Beasiswa S1 - S2 Kuliah di Belanda

Beasiswa S1 – S2 Kuliah di Belanda

Dari sejumlah negara di eropa, Belanda menjadi salah satu tempat bagi banyak orang dari seluruh penjuru dunia yang ingin melanjutkan pendidikannya ke luar negeri. Hal ini dilakukan semata tidak hanya karna adanya sistem pendidikan yang berkualitas saja, akan tetapi juga karena banyaknya beasiswa yang bisa ditemukan di negeri tersebut.

Tak heran jika belanda pun selalu menjadi negara tujuan bagi para pemburu beasiswa. Menariknya lagi, biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan negara eropa lainnya telah menjadikan Belanda begitu populer di kalangan pelajar dan mahasiswa internasional.

Bagi anda yang penasaran dan tertarik untuk menempuh pendidikan di belanda melalui beasiswa, berikut adalah beberapa beasiswa kuliah di Belanda yang patut anda coba.

Daftar Beasiswa Kuliah di Belanda

Holland Scholarship

Namanya begitu populer di kalangan pemburu beasiswa, Holland Scholarship merupakan salah satu program beasiswa pendidikan di Belanda yang diperuntukkan bagi para mahasiswa internasional yang berasal dari luar European Economic Area (EEA) khususnya bagi yang ingin melanjutkan program sarjana dan magister di negeri tersebut.

Dalam program beasiswa ini, para penerima beasiswa / awardee akan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Belanda serta sejumlah universitas riset dan ilmu terapan yang ada di sana. Namun perlu diingat, Holland Scholarship bukanlah beasiswa penuh, yang artinya setiap peserta masih harus membayar sendiri kekurangan dari jumlah biaya pendidikan yang akan dilaluinya. Adapun bantuan yang akan diberikan dari program berasiswa ini adalah sebesar EUR 5.000 yang akan diberikan langsung ketika penerima beasiswa memasuki tahun pertama kuliah.

Beasiswa Bergengsi  Pemkot Surabaya Siapkan Bantuan Pendidikan Hingga Jenjang Profesi

Orange Tulip Scholarship

Orange Tulip Scholarship (OTS) juga bisa menjadi alternativ lain jika anda ingin kuliah dengan beasiswa di belanda, ini adalah program beasiswa yang diberikan langsung oleh pemerintah Belanda melalui Nuffic Neso. Menariknya, dalam program ini setiap mahasiswa internasional dari negara naungan Neso (Netherlands Education Support Offices) bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi penerimaan beasiswanya, termasuk mahasiswa dari Indonesia.

Meski begitu, hanya ada beberapa universitas di Belanda saja yang menerima program beasiswa ini, dengan kata lain para calon pendaftar harus benar – benar memahami berbagai persyaratan dari masing – masing universitas yang dituju karna biasanya antara satu universitas dan yang lainnya menetapkan kriteria yang berbeda.

Selain itu juga OTS bukan lah beasiswa penuh sama seperti Holland Scholarship, dengan demikian maka para penerima beasiswa masih tetap harus memenuhi kewajibannya dalam membayar biaya pendidikan setelah dikurangi dengan jumlah bantuan yang didapat dari Orange Tulip Scholarship.

StuNed Joint Scholarship Programme

Jika anda adalah pemburu beasiswa pasti tahu betul program beasiswa yang satu ini, di tahun lalu program ini bernama Studeren in Nederland (StuNed) yang merupakan kerjasama dari Nuffic Neso Indonesia dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Namun untuk tahun ini, program beasiswa tersebut telah terintegrasi dengan Orange Knowledge Programme (OKP).

OKP – LPDP StuNed Joint Programme merupakan program beasiswa khusus yang ditujukan bagi warga negara Indonesia (WNI), khususnya bagi para profesional dengan karier menengah yang ingin bisa melanjutkan pendidikan magister S2 di Belanda.

Berbeda dengan dua beasiswa di atas, program beasiswa ini tergolong sebagai beasiswa penuh / fully funded yang menanggung seluruh biaya pendidikan selama anda di Belanda, termasuk dengan akomodasi tiket pesawat pulang pergi, visa, asuransi kesehatan, dan masih banyak yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.