Cara Buka Paypal, Platform Gaming Dan Semua Situs Yang di Blokir Kominfo

Baru – baru ini jagat media sosial tengah dibuat ramai dengan pembahasan tentang kabar sejumlah situs besar yang dinyatakan diblokir oleh pihak pemerintah indonesia melalui kominfo, salah satu adalah paypal. Jika menengok ke belakang, website yang satu ini mungkin kurang begitu dikenal karna hanya segelintir orang saja yang yang menggunakannya, namun dalam beberapa tahun terakhir paypal menjadi salah satu situs yang paling sering digunakan terutama dalam melakukan berbagai transaksi keuangan.

Apa itu Paypal ?

Istilah atau nama situs yang satu ini memang sudah tak asing lagi di telinga kita, apalagi jika anda adalah pegiat dunia maya yang kerap melakukan transaksi keuangan digital maka paypal menjadi salah satu situs yang akan selalu menemani aktivitas keuangan anda.

Paypal merupakan salah satu dompet digital yang namanya sudah sangat mendunia, pasalnya paypal bisa dikatakan sebagai dompet digital generasi pertama yang pernah muncul di internet. Berbagai transaksi bisa dilakukan dengan begitu mudah melalui paypal karna sifatnya yang begitu mendunia, belum lagi dengan biaya layanan yang sangat terjangkau atau terbilang gratis maka tak heran jika paypal pun sangat akrab bagi para internet marketer di indonesia yang notabene memang sangat suka dengan yang gratisan.

Pertanyaannya sekarang, kenapa situs dengan layanan yang berperan sangat penting justru diblokir begitu saja oleh pemerintah indonesia? apa yang salah dengan paypal? Jawabannya adalah pada peraturan PSE dari Kominfo yang membuat geger oleh banyak pengguna internet.

Apa itu PSE Kominfo ?

Perlu diketahui, Kominfo secara resmi memang telah merilis daftar Aplikasi dan website yang diblokir menyusul belum terdaftarnya dalam Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dan Paypal menjadi salah satu yang masuk dalam daftar hitam tersebut. Hal itulah yang membuat pengguna Paypal di Indonesia mulai ramai membicarakan masalah tersebut, mayoritas semua mengeluhkan atas keputusan yang diambil oleh pemerintah melalui kominfo.

Sebetulnya, tidak hanya paypal saja yang mengalami pemblokiran, masih banyak web besar lainnya yang turut terkena imbas seperti di antaranya adalah platform gaming yang juga mulai diblokir kominfo mulai tanggal 30 Juli 2022 ini, sebut saja seperti Steam , Epic Games, Origin, Uplay, hingga Battlenet.

Hal itu bisa terjadi menyusul peringatan dari Kominfo yang sebelumnya memang telah memberikan tenggat waktu bagi sejumlah platform besar tersebut untuk segera melakukan registrasi PSE hingga tanggal 29 Juli 2022 kemarin.

Dengan diblokirnya platform game tersebut maka kini tidak hanya para internet marketer saja yang kebingungan, melainkan juga banyak gamers yang harus mencari cara membuka platform gaming yang diblokir kominfo, termasuk mungkin juga dengan banyak aplikasi maupun situs lainnya yang belum mendaftar PSE maka nantinya akan bernasib sama.

Cara Buka Blokir PSE Kominfo

Setelah cukup dengan penjelasan mengenai PSE Kominfo, sekarang mari kita bahas tentang bagaimana cara buka blokir PSE Kominfo agar anda tetap bisa mengakses paypall seperti biasanya. Sebagian dari anda mungkin akan langsung terpikirkan menggunakan vpn untuk buka paypal, Namun perlu diingat bahwa penggunaan vpn tidak memungkinkan anda untuk bisa membuka paypal karna bisa jadi akun anda malah dibaned / banned mengingat posisi pembuatan akun tidak lah sama dengan posisi ketika anda mengaksesnya.

Jadi bisa dikatakan bahwa cara buka buka blokir paypal pakai vpn tidak lah memungkinkan, anda harus menggunakan trik khusus agar bisa mengakses paypal tanpa perlu pusing soal pemblokiran PSE Kominfo.

Namun anda tak perlu khawatir, masih ada cara lain yang bisa ditempuh agar anda tetap bisa membuka situs paypal seperti biasanya. Terdapat banyak Cara untuk membuka Situs Yang di Blokir Kominfo dan berikut di antaranya:

Gunakan Aplikasi 1.1.1.1

Salah satu cara buka blokir kominfo mudah adalah dengan menggunakan apk 1.1.1.1, ini merupakan layanan gratis yang dihadirkan cloudflare dan bisa digunakan dengan sangat mudah, khususnya bagi para pengguna ponsel dan perangkat mobile lainnya. Berikut adalah langkah – langkah menggunakannya.

  • Unduh dan Install apk di playstore atau  melalui website resminya di cloudflarewarp.com
  • Pilih versi apk atau software 1.1.1.1 sesuai dengan perangkat yang anda gunakan, seperti App Store, Google Play, macOS, Windows, atau pun Linux
  • Buka apk 1.1.1.1 dan aktifkan
  • Set Tanpa Warp / jangan aktifkan warp, langkah ini ditujukan agar lokasi anda tetap terdeteksi berada di Indonesia.

Mengganti DNS Server Internet

cara buka blokir pse kominfo
              cara buka blokir pse kominfo

Selain menggunakan apk 1.1.1.1, anda juga bisa buka blokir PSE Kominfo dengan cara lainnya yakni mengganti DNS Server Internet yang anda gunakan. Cara ini sebetulnya bukan lah hal baru apalagi bagi anda pengguna PC yang hobi oprek komputer dan dunia maya, yang pasti dengan mengganti DNS Server Internet maka anda akan bisa dengan mudah melewati berbagai macam blokiran yang dilakukan oleh Kominfo.

Cara membuka website yang diblokir Kominfo ini juga terbilang cukup mudah, hanya diperlukan beberapa langkah saja yang bisa langsung anda praktekan. Menariknya, cara buka blokir kominfo ini juga tidak memerlukan software atau aplikasi tambahan, anda hanya perlu memanfaatkan fitur bawaan dari perangkat komputer laptop anda dan berikut adalah caranya.

  • Masuk ke Control Panel, lalu buka “Network and Status Task”
  • Pilih “Change Adapter Settings”, temukan device yang sedang anda gunakan untuk mengakses internet lalu klik dua kali agar masuk ke “properties”
  • Cari tulisan “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)” dan klik dua kali
  • Beri centang “Use the following DNS server addresses” lalu masukkan “1.1.1.1” pada kolom “Prefered DNS Server”
  • Tutup jendela propertis dan sekarang anda sudah bisa kembali mengakses paypal dan platform gaming yang dibokir oleh Kominfo.

Kesimpulan

Demikian lah solusi mengatasi masalah paypal yang masih belum bisa dibuka melalui android maupun pc dan laptop anda, Pastikan anda telah mengikuti dengan benar setiap langkah yang telah disebutkan seperti di atas. Dengan cara mudah tersebut, maka paypal dan platform gaming pun bisa kembali diakses seperti biasanya, anda pun tak perlu lagi dibuat repot karna masalah pemblokiran.

Meski cara ini terjamin keamanannya, namun tentunya kita semua berharap agar paypal bisa segera mendaftarkan ke pse indo, tujuannya tentu agar pemblokiran semacam ini tidak lagi dilakukan oleh Kominfo apalagi paypal juga berperan sangat penting dalam aktivitas transaksi digital di indonesia.

Tidak hanya paypal saja, langkah serentak untuk mendaftar di PSE Kominfo juga semoga bisa segera dilakukan oleh platform gaming lainnya, sehingga para gamers indonesia pun bisa kembali leluasa dalam mengakses berbagai platform gaming populer seperti Steam , Epic Games, Origin, Uplay, dan Battlenet tanpa kendala.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment