Hari Terakhir Beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya, Pelajar SMA Sederajat Buruan Daftar!

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran pada program beasiswanya, beasiswa bertajuk Pemuda Tangguh Surabaya ini merupakan program bantuan pembiayaan pendidikan yang dikhususkan untuk pelajar di jenjang SMA / SMK / MA sederajat.

Melalui beasiswa ini, pemkot Surabaya berharap bisa mengentaskan pemuda di Surabaya yang putus sekolah. Hal itu sesuai dengan yang diungkapkan langsung oleh Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, pada hari rabu kemarin.

Eri juga mengatakan bahwa pendaftaran untuk beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya itu akan diperpanjang hingga 8 juli 2022, itu artinya masih ada kesempatan di hari terakhir ini bagi anda warga surabaya yang ingin mendaftarkan diri dalam program beasiswa dari pemerintah kota tersebut.

Lebih lanjut, Eri menjelaskan bahwa program beasiswa ini merupakan pelengkap dari beasiswa yang sudah diberikan oleh pemerintah pusat dan provinsi sebelumnya. Dengan semakin banyaknya dukungan yang didapat, maka besar harapannya agar arek – arek suroboyo bisa mendapat dampak positif melalui beasiswa pemkot Surabaya ini, serta tidak perlu ada lagi pemuda di kotanya yang harus putus sekolah atau tak sanggup melanjutkan sekolahnya karna masalah biaya.

Sebagaimana diketahui, beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya awalnya membuka pendaftaran mulai 17 – 24 Juni 2022, namun periode itu diperpanjang hingga 30 Juni 2022. Sedangkan kondisi para pelajar di Surabaya yang saat itu sedang libur semester, maka pada akhirnya program beasiswa tersebut kembali diperpajang hingga 8 Juli 2022.

Dalam keterangannya, Eri juga mengungkapkan bahwa sampai saat ini sudah ada lebih ribuan pelajar yang telah mendaftarkan dirinya dalam program beasiswa dari pemkot Surabaya itu. Semua pelajar melakukan proses pendaftarannya secara online di laman besmart.surabaya.go.id.

Tidak hanya dimaksudkan untuk mengentaskan para pemuda di surabaya agar tidak putus sekolah, program beasiswa dengan tema Pemuda Tangguh Surabaya itu juga ditujukan untuk meningkatkan kualitas anak muda di kota tersebut, khususnya bagi yang tengah menempuh pendidikan di jenjang SMA / SMK / MA sederajat.

Beasiswa Bergengsi  Cara Mendaftar Dan Mendapatkan Beasiswa XL Future Leader

Selain itu, program beasiswa ini juga diharapkan bisa mendorong pembelajaran SMA sederajat di surabaya agar proses pembelajarannya bisa lebih optimal. Untuk tahun ini, pemerintah kota surabaya telah menyediakan kuota hingga 13.415 beasiswa, namun jumlah tersebut tentunya tidak lah cukup mengingat jumlah pelajar yang membutuhkan beasiswa masih jauh lebih banyak lagi.

Untuk saat ini, kemungkinan program beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya hanya akan berfokus pada berapa kelas terlebih dahulu sesuai dengan hasil keputusan nantinya.

Adapun beberapa syarat untuk mengikuti beasiswa ini antara lain warga Kota Surabaya yang dibuktikan dengan KK / KTP / KIA Kota Surabaya, siswa yang masih aktif di SMA / SMK / MA negeri / swasta, memiliki prestasi akademik di atas KKM dengan dibuktikan melalui nilai rapor dari kelas X sampai XI, atau bisa juga dari prestasi nonakademik di bidang olahraga, seni, organisasi, lingkungan hidup, agama atau yang lainnya.

Khusus untuk prestasi nonakademik ini harus dibuktikan dengan adanya sertifikat / penghargaan yang telah diraih maksimal dalam 3 tahun terakhir dengan minimal kompetisi di kelas regional yang pernah diikuti.

Apabila semua kriteria sudah sesuai, maka setiap pelajar bisa langsung melakukan pendaftaran dengan mengisi form registrasi dan mengunggah file dokumen tersebut melalui laman besmart.surabaya.go.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *