Jenis Beasiswa UNDIP ( Universitas Diponegoro ) 2022

Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia, Universitas Diponegoro juga menyediakan program beasiswa yang diperuntukkan bagi semua mahasiswa berprestasi maupun kurang mampu secara ekonomi untuk bisa berkuliah di sana.

Universitas Diponegoro yang biasa dikenal sebagai UNDIP berlokasi di kota Semarang dan masuk dalam daftar 10 besar perguruan tinggi negeri ternama tanah air, dengan banyak program beasiswa maka tak heran telah menjadikannya sebagai salah satu kampus paling favorit di kalangan pelajar dan mahasiswa.

Melalui kerjasamanya dengan pihak pemerintah dan beberapa perusahaan besar, UNDIP selalu sukses menyelenggarakan program beasiswa setiap tahunnya, seperti salah satunya adalah beasiswa S2 UNDIP yang selalu diincar oleh banyak mahasiswa.

Jenis Beasiswa UNDIP 2022

Beberapa mahasiswa mungkin merasa khawatir dengan besarnya biaya kuliah selama menempuh pendidikan di UNDIP, namun faktanya biaya yang dibutuhkan tidak lah terlalu besar bahkan bisa terasa sangat ringan atau malah gratis dengan adanya program beasiswa di sana. Berikut adalah beberapa jenis beasiswa yang tersedia di UNDIP dan bisa anda coba.

Beasiswa Peringkat Prestasi Akademik (PPA)

Beasiswa PPA UNDIP merupakan salah satu jenis beasiswa yang diperuntukkan bagi kalangan mahasiswa berprestasi di bidang akademis dan diketahui masih aktif kuliah di universitas tersebut dengan catatan nilai IPK minimal 3.00 dari skala 4.00. Selain itu, masih ada sejumlah persyaratan yang harus dilengkapi oleh mahasiswa saat mendaftar dan berikut di antaranya.

Cara Mendaftar Beasiswa PPA

Perlu diketahui, mahasiswa yang bisa mengajukan permohonan beasiswa PPA hanyalah mahasiswa yang berasal dari program Reguler, artinya mahasiswa tersebut bukan lah mahasiswa Ekstensi maupun mahasiswa alih jenjang dari program D3 ke program S1. Adapun untuk mahasiswa program dari jenjang pendidikan S1 minimal sudah berada di semester 2 dan maksimal semester 7, sedangkan bagi program D3 minimal sudah duduk di semester 2 hingga semester 5.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Jentera 2022, Kuliah S1 Hukum Gratis dan Dapat Uang Saku

Ketika mengajukan permohonan, mahasiswa yang bersangkutan harus melengkapi formulir pendaftaran beasiswa PPA dengan melampirkan fotokopi KRS yang sudah disahkan oleh pejabat berwenang sebagai bukti masih aktif dalam kegiatan perkuliahan di UNDIP, termasuk dengan fotokopi KTM dan KHS terakhir yang menunjukkan perolehan nilai IPK minimal 3.00. tidak hanya itu, beberapa persyaratan lainnya juga wajib pula disertakan dalam formulir pendaftaran seperti berikut ini.

  • Surat keterangan tidak atau sedang mengajukan program beasiswa lainnya atau dalam masa pengajuan permohonan keringanan SPP
  • Fotokopi identitas meliputi KTP dan KK
  • Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Fakultas yang telah disahkan oleh pejabat berwenang
  • Surat Keterangan Gaji atau pendapatan Orang Tua atau Wali
  • Fotokopi sertifikat penghargaan atau prestasi akademis
  • Fotokopi rekening listrik terakhir

Bersamaan dengan kelengkapan syarat pengajuan beasiswa yang ada di UNDIP, anda sebagai pendaftar juga wajib membuat Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan tata cara yang bisa dilihat dan diunduh melalui situs resmi UNDIP. Adapun program beasiswa PPA sendiri akan berlangsung selama satu tahun dan dapat dicairkan setiap enam bulan sekali dengan besaran nominal mencapai Rp 350 ribu per bulan.

Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa bidikmisi UNDIP adalah beasiswa yang diadakan oleh pemerintah khusus untuk kalangan siswa SMA, SMK, dan sederajat yang berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Adapun tujuan diselenggarakannya Bidikmisi adalah atas dasar pemerataan pendidikan bagi seluruh rakyat indonesia. Menariknya, melalui beasiswa tersebut pemerintah akan menanggung seluruh biaya kuliah hingga lulus termasuk dengan biaya hidup sebesar Rp 700 ribu per bulan.

Cara Mendaftar Beasiswa Bidikmisi

Sebagaimana diketahui, syarat bagi peserta yang ingin mendaftar program beasiswa bidikmisi di UNDIP adalah dari kalangan pelajar SMA / SMK / sederajat yang akan lulus di tahun ini. Namun juga tidak menutup kemungkinan bagi pelajar yang telah lulus di tahun sebelumnya untuk mendaftar. Adapun beberapa syarat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut ini.

  • Berusia kurang dari 21 tahun
  • Tidak mampu secara ekonomi yang dibuktikan dengan adanya kartu Beasiswa Bantuan Miskin, pemegang Kartu Indonesia Pintar / sejenisnya, serta dengan pendapatan kotor orang tua / wali per bulan maksimal Rp 3 juta atau maksimal sebesar Rp 750 ribu per bulan setelah dibagi dengan jumlah seluruh anggota keluarga masing – masing. Selain itu, masih ada beberapa ketentuan lain seperti berikut.
  • Pendidikan orang tua / wali maksimal hingga Strata 1
  • Memiliki potensi dan prestasi akademik berdasarkan rekomendasi yang didapat dari kepala sekolah
  • Memilih salah satu perguruan tinggi baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, atau pun seleksi mandiri.
Beasiswa Bergengsi  Pemkot Surabaya Kembali Buka Pendaftaran Beasiswa Hasil Kerjasama DKKORP dan 10 Perguruan Tinggi

Adapun pendaftaran pada program beasiswa Bidikmisi ini dapat bisa dilakukan secara online, pihak sekolah sebagai pemberi rekomendasi diwajibkan untuk mendaftarkan siswanya melalui link dikti.go.id/sekolah/ untuk memperoleh kode akses. Setelah dilakukan verifikasi oleh Ditjen Bemawa, pihak sekolah dapat merekomendasikan nama siswa menggunakan NPSN melalui kode akses yang telah diverifikasi sebelumnya.

Seleksi Mandiri PTN dan PTS dapat dilakukan sesuai dengan ketentuan masing – masing perguruan tinggi. Pada saat pendaftaran ulang seleksi masuk, siswa wajib melengkapi semua berkas yang diperlukan, meliputi fotokopi rapor dan ijazah, serta sertifikat prestasi yang pernah didapat.

Beasiswa Kepemudaan

Melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI yang bekerja sama dengan Program Magister Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, terdapat juga beasiswa S2 UNDIP yang diperuntukkan bagi pemuda berprestasi di seluruh Indonesia terutama bagi yang aktif dalam organisasi kepemudaan. Penerima beasiswa nantinya akan memperoleh tanggungan biaya SPP hingga 4 semester pada Program Magister Ekonomi Industri dan Kewirausahaan di Universitas Diponegoro.

Adapun syarat akademik yang diperlukan meliputi lulusan S1 dari berbagai bidang ilmu dengan Program Studi terakreditasi minimal B, atau bagi yang sudah lulus ujian masuk Program Pascasarjana di UNDIP.

Cara Mendaftar

Untuk bisa mengikuti proses seleksinya, anda diwajibkan untuk melakukan pendaftaran sesuai dengan persyaratan yang berlaku seperti berikut ini.

  • Berusia antara 20 – 28 tahun
  • Aktiv dalam organisasi kepemudaan
  • Memiliki prestasi di bidang seni, olahraga, sosial budaya, iptek dan imtaq, atau olahraga
  • Belum pernah mendapat bantuan atau fasilitasi dari Kemenpora
  • Berbadan sehat, serta berkelakuan baik dan bebas narkoba
  • Tidak sedang mendapat bantuan dari beasiswa lainnya
  • Bukan merupakan Aparatur Sipil Negara atau PNS
  • Tidak hanya itu, sejumlah dokumen juga diperlukan untuk melakukan pendaftaran dan berikut di antaranya.
  • Fotokopi Akte Kelahiran
  • Piagam / sertifikat penghargaan di bidang seni, olahraga, sosial, iptek, dan imtaq
  • Surat rekomendasi dari ketua umum DPP / DPD Organisasi Kepemudaan atau Lembaga Masyarakat Berbasis Pemuda setempat
  • Surat keterangan sehat dari dokter di Rumah Sakit Umum Pemerintah / Daerah
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Surat Keterangan Bebas Narkoba yang dikeluarkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) atau pun Rumah Sakit Umum Pemerintah Daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.