Ini Daftar Beasiswa Kuliah di Prancis, Gratis Biaya Kuliah Hingga Asrama

Ini Daftar Beasiswa Kuliah di Prancis, Gratis Biaya Kuliah Hingga Asrama

Prancis menjadi salah satu negara di Eropa yang tersohor sebagai pusat mode, namun ternyata negara tersebut juga memiliki sejarah panjang dengan adanya kampus Sorbonne yang telah berdiri sejak abad ke-13. Tak mengherankan jika berabad – abad kemudian Prancis pun tetap menjadi tujuan yang sangat diminati oleh mahasiswa internasional di antara negara eropa lainnya.

Hal ini juga semakin terdukung dengan adanya fasilitas lengkap yang memadai dan sistem pendidikan terbaik, termasuk dengan beasiswa yang ditawarkan mulai dari subsidi pendidikan hingga biaya hidup.

Beasiswa Kuliah di Prancis

Setelah mengetahui keunggulan Prancis sebagai destinasi pendidikan terbaik di eropa, berikut kami sajikan sejumlah program beasiswa kuliah di prancis yang bisa menjadi rujukan bagi anda.

Eiffel Scholarship Program of Excellence

Eiffel Scholarship Program of Excellence menjadi salah satu program beasiswa yang paling populer di Prancis, program bantuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah Prancis ini dikhususkan bagi mahasiswa Internasional yang ingin melanjutkan studi pendidikan master (S2) dan doktoral (S3).

Dalam beasiswa ini, setiap awardee atau penerima beasiswa akan mendapatkan bantuan penuh untuk melanjutkan pendidikan S2. Bantuan tersebut bisa digunakan baik di level M1 (12 bulan) maupun level M2 (24 bulan), sementara khusus untuk program studi teknik maka akan mendapatkan beasiswa selama 36 bulan.

Lain halnya dengan program S3, di mana beasiswa ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa tingkat lanjut dengan durasi maksimum hingga 12 bulan, atau lebih tepatnya hanya ditujukan bagi mahasiswa yang ingin menempuh co-tutelle disertasi di Prancis.

Beasiswa Bergengsi  Inilah Beberapa Beasiswa Hafal Qur’an Yang Ada Dikampus Luar Negeri

Perlu diketahui, selama menjadi awardee pada Eiffel Scholarship Program of Excellence, setiap penerima beasiswa akan mendapatkan beberapa manfaat seperti tunjangan bulanan, tiket pesawat pulang pergi, tunjangan transportasi, asuransi kesehatan, hingga tunjangan tempat tinggal. Adapun syarat umum yang ditetapkan biasanya mencakup batas maksimal usia 25 tahun untuk jenjang S2 atau 30 tahun untuk jenjang S3, terdapat juga syarat LoA sebelum melakukan pendaftaran beasiswa.

Sebagai informasi, program beasiswa dari pemerintah prancis ini biasanya selalu dibuka pendaftarannya pada bulan November – Januari. Jadi, jika anda tertarik ingin mencobanya maka persiapkanlah diri anda mulai dari sekarang. Untuk informasi lebih lengkapnya, anda bisa langsung mengunjungi laman resminya di www.campusfrance.org.

Beasiswa Tematik IFI

Bagi anda yang ingin melanjutkan studi S2 dengan jurusan Ilmu Teknik, Kajian Gender, Ilmu Politik, Ilmu Komputer, dan Ilmu Kelautan, maka Beasiswa Tematik IFI menjadi salah satu rujukan paling tepat untuk diambil. Ini merupakan program yang dicanangkan oleh Institut Prancis IFI dan bekerjasama dengan Kedutaan Prancis di Indonesia.

Ada cukup banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh setiap penerima beasiswanya, mulai dari biaya visa, asuransi, biaya kuliah, biaya hidup, biaya CVEC, sampai dengan tunjangan pelatihan.

Nah, bagi anda yang tertarik untum mencobanya, pastikan anda juga memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan, seperti di antaranya usia maksimal 30 tahun, profil yang sesuai, telah dinyatakan diterima pada salah satu Universitas di Prancis, dan tidak diperkenankan untuk menerima beasiswa lainnya.

Beasiswa Kartini Sains

Tidak hanya beasiswa Tematik saja, IFI juga ternyata meluncurkan program beasiswa lainnya yang diperuntukkan pada jenjang pendidikan S2. Namun bedanya, pada program beasiswa Kartini Sains hanya ditujukan bagi kalangan mahasiswa perempuan yang ingin melanjutkan studinya di Prancis.

Beasiswa Bergengsi  University Resort Bagikan Beasiswa Hunian Khusus Mahasiswa IPB

Program ini ditujukan sebagai upaya perwujudan peningkatan jumlah peneliti perempuan di indonesia, sebagaimana dalam pernyataan UNESCO yang menyatakan bahwa peneliti perempuan di dunia masih cukup sedikit.

Adapun benefit yang bisa didapatkan oleh para penerime beasiswa antara lain biaya visa, biaya kuliah, asuransi, biaya hidup, tunjangan pelatihan, biaya CVEC, hingga akses prioritas ke asrama kampus.

Beasiswa Master 2

Masih dalam program IFI, Beasiswa Master 2 ini diperuntukkan bagi kalangan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan tahun kedua master di Prancis. Menariknya, beasiswa ini juga turut menyasar pada penerimanya yang sudah menetap di Prancis atau yang baru akan mempersiapkan keberangkatannya dari Indonesia.

Hebatnya lagi, beasiswa ini juga tidak menetapkan persyaratan khusus bagi para calon kandidatnya, karna background jurusan apa pun tetap diperbolehkan untuk mendaftar dalam beasiswa ini.

Beasiswa Parsial

Masih dari Institut Prancis di Indonesia IFI melelui Kedutaan Prancis di Indonesia, program beasiswa Parsial diperuntukkan bagi para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang D3 dan S1. Jadi, bagi anda yang baru saja lulus SMA / Sederajat dan ingin melanjutkan pendidikan ke Perancis, maka beasiswa yang satu ini bisa menjadi batu loncatan yang wajib anda coba.

Namun seperti halnya program beasiswa yang lain, sejumlah persyaratan juga harus dipenuhi oleh setiap pendaftar dalam beasiswa ini seperti status kewarganegaraan WNI, usia maksimal 21 tahun, memiliki kriteria yang sesuai, memiliki LoA, dan tidak diperkenankan untuk menerima beasiswa dari pihak lain.

Adapun keuntungan yang bisa didapatkan dalam beasiswa ini meliputi biaya visa, asuransi, akomodasi tiket pesawat, biaya kuliah, biaya CVEC, dan akses non prioritas ke asrama kampus terkait. Demikian beberapa informasi mengenai program beasiswa kuliah prancis yang kami rekomendasikan, pastikan anda tidak melewatkan satu pun syarat dan ketentuan yang ditetapkan pada masing – masing program tersebut.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Inovator Muda Nusantara, Upaya Mendorong Lahirnya Inovator Muda di Indonesia

Untuk informasi lebih lanjut tentang kuliah di luar negeri ini, anda bisa mengunjungi langsung laman www.ifi-id.com atau kedutaan Prancis di Indonesia di id.ambafrance.org. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.