Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Pembahasan Lengkap Beserta Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Contoh surat rekomendasi beasiswa menjadi salah satu yang paling dicari oleh para pemburu beasiswa, terutama dari kalangan mahasiswa. Hal ini cukup beralasan karena surat rekomendasi kerap menjadi syarat beasiswa yang harus dipenuhi bagi para calon pendaftar, karna alasan inilah maka tak jarang banyak mahasiswa yang berlomba – lomba mencari surat rekomendasi agar proses pendaftaran dan seleksi beasiswa bisa dilakukan dengan lancar.

Mengingat pentingnya surat rekomendasi inilah maka berbagai contoh surat rekomendasi beasiswa dirasa sangat dibutuhkan, karna salah sedikit saja dalam pembuatannya maka bisa jadi pengajuan beasiswa bisa saja ditolak.

Sayangnya, sampai saat ini masih banyak sekali orang yang bingung dan tidak tahu tentang cara buat surat rekomendasi beasiswa itu sendiri, padahal jika diamati dengan seksama maka membuat surat rekomendasi beasiswa sebetulnya tidak lah sulit.

Nah, bagi anda yang saat ini sedang mencari contoh surat rekomendasi beasiswa yang baik maka simak secara utuh penjelasannya dalam artikel kali ini.

Apa Itu Surat Rekomendasi Beasiswa ?

Singkatnya, surat rekomendasi beasiswa dapat diartikan sebagai surat pernyataan yang dibuat oleh pihak tertentu baik guru, dosen, peneliti, atasan, atau pihak yang memiliki hubungan dengan calon pelamat beasiswa untuk dapat memberikan penilaian secara objektif pada pelamar tersebut, tujuannya adalah agar si pelamar bisa memperoleh haknya untuk mendapatkan beasiswa.

Karena sifatnya yang objektif maka umumnya surat rekomendasi beasiswa membahas tentang potensi diri dari seorang pelamar, konten seperti ini harapannya bisa menjadi pertimbangan bagi tim penyeleksi suatu program beasiswa agar dapat dinilai layak atau tidaknya pelamar tersebut untuk lolos dan menjadi penerima beasiswa nantinya.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Dosen Untuk Melanjutkan Pendidikan Magister dan Doktor

Fungsi surat rekomendasi beasiswa

Sebagaimana diketahui, fungsi utama dari surat rekomendasi beasiswa adalah untuk mengungkapkan prestasi pelamar beasiswa (baik siswa atau pun mahasiswa) dan semua potensi yang dimilikinya agar bisa berhasil ketika mendapatkan beasiswa demi kepentingan studinya.

Dengan kata lain, surat rekomendasi beasiswa harus bisa menunjukkan hal baik dari seorang pelamar beasiswa, di mana pembuat atau pemberi surat rekomendasi beasiswa harus memiliki hubungan / keterkaitan dalam aktivitas akademis dengan si pelamar.

Singkatnya, surat rekomendasi beasiswa akan menjelaskan tentang pelamar beasiswa dilihat dari sudut pandang orang lain secara objektif. Dengan demikian, maka membuat surat rekomendasi beasiswa juga tidak bisa asal – asalan, meski tidak baku namun ada aturan khusus yang membuat surat rekomendasi beasiswa bisa dinilai baik atau tidaknya, tujuannya sudah tentu agar si pelamar beasiswa bisa mendapatkan beasiswa impiannya tersebut.

Cara Buat Surat Rekomendasi Beasiswa

Bagi anda yang masih bingung dalam membuat surat rekomendasi beasiswa, mengetahui secara pasti format dari surat tersebut akan membuat anda jadi lebih mudah dalam menyusunnya. Ini mungkin akan terlihat cukup mudah dan dapat dipahami oleh siapa pun, namun perlu diketahui bahwa tidak ada aturan baku atau form resmi dari surat rekomendasi beasiswa itu sendiri secara umum, kecuali jika memang pihak penyelenggara program beasiswa yang menetapkan formatnya sendiri.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara membuat surat rekomendasi beasiswa, pastikan anda mengetahui beberapa hal dalam menyusun surat rekomendasi beasiswa seperti berikut ini.

Kop Surat

Kepala surat atau kop surat menjadi hal yang diperlukan dalam pembuatan surat rekomendasi beasiswa, karena bagian inilah yang akan menunjukkan pihak pemberi rekomendasi memang benar berasal dari suatu institusi yang sah baik pendidikan maupun perusahaan.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Tanoto Foundation 2023, Kuliah Gratis Dan Biaya Hidup di Jamin

Dengan begitu, surat rekomendasi beasiswa pun akan lebih berbobot sekaligus juga bisa membuat pelamar menjadi lebih percaya diri dalam mendaftar suatu program beasiswa. Selain itu, pemberian kop surat juga dapat mengindikasikan jika seorang pelamar akan dinilai lebih kredibel dan layak untuk mendapat beasiswa.

Judul Surat

Judul surat dalam pembuatan surat rekomendasi beasiswa menjadi hal penting yang tak boleh diabaikan, atau jika ingin memberikan kesan yang formal maka judul bisa berwujud nomor surat seperti yang biasa dikeluarkan oleh institusi dalam surat resmi.

Tanggal dan Nomor Surat

Untuk menegaskan waktu pembuatan surat rekomendasi beasiswa, pemberian tanggal menjadi hal yang wajib dilakukan. Selain itu, pemberian tanggal seperti ini juga dapat menunjukkan niat dari si pelamar dalam meminta surat rekomendasi beasiswa. Lain halnya dengan nomor surat, ini tidak wajib kecuali jika anda ingin mendapatkan surat rekomendasi beasiswa dalam format resmi.

Isi surat

Isi surat rekomendasi beasiswa harus ditulis oleh pihak pemberi rekomendasi sesuai dengan apa yang diketahui mengenai kapasitas maupun kualitas akademis dari pelamar beasiswa tersebut. Isi surat rekomendasi beasiswa umumnya bersifat sebagai dorongan persuasif untuk membuat si pelamar bisa diterima dalam seleksi beasiswa.

Penutup

Pada bagian ini, pemberi surat rekomendasi beasiswa harus siap bertanggung jawab terhadap muatan yang ada dalam isi surat tersebut, serta menyatakan kebenaran dari isi yang telah dibuatnya. Hal inilah yang umumnya membuat bagian penutup surat rekomendasi beasiswa tercantum kontak surel maupun nomor telepon dari pemberi rekomendasi, baik secara pribadi maupun institusi.

Tanda Tangan dan Stempel

Untuk melengkapi bagan surat, surat rekomendasi beasiswa juga wajib menyertakan tanda tangan dan stempel dari pihak pemberi rekomendasi di akhir surat. Hal ini menjadi bukti sah dan penanda berbobotnya suatu surat rekomendasi beasiswa.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Kuliah D3 Gratis Sinarmas Agribusiness and Food di ITSB 2022

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

 

SURAT REKOMENDASI BEASISWA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                   : ……………

NPP                       : ……………

Jabatan                : ……………

Unit Kerja            : ……………

Universitas          : ……………

dengan ini memberi rekomendasi kepada mahasiswa di bawah ini,

Nama                   : ……………

NIM                      : ……………

Program Studi    : ……………

Fakultas               : ……………

agar dapat mengikuti Program Beasiswa Prestasi yang diselenggarakan Kemendikbudristek TA 2022,  adapun kondisi dan syarat lainnya telah dipenuhi oleh yang bersangkutan.

Demikian surat rekomendasi ini dibuat agar dipergunakan sebagai mestinya.

 

……………, ……………

 

……………

 

 ———————————————————————————————————————————————————–

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa Bahasa Inggris

 

LETTER OF RECOMMENDATION

I, the undersigned :

Name                                  : ……………

Position                              : ……………

Department/Institution  : ……………

Campus/Office                  : Faculty of …………… University of ……………

Address                               : ……………

I am to recommend our student, (nama pelamar beasiswa), to pursue a …………… scholarship program in ……………. Therefore I would like him / her to be granted the scholarship programe by the …………… in order to be succeed the study / research in the future.

 

Yours sincerely,

 

Mr. / Mrs. ……………

 

———————————————————————————————————————————————————————-

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa dari Dosen

 

SURAT REKOMENDASI

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                  : ………………

NIP                                       : ………………

Jabatan                               : ………………

Instansi                               : ………………

Alamat Instansi  : ………………

Telp / no Hp                      : ………………

E-mail                                  : ………………

memberikan rekomendasi sebagai syarat mendaftar Beasiswa Prestasi kepada :

Nama                                  : ………………

Instansi                               : ………………

Alamat                                : ………………

Deskripsi                             : ………………

Demikian surat rekomendasi ini saya buat dengan sebenar – benarnya agar digunakan sebagaimana mestinya.

 

………….., ……………

 

……………

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.