Beasiswa S2 USU ( Universitas Sumatera Utara ) 2022

Beasiswa selalu menjadi alternative yang dipilih oleh banyak orang ketika ingin melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi, terutama apabila biaya sudah menjadi kendala maka hanya beasiswa lah yang bisa menjadi penolong dalam masalah tersebut. Ada banyak program beasiswa yang bisa ditemukan saat ini, beberapa di antaranya juga memberikan manfaat berupa bantuan dalam jumlah yang besar hingga tak menutup kemungkinan bagi para penerima beasiswa tersebut untuk bisa berkuliah secara gratis.

Seperti halnya di Universitas Sumatera Utara di mana terdapat berbagai program beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswanya, tiap beasiswa menawarkan bantuan yang bervariasi dengan ketentuan masing – masing yang harus dipenuhi oleh setiap calon penerimanya. Nah, bagi anda yang masih penasaran dan tertarik untuk coba mengikuti program beasiswa di Universitas Sumatera Utara (USU) maka simak baik – baik artikel kali ini.

Mengenal lebih dekat USU ( Universitas Sumatera Utara )

Sebelum melangkah jauh menuju ke program beasiswa itu sendiri, mari berkenalan lebih dekat dengan USU. Universitas Sumatera Utara (USU) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Kota Medan, Sumatera Utara. Universitas yang satu ini telah diresmikan sebagai universitas ketujuh oleh Ir Soekarno pada 20 November 1957, namun hari ulangtahun atau Dies Natalis Universitas Sumatera Utara itu sendiri diperingati sama seperti hari dilakukannya perkuliahan untuk pertama kalinya di USU yakni pada tanggal 4 Juni 1952.

Universitas Sumatera Utara juga memiliki status sebagai perguruan tinggi negeri badan hukum (PTNBH) yang secara otonom mengelola bidang akademik dan non akademiknya sendiri. Selain itu, USU juga menjadi satu – satunya dan yang pertama memiliki jurusan D3 Statistika di dunia.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Patriot 2022, Kuliah Gratis di Universitas Pertamina

Beasiswa Universitas Sumatera Utara

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, sejumlah pihak juga turut menyelenggarakan program beasiswa di USU, beberapa di antaranya ada pula beasiswa S2 USU dan jenjang pendidikan lainnya yang sangat wajib untuk dicoba. Berikut ini adalah beberapa daftar beasiswa yang ada di Universitas Sumatera Utara yang wajib anda tahu.

Beasiswa VDMI

Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia (VDMI) ditujukan khusus bagi semua mahasiswa program Strata 1 dan Diploma di Universitas Sumatera Utara, adapun beberapa syarat umumnya seperti sudah berkuliah di tahun 1 – 3 untuk program Strata 1 serta tahun ke – 1 sampai ke – 2 khusus untuk program D3.

Pendaftar juga harus berumur maksimal 27 tahun dengan nilai IPK minimal 3.00 dari skala 4.00 yang dibuktikan melalui KHS yang telah dilegalisir oleh pihak universitas. Anda yang memiliki penguasaan bahasa asing yang baik juga akan lebih dipertimbangkan untuk bisa lolos dalam seleksi penerimaan beasiswa VDMI ini.

Cara untuk mendapatkan beasiswa ini adalah dengan mengisi formulir pendaftaran dan mendaftarnya secara online melalui laman resmi beasiswa tersebut. Perlu diketahui, program beasiswa yang satu ini hanya tertuju pada mahasiswa yang berasal dari kalangan keluarga dengan kondisi ekonomi yang terbatas, hal ini bisa dibuktikan melalui Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) atau surat rekomendasi dari pihak Universitas Sumatera Utara.

Beasiswa KPMG 4SEAS

Sebagaimana diketahui, KPMG merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pajak, audit, dan advisory di kawasan ASEAN. Adapun program beasiswa KPMG ini diperuntukkan khusus bagi mahasiswa di jenjang pendidikan Strata 1 Jurusan Ekonomi dan Bisnis dengan syarat IPK minimal 3.50 dari skala 4.00. Program beasiswa ini juga menawarkan banyak keuntungan seperti biaya kuliah, biaya hidup, business mentoring dari profesional, hingga peluang magang di dalam dan luar negeri.

Beasiswa Bergengsi  Kuliah di Kampus Terbaik Singapura, Beasiswa Ini Berikan Tunjangan Sampai Rp 61 Juta

Cara Memperoleh Beasiswa di Universitas Sumatera Utara (USU)

Setelah mengetahui tentang beberapa program beasiswa yang tersedia di USU, maka yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah mencari cara agar bisa mendapatkan beasiswa itu sendiri sesuai dengan yang anda inginkan. Berikut ini adalah beberapa cara mendapatkan beasiswa S2 USU yang wajib anda tahu.

Persiapan Diri

Harus diketahui bahwa pada umumnya program beasiswa yang ada di Universitas Sumatera Utara (USU) selalu menitikberatkan pada prestasi akademik para penerimanya, itu artinya anda sebagai calon peserta wajib untuk memiliki prestasi yang baik di bidang akademik.

Sebagai contohnya seperti sertifikat TOEFL atau IELTS yang menjadi pembuktian kualifikasi anda terhadap penguasaan bahasa asing, dengan begitu maka dapat dipastikan bahwa mendapatkan sertifikat semacam ini membutuhkan waktu yang lebih untuk mempersiapkannya. Maka dari itu, mempersiapkan diri anda sedini mungkin adalah hal yang wajib anda lakukan, apalagi mengingat penguasaan suatu bahasa memerlukan waktu yang lebih.

Aktif Mencari Informasi

Meski anda mungkin sudah memiliki semua persyaratan yang dibutuhkan atau malah sudah sangat sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan, namun jika anda pasif dalam mencari informasi maka sudah pasti anda akan ketinggalan banyak hal dan yang paling parah bisa saja anda melewatkan beasiswa itu sendiri karna berbagai alasan.

Maka dari itu, rajin – rajin lahj mencari informasi terkait beasiswa yang ditawarkan oleh Lembaga maupun Perusahaan swasta yang menyelenggarakan beasiswa di USU. Saat ini perkembangan informasi digital juga sudah sangat memudahkan anda untuk bisa mendapatkan informasi apapun yang anda butuhkan, anda bisa memulainya dengan mengikuti akun pihak penyelenggara beasiswa atau malah mengunjungi langsung laman resmi dari program beasiswa tersebut.

Beasiswa Bergengsi  Program Bantuan Pendidikan Beasiswa Kgsp S2

Berlatih Membuat Resume

Sebagaimana diketahui, sejumlah pihak penyelenggara program beasiswa di Universitas Sumatera Utara (USU) jurusan kedokteran ternyata mewajibkan seluruh calon penerima beasiswanya untuk membuat resume dan makalah sebagai persyaratan pendaftarannya.

Karya tulis ini juga merupakan syarat administratif yang sifatnya menggugurkan, artinya apabila pendaftar tidak mampu memenuhinya maka dapat dipastikan ia akan gagal dalam proses seleksi administrasi. Pihak penyelenggara nantinya akan menggunakan karya tulis ini dalam menilai kecakapan calon penerima dari beasiswa tersebut untuk bisa melaju ke tahap seleksi berikutnya.

Dengan mengetahui pentingnya karya tulis tersebut, maka sudah menjadi keharusan bagi anda untuk mulai belajar membuat resume dan makalah yang kreatif, unik, dan pastinya menarik. Latihan ini akan sangat membantu anda untuk menghasilkan tulisan yang sesuai dengan kebutuhan dari program beasiswa itu sendiri.

Persiapan Wawancara

Dalam proses penerimaan beasiswa, wawancara biasanya selalu menjadi tahap akhir dalam seleksi penerimaannya. Sayangnya, tidak sedikit peserta seleki yang justru gagal di tahap ini karena tidak adanya kesiapan dalam menghadapi sesi wawancara oleh tim penyeleksi. Maka dari itu, anda harus mulai mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin demi menghadapi seleksi tes wawancara nantinya.

Hal ini ditujukan agar anda semakin siap dan percaya diri ketika menghadapi tim penyeleksi dalam tes wawancara, dengan begitu maka bukan tidak mungkin bagi anda untuk bisa lolos dan sukses menjadi penerima dari program beasiswa yang anda ikuti tersebut.

Demikian informasi mengenai beasiswa S2 USU, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.