Masih Dibuka Sampai 31 Maret 2023, Ini Syarat Daftar Beasiswa Tahfizh UM Surabaya

Sebagai salah satu universitas Islam paling populer di Jawa Timur, UM Surabaya juga kerap menyelenggarakan program beasiswa. Sama seperti tahun – tahun sebelumnya, Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) kali ini juga kembali menyelenggarakan program Beasiswa Tahfizh, adapun pendaftaran untuk gelombang pertama akan dibuka hingga tanggal 31 Maret 2023 mendatang. Ini merupakan program bantuan pendidikan yang diselenggarakan UM Surabaya setiap tahunnya dan ditujukan bagi siswa siswi penghafal Qur’an.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Rektor III bidang inovasi, sumber daya manusia, dan kemahasiswaan, Ma’ruf Sya’ban, yang menyebut bahwa program beasiswa tahfidz diadakan sebagai wujud apresiasi dan penghargaan kepada para pelajar yang telah atau sedang menghafal Al-Qur’an. Ia mengatakan, program beasiswa tahfidz yang diselenggarakan UM Surabaya sangat diminati masyarakat, hal itu terbukti dengan banyaknya peserta didik yang mendaftar.

Ma’ruf juga menjelaskan bahwa siswa yang lolos pada seleksi penerimaan beasiswa tahfidz nantinya akan diberikan bantuan biaya pendidikan penuh, di antaranya:

  • Bebas uang gedung
  • Pemberian dana pendidikan (kecuali formulir pendaftaran)
  • Bebas biaya registrasi per semester, UTS / UAS, serta biaya praktikum (kecuali Fakultas Kedokteran)

Syarat Beasiswa

Dalam penjelasannya, Ma’ruf mengatakan bahwa syarat umum untuk bisa mendapatkan beasiswa hafizh Qur’an sangat lah mudah, yakni para pendaftar hanya perlu menghafal minimal 3 juz, dan menandatangani kontrak langsung dengan pihak Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Inovasi (BAKAI). Untuk selanjutnya, pihak universitas lah yang akan melakukan tes hafalan.

Jadwal Pendaftaran Beasiswa

Melansir dari laman resmi UM Surabaya, berikut ini adalah jadwal pendaftaran beasiswa Tahfidz Qur’an 2023:

  • Pendaftaran Gelombang 1 pada tanggal 12 Desember 2022 s/d 31 Maret 2023
  • Pendaftaran Gelombang 2 pada tanggal 1 April 2023 s/d 30 Juni 2023
  • Pendaftaran Gelombang 3 pada tanggal 1 Juli 2023 s/d 31 Agustus 2023
Beasiswa Bergengsi  Ingin Kuliah S2 S3 di Austria? Ini Syarat Beasiswa Ernst Mach Grant ASEA UNINET 2023

Program Beasiswa Unggulan

Selain beasiswa hafizh Quran, UM Surabaya juga turut menghadirkan sejumlah program beasiswa unggulan lainnya yang bisa didapatkan oleh para mahasiswa di sana, seperti beasiswa KIP-Kuliah, beasiswa dhuafa, beasiswa influencer, beasiswa atlet, beasiswa alumni SMK IT, beasiswa difabel, beasiswa alumni sekolah Muhammadiyah, beasiswa warga sekitar, beasiswa undangan, beasiswa kader, dan program Kuliah Berani Kerja (KBK).

Demikian lah informasi beasiswa Hafizh Quran dari UM Surabaya. Bagi anda yang merasa memenuhi semua syarat mudah di atas dan tertarik untuk mengikutinya, maka segera daftarkan diri anda sebelum tanggal 31 Maret 2023, atau bisa juga mendaftar pada gelombang selanjutnya.

Untuk info selengkapnya mengenai program beasiswa hafizh Quran dan cara pendaftarannya, anda bisa mengaksesnya melalui laman um-surabaya.ac.id atau menghubungi nomor telpon 085852446337. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *