Program Beasiswa S2 Fully Funded di Nagoya University Jadi Idaman, Simak Info Lengkapnya

Nagoya University menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik yang ada di Jepang saat ini, kampus yang berada di Nagoya ini terbukti selalu bisa melahirkan alumni kenamaan, sebut saja seperti mantan chairman Toyota yakni Shoiciro Toyoda.

Kualitas pendidikan yang dihadirkan di Nagoya University juga tak perlu diragukan lagi menyusul kampus ini yang juga termasuk dalam kelompok ‘Imperial Universities Japan’, hal tersebut bisa dibuktikan juga dengan raihan peringkat ke-118 sebagai universitas terbaik dunia.

Sama halnya universitas terbaik lainnya, Nagoya University juga memberi kesempatan bagi semua mahasiswa internasional untuk dapat melanjutkan studi S2 secara gratis melalui beasiswa bertajuk Asian Development Bank-Japan Scholarship Program (ADB-JSP).

Dalam program beasiswa ADB-JSP, Nagoya University memberi penawaran studi S2 gratis bagi enam mahasiswa setiap tahunnya. Melalui program beasiswa itu juga setiap penerimanya akan memperoleh kesempatan menuntut studi di Departement of Imternational Development and Cooperation.

Adapun bantuan yang diberikan melalui program beasiswa ini mencakup biaya kuliah penuh, asuransi kesehatan nasional, tunjangan bulanan dan tunjangan tempat tinggal senilai 147 ribu Yen, tunjangan buku, akomodasi keberangkatan dan kepulangan, serta biaya tambahan lainnya.

Program Beasiswa S2 Fully Funded di Nagoya University

Persyaratan Beasiswa ADB-JSP

Bagi anda yang tertarik pada program beasiswa ini, pastikan anda menyimak dengan baik informasi selengkapnya, dan berikut adalah beberapa persyaratan umum yang wajib dipenuhi oleh setiap calon pelamarnya.

  • Berstatus sebagai warga Negara yang masih dalam daftar ADB (termasuk Indonesia)
  • Telah memperoleh gelar Sarjana atau setingkatnya dari universitas terakreditasi
  • Memiliki pengalaman kerja full-time setelah lulus sajana, minimal 2 tahun
  • Maksimal kelahiran 1 Juli 1987 atau setelahnya
  • Belum pernah memiliki gelar Master
  • Berasal dari keluarga dengan penghasilan tak lebih dari USD 50 ribu per tahun atau memiliki penghasilan pribadi tidak lebih dari USD 25 ribu per tahun
  • Memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris dalam 5 tahun terakhir dengan nilai minimal TOEFL (paper–based) 550, TOEFL (internet–based) 79, TOEIC 1600, IELTS 6.0, atau Duolingo 100.
Beasiswa Bergengsi  AEHEF 2022, Pameran Pendidikan Dengan Bursa Kuliah dan Beasiswa dari 120 Kampus Terbaik ASEAN – Uni Eropa

Ketentuan Pendaftar

Selain persyaratan di atas, para penerima beasiswa ADB-JSP juga harus menaati sejumlah ketentuan yang telah ditetapkan, seperti berikut ini.

  • Berkomitmen untuk kembali dan bekerja di Negara asal minimal 2 tahun sejak kelulusan
  • Menyetujui kebijakan tentang pembatasan pekerjaan ADB-JSP dan tidak diijinkan untuk bekerja di ADB selama 2 tahun sejak kelulusan
  • Beasiswa ADB-JSP bisa dihentikan kapan pun apabila mahasiswa penerima beasiswa tersebut tidak mampu menunjukkan progres akademik yang memuaskan, melanggar peraturan di Jepang dan Nagoya University, serta melanggar persyaratan yang ada dalam ADB-JSP termasuk visa pelajarnya.

Jadwal Pendaftaran

Bagi anda yang tertarik untuk mendaftar pada seleksi penerimaan beasiswa ADB, berikut adalah jadwal pendaftaran yang wajib anda ketahui.

  • Pendaftaran dilakukan pada tanggal 1 – 30 Juni 2022
  • Pengumuman hasil seleksi dikeluarkan pada sekitar awal Desember 2022
  • Perkuliahan dimulai pada 1 April 2023.

Cara Daftar Beasiswa S2 Nagoya University

Untuk proses pendaftarannya, anda bisa mulai mengirimkan seluruh dokumen persyaratan melalui email yang ditujukan ke adb@gsid.nagoya-u.ac.jp dengan tenggat waktu maksimal hingga 30 Juni 2022. Adapun untuk dokumen yang dikirimkan melebihi batas waktu yang telah ditentukan, maka persyaratan tersebut tidak akan diproses dan pendaftar dianggal gagal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.