa kurang mampu atau yang memiliki prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik.

Mahasiswa Aktiv

Perlu diketahui bahwa mahasiswa Aktiv yang dimaksud di sini adalah kalangan mahasiswa yang telah menempuh pendidikan selama kurun waktu tertentu atau yang memang sudah diterima di salah satu perguruan tinggi di bandung. Adapun program beasiswa seperti ini merupakan bentuk bantuan serta pembiayaan baik untuk kelangsungan hidup selama menjadi mahasiswa maupun bantuan biaya kuliah tiap semesternya.

Untuk bisa mendapatkannya, salah satu cara yang bisa anda coba adalah dengan mengunjungi situs resmi dari universitas tempat anda kuliah atau website dari pihak penyelenggara program beasiswa itu sendiri.

Demikian informasi tentang beasiswa kuliah di bandung yang telah dirangkum dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.