Wajib Tahu! Manfaat, Tips, Cara Mendapatkan Beasiswa 2022 Paling Mudah

Beasiswa menjadi solusi yang paling sering diincar oleh kalangan pelajar dan mahasiswa, hal ini dikarenakan beasiswa selalu bisa memberikan bantuan berupa pembiayaan pendidikan yang dapat meringankan beban peserta didik bahkan beberapa di antaranya bisa mengcover seluruh biaya pendidikan, sebut saja seperti beasiswa lp3i, beasiswa LPDP, beasiswa sampoerna, beasiswa djarum, atau program beasiswa lainnya.

Tak jarang juga beasiswa menjadi pemicu semangat bagi para lulusan baru atau fresh graduate untuk tetap melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, misalnya seperti beasiswa kuliah S1, beasiswa kuliah S2, beasiswa kedokteran, atau jenjang pendidikan lainnya. Oleh karena itulah maka cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis menjadi salah satu informasi yang paling banyak dicari saat ini, termasuk dengan tes untuk mendapatkan beasiswa itu sendiri.

Sejumlah tempat juga menjadi sangat populer di kalangan pelajar dan mahasiswa Indonesia saat ingin mendapatkan informasi mengenai cara mendapat beasiswa kuliah gratis atau bahkan beasiswa kuliah luar negeri, beberapa negara tujuannya antara lain Australia, Amerika, Korea, Inggris, Selandia Baru, Kanada, Irlandia, Denmark, Belgia, atau Negara Eropa dan Asia lainnya.

Hal ini didasarkan pada sistem pendidikan negara – negara tersebut yang dinilai lebih unggul baik dalam hal mutu maupun tenaga pengajarnya, selain itu juga pastinya karna sejumlah perguruan tinggi luar negeri juga menawarkan program beasiswa.

Beberapa program beasiswa yang ditawarkan juga cukup bervariasi, ada yang menyediakan beasiswa sebagian atau beasiswa parsial, namun tak sedikit pula lembaga pendidikan maupun pemerintah di negara tujuan yang mau memberikan beasiswa penuh untuk mahasiswa Indonesia.

Meski begitu, para pemburu beasiswa juga tidak selalu menargetkan universitas luar negeri saja sebagai tujuan mendapatkan beasiswanya, melainkan informasi mengenai cara mendapat beasiswa kuliah gratis perguruan tinggi negeri di indonesia juga turut dicari, terlebih beberapa di antaranya juga terdapat perguruan tinggi terbaik di indonesia yang juga menyediakan beasiswa.

Daftar Beasiswa Kuliah Gratis 2022 Yang Bisa Kalian Pilih

Nah, bagi anda yang tengah mencari informasi mengenai daftar beasiswa kuliah gratis 2022, maka berikut adalah beberapa macam macam beasiswa yang tersedia dan mungkin bisa menjadi referensi bagi anda dalam mengikuti program tersebut.

Beasiswa Unggulan

Program beasiswa yang satu ini merupakan program bantuan pembiayaan pendidikan yang dicanangkan langsung oleh Kemendikbudristek, di mana beasiswa unggulan hanya difokuskan pada kalangan calon dosen atau tenaga pendidik yang berada di lingkungan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ataupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dengan demikian, beasiswa ini hanya ditujukan bagi mereka yang ingin menempuh pendidikan di jenjang S2 dan S3.

Beasiswa Sampoerna Foundation

Untuk kalangan pelajar, beasiswa Sampoerna Foundation bisa menjadi pilihan yang patut untuk dicoba. Pada program beasiswa ini, para penerima beasiswa akan mendapatkan subsidi biaya kuliah dan pengembangan karakter melalui sejumlah kegiatan yang diadakannya. Syarat untuk daftar beasiswa Sampoena Foundation juga terbilang cukup mudah, karna anda hanya perlu memiliki nilai raport rata – rata 70.

Beasiswa Bergengsi  Gagal SBMPTN? Jangan Khawatir, BSI Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Gelombang V

Beasiswa Djarum Plus

Bagi anda yang saat ini masih aktif kuliah di kampus, cara mendapatkan beasiswa saat kuliah tentu menjadi informasi yang sangat berguna untuk anda. Kabar baiknya, anda yang masih menempuh menempuh pendidikan di jenjang S1 / D4 sederajat juga bisa berkesempatan untuk mengikuti beasiswa Djarum Plus, dengan beasiswa inilah maka anda akan mendapatkan subsidi uang hingga Rp 1 juta setiap bulannya.

Namun perlu diingat, sebagai penerima beasiswa Djarum Plus maka menjadi kewajiban bagi anda untuk tetap menjaga nilai atau hasil dari IPK anda agar subsidi tetap diberikan setiap bulannya.

Beasiswa BCA

Khusus bagi anda yang baru lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, namun tertarik dengan dunia perbankan, maka kesempatan untuk mengikuti program magang Bank BCA harus anda ambil. Dalam program ini, Bank BCA akan menyediakan pendidikan singkat bagi pesertanya selama kurang lebih 2.5 tahun yang diperuntukkan pada Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan dan Program Pendidikan Teknik Informatika.

Beasiswa KIP Kuliah

Yang satu ini pasti bukan lah hal asing lagi bagi kalangan pelajar dan mahasiswa, seperti halnya beasiswa LPDP, beasiswa KIP Kuliah merupakan salah satu  cara mendapat beasiswa kuliah gratis yang khusus diperuntukan bagi para lulusan SMA / SMK / MA sederajat yang memiliki prestasi akademik yang bagus dan aktif dalam kegiatan organisasi.

Tidak hanya itu, beasiswa KIP Kuliah juga turut menyasar pada lulusan yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, namun masih memiliki kemauan untuk terus melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

Beasiswa LPDP

Mendengar namanya tentu ini menjadi salah satu yang paling sering diperbincangkan setiap tahunnya oleh para pemburu beasiswa, pasalnya program beasiswa yang diselenggarakan secara resmi oleh Pemerintah Indonesia melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ini tidak hanya memberikan bantuan pembiayaan pendidikan penuh saja tetapi memungkinkan para pesertanya untuk mengambil kuliah hingga ke luar negeri.

Adapun tujuan dari diselenggarakannya beasiswa LPDP ini adalah untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkarakter pemimpin, memiliki profesionalitas, saintis, dan teknokrat.

Keuntungan Menerima Beasiswa

Melalui program beasiswa maka setiap peserta dirik diharapkan bisa tetap mendapatkan ilmu pada bidang yang diinginkannya, namun pastinya tanpa perlu mengkhawatirkan lagi soal biaya pendidikan itu sendiri. Tapi ternyata, keuntungan menerima beasiswa tidak semata hanya bisa didapatkan dari bantuan biaya pendidikan saja, akan tetapi ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh para penerima beasiswa atau Awardee.

Beberapa di antaranya mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya oleh anda apalagi jika anda belum pernah mengikuti beasiswa sama sekali, maka dari itu setiap orang pasti memiliki sejumlah alasan mengikuti beasiswa. Berikut ini adalah beberapa keuntungan menjadi peserta beasiswa sekaligus juga alasan mengikuti beasiswa yang wajib anda tahu.

Lebih Semangat Kuliah

Dalam menjalani masa kuliah, anda mungkin akan bertemu dengan saat – saat di mana anda mulai mempertanyakan tentang tujuan kuliah itu sendiri, apalagi bagi anda yang tengah meniti karir maka bisa jadi pertanyaan tentang motivasi kuliah sambil kerja menjadi hal yang terus berlalu lalang dalam benak anda. Di saat seperti itulah biasanya semangat dalam diri anda mulai kendur, kondisi ini tentu bisa mengkhawatirkan dan bisa berakibat buruk pada prestasi akademik anda nantinya.

Beasiswa Bergengsi  Jenis Beasiswa Pertamina dan Kampus Penyedia Beasiswa

Lain halnya jika anda menjadi penerima beasiswa, maka sudah pasti anda akan memiliki semangat lebih untuk kuliah. Semangat berkemahasiswaan semacam inilah yang seharusnya ada dalam diri setiap mahasiswa itu sendiri, maka dari itu tak mengherankan bila beasiswa selalu bisa menjadi penyemangat dalam proses kuliah.

Biaya Lebih Terjangkau

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, biaya kuliah mahal selalu menjadi problematika tersendiri bagi kebanyakan orang. Hal inilah yang pada awalnya juga menjadi pemicu lahirnya program beasiswa itu sendiri, karna dengan adanya beasiswa maka biaya kuliah murah bisa anda dapatkan tak peduli betapa mahalnya biaya kuliah universitas swasta atau negeri sekalipun. Dengan adanya beasiswa juga maka anda tak perlu lagi memusingkan soal biaya UKT, biaya SPP, biaya SKS, biaya praktikum, atau biaya lainnya yang akan muncul sepanjang anda kuliah.

Memperluas Pertemanan

Tahukah anda bahwa pada beberapa program beasiswa juga terdapat kegiatan positiv di dalamnya, beberapa di antaranya akan mengharuskan para pesertanya untuk ikut dalam kegiatan tersebut. momen inilah yang selalu dinantikan oleh banyak mahasiswa, karena dengan adanya aktivitas semacam ini maka koneksi pun akan semakin luas menyusul semakin banyaknya orang baru yang anda kenal termasuk dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya.

Untuk saat ini mungkin anda belum berpikir terlalu jauh, namun jika anda telah lulus nanti maka orang – orang kenalan anda inilah yang akan menjadi jalan menuju kesuksesan baik dalam berkarir di dunia kerja maupun usaha.

Meningkatkan Skill

Perlu diketahui, kegiatan yang diselenggarakan dalam program beasiswa tersebut juga sangat bermanfaat untuk para pesertanya. Jadi tidak hanya bisa membuka jaringan pertemanan anda yang lebih luas saja, akan tetapi melalui kegiatan seperti inilah maka anda bisa meningkatkan kemampuan anda, baik soft skill maupun hard skill.

Dengan demikian maka bukan tidak mungkin bila pada akhirnya anda pun akan lebih kompeten dibandingkan dengan mahasiswa lainnya di kampus anda yang tidak mendapatkan beasiswa. Kemampuan seperti ini juga tidak hanya bermanfaat ketika anda kuliah saja, akan tetapi juga sangat berguna saat anda mulai menjajaki dunia kerja.

Tips Mendapatkan Beasiswa 2022

Setelah anda mengetahui beberapa macam beasiswa yang tersedia, maka biasanya anda atau para pemburu beasiswa lainnya tentu juga akan mencari tips mendapatkan beasiswa kuliah gratis. Tips semacam ini memang dirasa perlu untuk diketahui dan diterapkan oleh masing – masing kandidat beasiswa, karna bagaimana pun juga dengan mengetahui cara dapat beasiswa dan bagaimana tips lolos beasiswa maka peluang anda pun akan semakin besar untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Nah, sebagai persiapan anda maka berikut ini adalah beberapa tips mendapatkan beasiswa 2022 yang bisa anda coba.

Mengumpulkan Informasi Beasiswa Terbaru

Harus disadari, rasa malas untuk mencari informasi beasiswa bisa dipastikan akan membawa anda pada kegagalan di awal, sebab hanya dengan mengumpulkan informasi mengenai beasiswa itu sendiri maka peluang anda pun akan lebih besar terutama untuk mengetahui beasiswa apa yang akan anda ikuti.

Sebagai langkah yang paling mudah, anda bisa mendapatkan informasi mengenai beasiswa 2022 dari pihak sekolah maupun kampus. Perlu diketahui, lembaga pendidikan seperti sekolah atau kampus juga pastinya memiliki banyak koneksi dengan berbagai lembaga atau pihak lainnya yang kerap mengadakan program beasiswa kuliah gratis.

Anda juga bisa menanyakannya langsung pada teman atau alumni dari suatu program beasiswa terkait pendaftaran beasiswa yang sedang diselenggarakan, bahkan tak menutup kemungkinan jika nantinya anda pun akan mengetahui cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis dari alumni tersebut.

Beasiswa Bergengsi  Inilah Daftar S2 Beasiswa Jepang Dengan Fasilitas Lengkap

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan media internet sebagai sumber referensi dalam mencari info beasiswa yang anda butuhkan. Melakukan sejumlah riset baik melalui situs terkait atau sosial media akan sangat membantu anda dalam mendapatkan informasi beasiswa terbaru 2022. Jadi, mulailah ubah kebiasaan lama anda dengan sekedar bersenang – senang dengan media sosial, tetapi jadikan platform tersebut sebagai sumber informasi beasiswa terpercaya.

Nilai Prestasi Akademik

Sebagaimana diketahui, setiap beasiswa pasti menetapkan kriteria yang berbeda satu sama lain terutama pada persyaratan akademik setiap calon pesertanya. Sebagai contohnya seperti beasiswa Djarum Plus yang mengharuskan setiap penerima beasiswa untuk dapat mempertahankan nilai IPK di atas 3.00, namun ada juga yang mensyaratkan minimal nilai rata – rata raport di atas 70 seperti yang ada pada beasiswa Sampoerna Foundation.

Belum lagi jika anda ingin kuliah di luar negeri, maka sudah pasti beasiswa kuliah luar negeri pastinya memiliki standar nilai yang lebih tinggi dan persaingan yang lebih ketat. Selain itu, ada juga program beasiswa tertentu yang mensyaratkan setiap pendaftarnya selalu aktiv dalam organisasi baik di dalam maupun luar kampus.

Semakin bergengsi suatu program beasiswa maka semakin sulit pula proses seleksinya, maka dari itu menorehkan prestasi akademik yang baik harus dilakukan sejak sekarang karna bila waktu pendaftaran beasiswa itu tiba maka anda sudah memiliki kelayakan sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan.

Persiapkan Dokumen

Selain persyaratan kualifikasi seperti yang disebutkan dalam contoh di atas, setiap pendaftar beasiswa pasti diwajibkan untuk turut menyertakan dokumen atau berkas yang dibutuhkan, ini dilakukan sebagai pembuktian atas kelayakan seorang pelamar beasiswa untuk bisa lolos dalam seleksinya. Sebagai contoh, beberapa beasiswa umumnya mengharuskan para pendaftarnya untuk melengkapi sejumlah dokumen seperti KTP, SKCK, Ijazah, dan dokumen pendukung lainnya.

Bagi anda yang memiliki sertifikat di luar dari sekolah atau kampus maka bisa turut disertakan sebagai nilai tambah, sehingga tim penyeleksi pun akan menjadikannya sebagai pertimbangan lain yang akan memperbesar peluang anda untuk lolos beasiswa 2022.

Menguasai Bahasa Asing

Yang satu ini mungkin masih tidak selalu dijadikan sebagai syarat beasiswa, entah itu jenis beasiswa dari pemerintah, jenis beasiswa kuliah, atau beasiswa mahasiswa on going. Namun yang pasti penguasaan bahasa asing menjadi syarat wajib terutama untuk jenis beasiswa luar negeri,

mengingat bahasa asing akan selalu digunakan sebagai bahasa pengantar dalam proses perkuliahan nantinya. Maka dari itu, sertifikat bahasa asing seperti sertifikat TOEFL, sertifikat IELTS, atau sertifikat sejenis lainnya akan sangat anda butuhkan dalam proses seleksi penerimaan beasiswa.

Itulah beberapa jenis-jenis beasiswa dan tips mendapatkan beasiswa yang perlu anda ketahui, pastikan anda tidak melewatkan pendaftaran beasiswa 2022 agar bisa melanjutkan pendidikan dengan biaya yang lebih terjangkau, atau malah jika memungkinkan maka anda bisa saja kuliah gratis dengan beasiswa. Semoga informasi mengenai tips beasiswa 2022 kali ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.