Beasiswa Supersemar 2022

Beasiswa Supersemar 2022, Simak Info Lengkapnya

Beasiswa menjadi salah satu alternatif yang banyak diambil oleh kalangan mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan biaya kuliah, mulai dari beasiswa parsial hingga beasiswa penuh selalu menjadi favorit dan salah satunya adalah Beasiswa Supersemar.

Nah, bagi anda yang penasaran atau sedang mencari program beasiswa yang cocok untuk anda, simak baik – baik artikel kali ini yang akan membahas tentang Beasiswa Supersemar 2022.

Apa Itu Beasiswa Supersemar?

Beasiswa Supersemar merupakan salah satu program bantuan biaya pendidikan yang diperuntukkan bagi para mahasiswa dari lingkungan keluarga yang kurang mampu, beasiswa yang disalurkan oleh Yayasan Supersemar ini merupakan gagasan dari mantan presiden Soeharto.

Sebagaimana dilansir dari situs Yayasan Supersemar, yayasan ini berdiri karena adanya pemikiran tentang permasalahan antara orang tua, masyarakat, dan pemerintah mengenai akses pendidikan tinggi.

Adapun nama Supersemar sendiri mengacu pada Surat Perintah 11 Maret atau yang biasa disingkat dengan sebutan Supersemar, dengan kata lain beasiswa ini juga memiliki makna yang penting dalam proses berdirinya Orde Baru kala itu.

Visi dan Misi Beasiswa Supersemar

Sebagai penyelenggara beasiswa, Yayasan Supersemar juga memiliki visi dan misi dalam dunia pendidikan tanah air, berikut di antaranya:

  • Membantu / membina kelangsungan studi para siswa dan mahasiswa yang cakap dan berbakat
  • Membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pada awal berjalannya beasiswa supersemar, tak sedikit kalangan pengusaha yang menyisihkan keuntungan bisnisnya untuk disalurkan pada yayasan ini yang kemudian disalurkan pada para penerima beasiswa. Dalam perjalanannya kemudian, dana yang disalurkan dalam program beasiswa supersemar kian bertambah, tidak hanya dari jumlah donaturnya saja tetapi juga para penerima beasiswa.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa CIMB Niaga 2022, Simak Persyaratan, Cara Daftar, Ketentuan Lengkapnya

Kabar baiknya, beasiswa supersemar juga kembali diadakan di tahun ini. jadi, bagi anda yang tertarik dan ingin mencobanya, pastikan anda mengetahui sejumlah persyaratan dan ketentuan apa saja yang wajib dipenuhi oleh semua calon kandidatnya.

Persyaratan Umum Beasiswa Supersemar

  • Memiliki prestasi akademik yang baik dengan minimal IPK 2.50
  • Telah duduk di semester 3 hingga semester 10
  • Berasal dari keluarga tidak mampu yang dibuktikan melalui Surat Keterangan Kurang Mampu / pernyataan Penghasilan Orang Tua
  • Berkelakuan baik
  • Tidak sedang atau berencana menerima beasiswa lain.

Perlu diingat, Beasiswa Supersemar juga menyerahkan ketentuan syarat mendaftar pada masing – masing universitas yang ditunjuk, itu artinya antara universitas yang satu dengan lainnya mungkin akan terdapat beberapa perbedaan tergantung dari kebijakan universitas itu sendiri.

Jadi, untuk mengetahui secara pasti mengenai rincian dari beasiswa ini, maka anda bisa menanyakannya langsung pada pihak kampus tempat anda kuliah. Sama halnya dengan formulir pendaftaran yang juga bisa didapatkan melalui program studi masing – masing.

One comment

  1. Konsultasi untuk dari D3 ahli jenjang ke S1

Leave a Reply

Your email address will not be published.